SRI WARDHANIH, S.Pd.M.Pd.

Nama penulis Sri Wardhanih, S.Pd.M.Pd. Tempat/ Tanggal Lahir, Tangerang/07 April 1969, anak kedua dari sembilan bersaudara pasangan H. Anwar dan Hj. Wahyuni asa...

Selengkapnya
Navigasi Web
TIPS SIAP UNBK
JURUS JITU _ UNBK

TIPS SIAP UNBK

JURUS JITU MENGHADAPI UNBK

SRI WARDHANIH, S.Pd. M.Pd.

[email protected]

JURUS JITU MENGHADAPI UNBK

A. Yang dilakukan guru

Guru adalah ujung tombak penyelenggaraan pendidikan di sekolah, dalam meningkatkan prestasi belajar siswa terutama untuk meningkatkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ), tentunya setiap guru mata pelajaran sudah mempunyai cara – cara eklusif dalam mewujudkan target hasil UNBK. Untuk meningkatkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer tentunya guru tidak bekerja sendiri, guru perlu dukungan dari :

a. Kepala Sekolah sebagai penentu kebijakan disekolah

b. Orang tua peserta didik dirumah yang ikut serta mendukung keberhasilan peserta didik.

c. Masyarakat yang juga mempunyai peranan dalam keberhasilan peserta didik untuk dapat meningkatkan hasil UNBK

Sedangkan guru, berperan dalam meningkatkan hasil UNBK dengan melakukan beberapa strategi khusus, berikut beberapa strategi yang patut dilakukan seorang guru :

1. Menganalisis potensi siswa

Setiap siswa tentu akan memiliki potensi di dalam dirinya, meski mungkin saja jumlah potensi ini tidak pernah sama antara satu dengan yang lainnya. Berbagai macam potensi diri inilah yang kemudian akan membantu untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berbagai hal, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah dan kendala yang di temui di dalam kehidupan. Begitu pentingnya untuk memiliki potensi diri yang maksimal di dalam hidup ini, agar semua bisa berjalan dengan lebih mudah dan menyenangkan bagi diri siswa sendiri

Pada dasarnya, ada banyak sekali siswa yang tidak mampu menemukan potensi dirinya, bahkan sekedar hanya mengenalinya di dalam diri mereka. Hal ini tentu sangat merugikan, mengingat potensi diri akan sangat membantu siswa untuk bisa berkembang dengan maksimal dan mencapai banyak hal di dalam kehidupannya.

Ketika siswa tidak mampu menemukan potensi dirinya, maka besar kemungkinan siswa tersebut hanya akan melakukan pencapaian yang itu-itu saja sepanjang hidupnya. siswa tersebut tidak akan bisa berkembang dengan maksimal dan mencapai titik terbaik di dalam kehidupannya, atau bahkan bisa jadi lebih buruk dari kondisi tersebut. Jenis – jenis potensi diri atau kecerdasan siswa sebagai beriku :

· Kemampuan sosiologis

Yaitu kemampuan siswa untuk peka terhadap permasalahan sosial di sekitar. Kepekaan ini mendorong dirinya untuk berpikir kritis dan emansipatoris. Simpati dan empati merupakan wujud kepekaan yang dimiliki mereka

· Kemampuan naturalis

Yaitu kemampuan yang siswa untuk merasa peka terhadap lingkungan alam sekitar. siswa yang punya potensi kemampuan naturalis akan merasa sakit apabila alam disakiti. Tak hanya itu, potensi ini juga dapat digambarkan dengan adanya kemampuan memahami kehidupan ekologi di bumi.

· Kemampuan musical

Yaitu kecerdasan siswa untuk menciptakan harmoni lewat suara. Suara tersebut umumnya diciptakan lewat permainan alat musik. Skill memainkan alat musik dan kecerdasan menghayati alunan nada merupakan beberapa contoh potensi yang hanya dimiliki siswa tertentu.

· Kemampuan spasial

Yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan pemahaman akan ruang spasial. Ruang spasial sering dikaitkan dengan pemetaan. Contoh, ketika ia lewat suatu jalan yang asing, masuk ke dalam gang-gang yang sempit, siswa tetap bisa keluar dari gang tanpa kesasar. Kemampuan tersebut merupakan kemampuan spasial.

