SRI WANTI Warsih

Guru SMAN 2 SOLOK Guru matematika yang pernah mengajar diSMK, SMP dan SMA. Ibu saya juga seorang guru di SD. Dia guru agama Islam. Semoga...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menempati janji

Masalah menepati janji adalah suatu masalah besar yang kita hadapi saat ini.

Banyak petinggi negri ini yang saat berkampanye berjanji ini itu. Tapi setelah benar-benar terpilih mereka lupa dengan janjinya. Atau bisa jadi masih ingat tapi pura-pura lupa. Atau mencari alasan untuk tidak menenepatinya. Banyak orang tua yang berjanji pada anaknya agar anaknya berhenti menangis. Tapi kemudian lupa dengan janji yang sudah diucapkan. Banyak siswa berjanji kepada guru akan berubah, akan rajin akan belajar...Saat dinasehati karena ada masalah. Tapi kadang janji hanya tinggal janji.

Sering juga kita berjanji pada diri sendiri akan jadi lebih baik atau yang lain. Tapi itupun kita juga langgar.

Padahal janji itu adalah hutang kita yang akan ditagih kelak.

Allah menyuruh kita untuk menepati janji di Al Quran surat Al Maidah ayat 1. Kemudian di surat Al Baqarah ayat 49.

Bahkan Allah melaknat orang yang melanggar perjanjian yang sudah diikrarkan.

Allah SWT berfirman:

وَالَّذِينَ يَنْقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِنۢ بَعْدِ مِيثٰقِهِۦ وَيَقْطَعُونَ مَآ أَمَرَ اللَّهُ بِهِۦٓ أَنْ يُوصَلَ وَيُفْسِدُونَ فِى الْأَرْضِ  ۙ أُولٰٓئِكَ لَهُمُ اللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوٓءُ الدَّارِ

"Dan orang-orang yang melanggar janji Allah setelah diikrarkannya, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah agar disambungkan, dan berbuat kerusakan di bumi; mereka itu memperoleh laknat dan tempat kediaman yang buruk (Jahanam)."

(QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 25)

* Via Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com

Allah SWT berfirman:

وَأَوْفُوا بِعَهْدِ اللَّهِ إِذَا عٰهَدتُّمْ وَلَا تَنْقُضُوا الْأَيْمٰنَ بَعْدَ تَوْكِيدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمُ اللَّهَ عَلَيْكُمْ كَفِيلًا  ۚ إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ

"Dan tepatilah janji dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu melanggar sumpah setelah diikrarkan, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah itu). Sesungguhnya, Allah mengetahui apa yang kamu perbuat."

(QS. An-Nahl 16: Ayat 91)

* Via Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com

Jika kita yakin dengan Al Quran dan janji Allah tentu kita akan berusaha untuk menepati janji-janji yang sudah diucapkan.

Dan minta ampun kepada Allah atas janji yang sudah diingkari kemudian minta maaf kepada manusia yang pernah kita ingkar saat berjanji.

Semoga kedepan kita termasuk orang-orang yang selalu menepati janji. Àamiin.

Melalui tulisan ini jika ada pembaca yang pernah berjanji dengan penulis tapi menghindarinya, sudah penulis maafkan. Dan penulis juga minta maaf jika ada janji yang belum ditunaikan.

Solok,07032020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, sulitnya penuhi janji. Karenanya jangan banyak berjanji yah Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

25 Mar
Balas



search

New Post