Sri Wahyu Trialfiyani

Guru di Sekolah Alam Citra Insani Lamongan. Pernah menjadi guru bagi pendidikan anak-anak Indonesia di pelosok perkebunan kelapa sawit Sabah, Malaysia. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
SEKOLAH ALAM, SEKOLAH BERBASIS KEHIDUPAN

SEKOLAH ALAM, SEKOLAH BERBASIS KEHIDUPAN

Pandanganku tertuju pada deretan huruf yang jika kubaca berbunyi Kawasan Belajar#Tanpa Batas Rahmatan Lil Alamin. Begitu sarat makna, karena jika kita mau jujur setiap niat perlu ditata untuk menggapai keberkahan sebagai khalifah di bumi. Bagi saya, ini adalah jihadku di dunia pendidikan. Begitu mudah untuk saya memutuskan sebagai wujud keprihatinan saya atas praktik yang belum berpihak pada siswa.

Berproses dan belajar adalah ikhtiar saya untuk memaknai arti sebagai pendidik dan mendidik. Bergabung sebagai fasilitator sekolah alam tidak hanya menambah khasanah pedagogik saya, melainkan meningkatkan kecintaan terhadap semesta yang telah menjadi sumber belajar tanpa batas bagi manusia. Kawasan ini berada dipinggiran kota Lamongan, cukup strategis dengan lahan yang luas. Hadir sebagai mitra pendidikan di kota Soto yang memiliki visi Lembaga Pendidikan Manusia Seutuhnya melalui Sekolah Berbasis Kehidupan.

Sekolah Alam ini hadir sebagai satu-satunya sekolah yang mengusung metode Belajar Bersama Alam (BBA). Sekolah Alam Citra Insani bisa menjadi sekolah alternatif dengan konsep pendidikan berbasis alam semesta yang berbeda dari sekolah konvensional. Alam semesta menjadi sumber belajar tanpa batas yang memberikan kesempatan siswa untuk mengeksplore lingkungan secara langsung. Sekolah ini hadir dengan konsep pendidikan fitrah. Sekolah menjadi sumber kegembiraan, bukan lagi beban karena anak mengalami apa yang dipelajari.

Dalam proses belajar, ruang kelas bukanlah utama karena menggunakan alam terbuka sebagai tempat belajar tanpa batas. Anak lebih banyak belajar diluar kelas dan hanya akan berada didalam ruangan sesuai dengan kegiatan yang dirancang. Hal ini dimaksudkan agar siswa merasakan pengalaman belajar yang menyenangkan, membangun pemahaman melalui praktik langsung sehingga siswa tidak dibebani dengan menghafal berbagai teori. Metode belajar bersama alam ini menekankan metode belajar interaktif yang mendorong siswa untuk menjadi lebih kritis dan kreatif.

Kawasan sekolah alam citra insani dilengkapi dengan area panahan, pacuan kuda, greenlab, kolam ikan, peternakan, manasik center, dan fasilitas pendukung lainnya. Aktifitas yang dihadirkan juga sangat beragam, kecintaan terhadap Al-Qur'an dan alam ditumbuhkan sejak dini. Secara alamiah anak-anak akan menemukan kebesaran Allah melalui ciptaanNya. Kegiatan tahfidz, berkebun, riset tanaman, outbound/ adventure, cooking class, market day, harvest day, life skill, magang, dan kegiatan seru lainnya bertujuan menanamkan nilai-nilai karakter yang berlandaskan iman dan takwa terhadap Tuhan YME. Dalam pembelajarannya, anak-anak akan belajar mengetahui kelebihannya sehingga potensi dan bakat anak akan terasah dengan baik.

Kurikulum pembelajaran yang diterapkan tetap mengacu pada Kurikulum Nasional dengan 4 muatan khusus yaitu tahfidz, digital, bakat, dan enterpreneurship. Sekolah alam citra insani hadir memberi warna baru bagi dunia pendidikan di kota Lamongan. Diharapkan kedepan akan menjadi mitra sekaligus laboratorium pendidikan bagi masyarakat sekitar.

Menjadi fasilitator sekolah alam memantik diri untuk terus belajar dan berbenah. Menjadi guru sekaligus murid bagi diri sendiri. Refleksi tiada henti dan komitmen yang kuat dalam mengemban amanah mencerdaskan anak bangsa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post