· Kemampuan visual

Yaitu kecerdasan untuk menciptakan kreasi visual. Kreasi ini bisa berupa gambar, lukisan, atau film. Tak hanya itu, mereka yang punya potensi ini dapat memahami suatu teka-teki yang tampak secara visual, misalnya menerjemahkan makna dari sebuah lukisan.

· Kemampuan logika

Yaitu kemampuan siswa untuk berpikir logis dan matematis. Potensi ini berkaitan dengan kecerdasan dalam pikirannya untuk memahami sesuatu secara numerik, termasuk menghitung dan menghapal rumus-rumus matematis. Potensi kemampuan logika bisa diperoleh dari bakat atau belajar.

· Kemampuan linguistic

Yaitu kemampuan individu dalam berbahasa. Kemampuan ini memiliki cakupan yang luas, tidak hanya memahami teks deskriptif, namun juga berbicara, berceramah, dan diskusi. Kemampuan ini berkaitan erat dengan kecerdasan yang dimiliki siswa dalam mengembangkan skill aktualisasi diri secara verbal.

· Kemampuan kinestetik

Yaitu kemampuan siswa dalam menggerakkan tubuhnya. Tak sekadar bergerak, namun juga mengembangkan elastisitas atau kelenturan tubuh serta mencipakan harmoni melalui gerakan-gerakan fisik yang tepat dan mempesona, seperti penari profesional.

· Kemampuan interpersonal

Yaitu kemampuan siswa dalam menjalin hubungan sosial. Potensi kecerdasan siswa yang piawai melakukan hubungan interpersonal terlihat dari kemampuannya berkomunikasi, melobi, mewawancarai orang lain atau semacamnya. Kemampuan ini adalah tentang menciptakan dan menjaga hubungan antar manusia.

· Kemempuan intrapersonal

Yaitu kemampuan siswa dalam memahami, mengatur, serta memanajemen diri sendiri. siswa yang berhasil mengembangkan potensi intrapersonalnya piawai dalam mengambil keputusan, merancang visi, dan menetapkan tujuan hidup. Kemampuan intrapersonal dapat dilatih melalui upaya-upaya pengendalian emosi diri.

2. Memasyarakatkan program sekolah

Melakukan pembiasaan dan menginformasikan keseluruh siswa semua kegiatan yang ada disekolah dari program akademik dan non akademik secara terus menerus

3. Merubah strategi pembelajaran

Mengatur strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang dapat menarik siswa untuk selalu mengikuti pembelajaran yang melibatkan siswa selama proses mengajar. Menarik perhatian siswa selama proses mengajar sering kali menjadi hal yang rumit untuk dilakukan bukan? Untuk mengatasinya, jangan pernah menjadikan siswa sebagai peserta pasif di kelas karena hal tersebut justru bisa menurunkan semangat belajar siswa.

Selain itu, hindari berdiri di satu tempat ketika menjelaskan sebuah materi. Sesekali lakukan interaksi dengan para siswa dari jarak dekat untuk memantau kondisi mereka. Bila mereka kesulitan memahami materi yang telah Anda jelaskan, maka tak ada salahnya untuk menjelaskan ulang. Bentuk interaksi lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan semangat belajar siswa adalah dengan memberikan tugas berupa simulasi menyelesaikan suatu masalah.

Menggunakan metode belajar berbasis multimedia seperti video tutorial atau animasi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Mengubah tabel periodik menjadi lirik lagu untuk mempermudah proses menghafal pun sangat mungkin dilakukan. Hal tersebut pernah dilakukan oleh salah satu guru di luar negeri yang mengubah tabel periodik menjadi lirik lagu Bad Romance milik Lady Gaga.

4. Menambah jam belajar

Menambah jam belajar siswa dengan berbagai pendalaman materi serta membahas soal – soal ujian tahun taun sebelumnya

5. Mengadakan penilaian uji coba ( try-out )

Melakukan uji coba dengan simulasi soal – soal ujian nasional dari berbagai versi Cara yang terbaik untuk siap saat mengerjakan soal nanti adalah dengan melakukan simulasi. Misalnya, saat simulasi di sekolah, coba perhatikan sesi belajar ini dengan baik supaya tidak ada yang kelupaan. Manfaatkan juga sebagai sarana bertanya kepada guru apabila ada hal yang masih kita bingung. Kalau perlu latihan tambahan, juga bisa coba sendiri di rumah dengan mencoba mengerjakan soal di internet

6. Maksimalkan teknologi

Saat ini, teknologi merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, termasuk guru. Anda bisa mengakses internet untuk mengunduh referensi tambahan yang bisa digunakan sebagai bahan mengajar. Di internet sendiri sudah banyak materi akademik yang dikemas secara menarik agar lebih mudah dipahami, seperti yang dilakukan oleh situs belajar online

B. Yang dilakukan guru bersama siswa

Yang dilakukan guru bersama siswa untuk hasil yang maksimal dalam UNBK adalah :

1. Awali dengan niat yang tulus dalam mencapai tujuan

Terkadang ekspektasi tidak sesuai dengan realita hanya karena niat di mulut, lalu tidak ditanamkan dalam hati. Ini salah satu langkah kilat untuk mencapai tujuan.

