SRI WARDHANIH, S.Pd.M.Pd.

Nama penulis Sri Wardhanih, S.Pd.M.Pd. Tempat/ Tanggal Lahir, Tangerang/07 April 1969, anak kedua dari sembilan bersaudara pasangan H. Anwar dan Hj. Wahyuni asa...

Selengkapnya
Navigasi Web
SMPN 28 TANGERANG
PEMBELAJARAN DILUAR KELAS

SMPN 28 TANGERANG " PEMBELAJARAN DILUAR KELAS

PEMBELAJARAN DIDALAM KELAS DAN DILUAR KELAS

SRI WARDHANIH

[email protected]

Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada anak-anak didik kita. Karena ia merupakan kunci sukses unutk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, dan agama.

Suatu pembelajaran dapat dilakukan di dalam maupun diluar kelas, di dalam materi ini akan disajikan tentang apakah yang dimaksud dengan pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas

Apa itu pembelajaran diluar kelas ?

Belajar diluar kelas adalah hari untuk merayakan serta menginspirasi bermain dan pembelajaran diluar kelas pada hari Kamis 21 Mei 2020, ribuan sekolah diseluruh dunia akan mengadakan pembelajaran diluar kelas dan memperioritaskan waktu bermain

Mengapa pembelajaran diluar kelas meningkatkan kesehatan anak ? melibatkan mereka dalam pembelajaran serta mendorong keterkaitan anak dengan alam. Bermain bukan hanya mengajarkan keterampilan penting dalam kehidupan, seperti daya tahan , kerjasama, dan kreatifitas tetapi juga merupakan hal yang pokok bagi anak untuk menikmati masa kecil mereka/

Pembelajaran di luar kelas merupakan kegiatan di alam bebas atau kegiatan di luar kelas dan mempunyai sifat menyenangkan, karena kita bisa melihat, menikmati, mengagumi dan belajar mengenai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa yang terbentang di alam, yang dapat disajikan dalam bentuk permainan, observasi/pengamatan, simulasi, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi.

Manfaat pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran di luar kelas yaitu:

1. Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, karena kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan

2. Siswa dapat memahami dan menghayati aspek-aspek kehidupan yang ada di lingkungannya, sehingga dapat membentuk pribadi yang tidak asing dengan kehidupan di sekitarnya, serta dapat memupuk rasa cinta lingkungan.

3. Hakikat belajar akan lebih bermakna sebab siswa dihadapkan dengan situasi dan keadaan yang sebenarnya atau bersifat alami.

4. Bahan-bahan yang dapat dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya lebih akurat.

5. Kegiatan belajar siswa lebih komprehensif dan lebih aktif sebab dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengamati, bertanya atau wawancara, membuktikan atau mendemonstrasikan, menguji fakta, dan lain-lain.

6. Sumber belajar menjadi lebih kaya sebab lingkungan yang dapat dipelajari bisa beraneka ragam seperti lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan.

7. Mencegah siswa belajar hanya pada tingkat verbal saja

8. Melatih siswa untuk mengkonstruk konsep dari pengalaman-pengalaman yang menyenangkan.

9. Memberikan informasi teknis, kepada peserta secara langsung

10. Pengajaran dapat lebih merangsang kreativitas anak.

Pembelajaran didalam kelas ?

Pembelajaran di dalam kelas adalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa didalam kelas, kegiatan pembelajarannya seperti pembelajaran biasa diruangan kelas dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada. Dalam pembelajaran dikelas ada 4 hal penting dalam proses pembelajaran yang harus diketahui oleh guru, yaitu:

1. Kehadiran dari siswa

2. Ketuntasan kerja siswa

3. Partisipasi siswa

4. Nilai siswa

Keempat hal penting di atas harus ada dalam setiap proses pembelajaran yang harus diketahui oleh seorang guru, khususnya bagi mereka yang diberi amanah menjadi wali kelas bagi para peserta didiknya.

https://youtu.be/XFBq068nsyE
https://youtu.be/tJgCSdNevTM
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post