2. Sempatkan waktu untuk pelajari buku pelajaran ( matematika )

Mungkin sebagian besar orang jika melihat rumus sekilas saja, orang itu akan mengeluh pusing dan enggan belajar matematika. Namun, di sinilah langkah awal dalam mengenali materi, mulai dari dasar hingga rumit. Tulis rumus-rumus di buku khusus untuk matematika dengan tinta warna-warni. Tandai materi yang kurang dimengerti, supaya pada saat jam pelajaran matematika tidak bingung lagi apa yang harus dipertanyakan. Langkah ini dinilai ampuh, karena dapat mempertajam daya ingat

3. Tanyakan kepada guru matematika, baik di kelas atau secara face to face. Jangan pernah takut untuk bertanya kepada guru di kelas, supaya dapat mengejar ketinggalan materi. Jika malu bertanya secara terus menerus,akan sulit memahami materi, hal ini menjadi

faktor yang membuat malas belajar. Kita juga bisa menggunakan langkah jemput bola, yaitu bertanya secara face to face supaya tenang dan tidak grogi dalam memahami materi.

4. Dibiasakan latihan soal satu kali dalam seminggu, dengan langkah ini dapat mengukur kemampuan dalam menghadapi soal ujian nasional. Mulailah dibuat format pilihan ganda dan cara penyelesaiannya, usahakan pada saat mengerjakan diberi waktu sesuai dengan waktu ujian, biasanya 120 menit. Setelah hasilnya baik dan meningkat, lakukan latihan soal tetapi waktunya menjadi 90 menit, ini dianjurkan supaya dapat memeriksa hasil pekerjaan dengan teliti pada saat ujian. Diusahakan jangan panik ketika sedang uji coba ujian, karena panik dapat mengalihkan fokus dalam mengerjakan soal.

5. Bergaullah dengan teman-teman yang menguasai matematika, kemudian ajaklah teman-teman untuk membahas soal. Sempatkan waktu dengan teman-teman untuk berdiskusi. Bisa dilakukan sepulang sekolah, hari libur, atau selingan waktu bila jam pelajaran kosong. Biasanya, hampir semua orang lebih mudah memahami materi kalau disampaikan oleh teman-teman. Bisa juga bertanya dengan kakak kelas yang berpengalaman mendapatkan nilai 100, karena bisa jadi akan diberikan tips dan trik dalam mengerjakan soal versi mereka.

6. Dibiasakan ajari teman-teman yang kurang menguasai matematika, minimal teman sebangku. Langkah ini sangat jitu, karena bisa sambil mengingat kembali materi yang pelajari. Lebih bagus lagi menjadi mentor kelas lainnya , selain mengingat pelajaran, dapat berbagi ilmu dengan mengharapkan pahala dari Allah.

7. Dilarang belajar sehari sebelum Ujian Nasional, boleh kalau sekadar membaca dengan sekilas, asalkan tidak belajar secara full. Salah besar kalau belajar lagi, akibatnya nanti hanya ingat pelajaran yang terakhir di pelajari. Manfaatkan sehari sebelum ujian dengan istirahat yang cukup. Dengan begitu, lebih tenang dalam mengerjakan soal dan dapat menyiasati waktu untuk memeriksa kembali pekerjaan.

8. Paling penting adalah, sebesar apapun usaha harus berdoa dan serahkan semua usaha kepada Allah. Seseorang akan sukses bukan hanya dari usaha, tetapi dari kekuatan doa. Allah akan memberi kemudahan dari perjuangan, asalkan bersungguh-sungguh dalam meluruskan niat, karena yang jago akan kalah dengan orang yang serius.

9. Harus selalu teliti , baca dengan seksama pertanyaan, maupun jawaban yang dipilih. Tidak perlu terburu-buru, yang penting mengerjakannya perlahan namun pasti sehingga lebih mantap! Kalau ada sisa waktu, bisa juga dimanfaatkan untuk mengecek ulang jawaban kembali sehingga tidak ada yang terlewatkan.

C. Yang dilakukan siswa

Yang dilakukan siswa agar sukses Ujian Nasional Berbasis Komputer anata lain :

1. Atasi kelemahan diri sendiri

Punya kelemahan dalam mata pelajaran tertentu? Yang harus dilakukan bukannya malah takut dan semakin malas-malasan menghadapi ujian nasional. Seharusnya bisa mengatasi kelemahan diri sendiri dengan lebih banyak berlatih. Cara menghadapi ujian nasional mata pelajaran yang di anggap lemah adalah dengan menyediakan lebih banyak waktu untuk belajar dan berlatih soal mata pelajaran tersebut. Namun, bukan berarti mengabaikan mata pelajaran lainnya, tetap harus pandai membagi waktu untuk mempelajari semua mata pelajaran, tapi sediakan waktu lebih banyak untuk mata pelajaran yang sulit. Gunakan analisis Swot dalam memetakan kemampuan diri. Analisis Swot sebaiknya digunakan sebagai metode awal dalam menentukan pola belajar yang akan dipilih dalam Menghadapi Ujian Nasional dan UASBN. Analisis Swot sendiri berisi pertanyaan yakni: Apa kelebihan , Apa kelemahan , Apa peluang dan Apa tantangan-tantangan

1. Apa Kelebihan yang ada pada diri sehingga bisa menjadi modal untuk Sukses Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer dan UASBN. Langkah pertama untuk mengetahui atau mencari gambaran dalam memetakan kemampuan yakni, mulai dari mencari tahu apa kelebihan terkait UNBK dan UASBN, cobalah analisa mata pelajaran saja yang sudah cukup dikuasai dan merasa mampu mengatasinya serta analisa semua kelebihan yang ada pada diri ketika sedang menjawab soal-soal ujian pada ujian-ujian sebelumnya seperti kecepatan dalam menjawab soal, kemampuan berpikir, daya ingat,dll.

2. Apa kelemahan terkait UNBK dan UASBN.

Setelah mengetahui apa-apa saja yang menjadi kelebihan selanjutnya analisa apa yang menjadi kelemahan selama ini dalam menjawab soal ujian. Missal, menganalisa mata pelajaran apa yang selama ini tidak terlalu kuasai, kenapa tidak terlalu menguasai mata pelajaran tersebut, keteledoran apa yang biasa dilakukan ketika menjawab soal.

3. Apa potensi atau peluang yang bisa di maksimalkan untuk menghadapi UNBK, potensi atau peluang adalah suatu hal yang bisa mendukung kesuksesan dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer dan UASBN misalkan memiliki uang yang cukup untuk ikut bimbingan belajar, waktu yang cukup luang untuk belajar setelah pulang dari sekolah

2. Apa tantangan yang bisa menyebabkan gagal dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer, tantangan atau hambatan yang biasa dihadapi siswa yang akan menghadapi UNBK dan UASBN seperti malas belajar, tidak pandai memanajemen waktu, Kurangnya referensi soal-soal latihan menjelang Ujian Nasional dan UASBN, tidak terlalu mahir menggunakan komputer

3. Pahami kisi-kisi ujian nasional

Mempelajari materi kisi-kisi UNBK dan UASBN cara terakhir agar sukses menghadapi UNBK dan UASBN adalah mempelajari kisi-kisi UNBK dan UASBN, dalam kisi-kisi UNBK dan UASBN terdapat materi pelajaran yang akan muncul pada ujian nasional dan ujian akhir sekolah berstandar nasional. Soal yang muncul dalam UNBK dan UASBN dibuat berdasarkan indikator yang ada dalam kisi-kisi UNBK dan UASBN, jadi perbanyak latihan menjawab soal sesuai dengan apa yang ada dalam kisi-kisi UNBK dan UASBN, walaupun soal yang muncul tidak sama persis dengan materi latihan soal UNBK dan UASBN namun bisa dipastikan tipe soal kemungkinan sama. Materi pelajaran yang tidak ada dalam kisi-kisi UNBK dan UASBN sebaiknya tidak dipelajari karena bisa dipastikan materi tersebut tidak akan muncul dalam UNBK dan UASBN. Dan jika mampu menguasai sepenuhnya materi pelajaran dalam kisi-kisi UNBK dan UASBN maka besar kemungkinan akan sukses menghadapi UNBK dan UASBN

4. Kerjakan latihan soal ujian nasional tahun-tahun lalu

Pelajari dan kerjakan soal - soal UNBK tahun – tahun sebelumya dapat menambah kemampuan siswa dalam mengerjakan soal – soal UNBK yang diberikan.

5. Temukan strategi belajar yang nyaman

Teknik belajar adalah suatu cara dalam belajar sehingga apa yang dipelajari sulit untuk dilupakan. Salah satu teknik belajar yang efektif adalah fokus untuk mempelajari materi pelajaran tertentu. Misalkan hari ini memutuskan untuk mempelajari tentang pecahan desimal maka fokuslah untuk hanya mempelajari tentang pecahan desimal tersebut sampai benar-benar memahaminya, mulai menjawab soal, menghapal rumus pecahan desimal dan menguasai materi pecahan desimal dll. Jangan mempelajari banyak mata pelajaran sekaligus dalam sehari karena hal tersebut biasanya tidak efektif dan cenderung membuat mudah melupakan apa yang telah dipelajari.

6. Mereview materi pelajaran yang pernah dipelajari, mereview kembali pelajaran yang pernah dipelajari mulai dari materi kelas 1 sampai kelas 3. Karena bisa dipastikan soal yang muncul dalam ujian nasional adalah materi pelajaran yang selama ini pernah di pelajari. Jadi adalah hal bijak jika kembali membuka catatan saat mulai kelas 1 sampai kelas3. Memaksimalkan penguasaan materi pelajaran dalam persiapan menghadapi UNBK, yakni dengan berusaha menguasai mata pelajaran yang kurang dikuasai diusahakan secara maksimal untuk bisa menguasainya, adapun mata pelajaran yang dikuasai sebaiknya semakin dipermantapkan.

Orang yang hendak mengikuti Ujian Nasional ibaratkan orang yang sedang ingin pergi menangkap ikan, ikan yang bisa anda dapatkan tergantung apa yang digunakan untuk menangkap ikan tersebut. Jika menggunakan pancing sudah bisa dipastikan hanya ikan tertentu yang bisa ditangkap namun jika menggunakan jala maka semua jenis ikan bisa di tangkap mulai dari ikan kecil, sedang dan besar. Analogi tersebut mengisyaratkan, bahwa jangan hanya kebanyakan latihan menjawab soal-soal karena jika hanya fokus memperbanyak latihan menjawab soal, maka kemungkinan soal yang bisa di jawab dalam UNBK dan UASBN, hanya soal-soal yang mirip atau setipe dengan soal yang dipelajari saat latihan, namun jika fokus menguasai materi UNBK dan UASBN kemungkinan besar semua tipe soal yang muncul dalam UNBK dan UASBN bisa ditaklukkan. Dan alangkah baiknya memaksimalkan antara memperbanyak penguasaan materi UNBK dan UASBN sembari latihan menjawab

7. Disiplin dalam belajar

Hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah mengatur jadwal belajar, misalkan dalam sehari memberi porsi khusus untuk belajar pada diri berapa jam? Analisa waktu yang baik untuk belajar sehingga bisa dengan mudah menyerap pelajaran misalkan apakah menentukan target yang akan dicapai dalam UN Salah satu strategi yang bisa membangkitkan motivasi belajar menjelang UNBK dan UASBN adalah memberikan target pada diri sendiri hal yang harus dicapai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.

Misalkan dalam jangka waktu sekian materi pelajaran matematika sudah bisa berhasil di kuasai atau bisa membuat target agar bisa lulus ujian nasional dengan status nilai ujian paling tinggi dalam tingkat kota atau provinsi bahkan tingkat nasional. Dengan memiliki target yang jelas maka dijamin semangat belajar akan bertambah berkali-kali lipat.belajar di waktu pagi, siang atau malam hari.

8. Tinggalkan hal-hal tidak bermanfaat yang merusak konsentrasi Agar tidak mudah bosan dalam belajar apalagi ketika jadwal pelaksanaan UNBK dan UASBN semakin dekat, maka sebaiknya memperatekan metode belajar yang bervariasi misalkan metode belajar secara berkelompok bersama teman-teman yang juga akan mengikuti UNBK dan UASBN atau biasa juga disebut dengan metode diskusi, juga bisa mencoba metode tanya jawab dengan teman, dengan cara saling bertanya jawab soal dan materi pelajaran yang berkaitan dengan UNBK dan UASBN.

9. Refreshing tanpa kebablasan

Beberapa hari sebelum ujian nasional berlangsung usahakan untuk tidur secukupnya, karena jika kurang tidur akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan membuat diri kurang fokus dalam menjawab soal.

10. Jaga kesehatan tubuh

Hal yang tidak boleh diabaikan menjelang UNBK dan UASBN adalah kesehatan, kesehatan sangat berpengaruh terhadap kesiapan mengikuti UNBK dan UASBN. Jadi atur pola hidup, mulai dari istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dll.

11. Berdoa dan percaya diri

Meminta doa restu orang tua agar ujiannya bisa berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal maka alangkah baiknya jika meminta doa restu orang tua karena kesuksesan seseorang juga dipengaruhi oleh ridho dan doa dari orang tua. Selain itu agar bisa sukses menghadapi UNBK dan UASBN maka perbanyaklah berdoa agar semua harapan dan cita-cita bisa terwujud.

D. Apa yang dilakukan pada saat UNBK

Yang dilakukan pada saat pelaksanaan UNBK antara lain :

1. Mempersiapkan kelengkapan UNBK

Agar pada hari H atau hari pelaksanaan UNBK telah tiba dan tidak kerepotan lagi. mempersiapkan kelengkapan UNBK sebaiknya jauh-jauh hari sebelumnya sudah mempersiapkannya, mulai dari id cards peserta UNBK , kertas corat /coret untuk maple hitungan, pulpen, pensil.

2. Datang mengecek lokasi ujian

Sebaiknya beberapa hari sebelum ujian datang mengecek lokasi ujian, mulai dari mengetahui ruang mana yang akan ditempati, bangku atau posisi tempat duduk dll.

3. Perhatikan tata cara pengerjaan soal UNBK

Saat ujian terbiasa di atas kertas, tetapi kini sudah berubah dengan menggunakan komputer. Hal ini tentu akan ada mekanisme yang berbeda dari ujian sebelumnya. Mungkin terdengar sepele, tetapi kalau kita sudah paham betul cara pengerjaannya maka kita tidak akan kebingungan lagi saat pengerjaan. Tidak mau kan waktu mengerjakan soal UNBK nanti, waktu tersita hanya karena masih kagok? Jadi, pelajari dulu demi pengerjaan yang lebih lancar!

4. Jadikan kisi-kisi SKL UNBK panduan belajar

Supaya tidak tambah pusing dengan metode ujian yang baru, lalu belum lagi harus persiapan belajarnya juga, coba pelajari kisi-kisi soal UNBK yang sudah disusun oleh tim Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)! dengan belajar dari situ, kita menjadi tahu apa saja yang menjadi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan menjadi panduan apa saja yang harus dipelajari, jadi tidak perlu pusing belajar semuanya dari awal tetapi bisa merangkum dari materi apa saja yang diujikan. Belajar jadi lebih efektif

5. Jangan khawatir berlebihan

Mungkin karena menggunakan metode yang baru, maka kita jadi khawatir berlebihan. Seperti bagaimana kalau komputernya rusak ? Atau koneksi internetnya yang lemot ? Atau jangan-jangan jawaban yang sudah dipilih tidak terbaca di system ? Dan kekhawatiran lainnya. Jangan khawatir, dengan terlalu khawatir justru akan menghambat kita saat mengerjakan soal karena sulit untuk fokus. Akibatnya, tidak mengerjakan dengan maksimal

Demikian jurus jitu menghadapi UNBK semoga manfaat, dan sukses buat semua, semoga Allah meridhoi

DAFTAR PUSTAKA

Sumber : http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/inilah-strategi-dan-cara-guru-untuk-meningkatkan-hasil-un-siswa.html#sthash.SomGLc23.dpbs

https://primaindisoft.com/blog/meningkatkan-hasil-un-siswa-3-strategi mengajar-ini-mungkin-diperlukan/#.XamWw-gza00

https://bacaterus.com/cara-menghadapi-ujian-nasional/

https://www.rijal09.com/2016/12/17-cara-agar-sukses-menghadapi-un-dan-uasbn.html

https://blog.ruangguru.com/jurus-jitu-menaklukkan-unbk

https://www.informasilomba.com/2017/06/8-cara-mendapatkan-nilai-100-unbk.html

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post