Sri Wilujeng

Sri Wilujeng,S.Pd. M.Pd, lulusan S2 Matematika UT Jember. Saat ini menjadi Kepala Sekolah di SMPN I Pakem Bondowoso Jawa Timur. Pernah menjadi TUTOR di UT...

Selengkapnya
Navigasi Web

Dampak Ketidak hadiran Guru di sekolah.

Dampak Ketidak hadiran Guru di sekolah.

Disetiap sekolah kebutuhan guru yang PNS tentunya masih belum memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah. Untuk itu sekolah pasti akan mencari guru-guru yang dapat memenuhi kebutuhannya, dengan menerima guru tidak tetap. Dengan demikian terpenuhilah kebutuhan guru di sekolah itu.

Pemenuhan guru di sekolah itu akan menjadi masalah besar jika dari guru tersebut sering tidak hadir di sekolah. Ketidak hadiran guru-guru akan memberikan dampak yang tidak baik , bagi siswa, khususnya maupun sekolah umumnya, karena kehadiran guru dalam proses pembelajaran di sekolah memegang peranan penting. Guru merupakan faktor yang sangat dominan dalam pendidikan formal pada umumnya, bahkan bagi siswa dijadikan tokoh teladan di sekolah.

Jika guru absen mengajar dikelas, maka siswa akan merugi tanpa ada pembimbing, fasilitator bahkan tidak akan mendapat transfer ilmu pengetahuan. Hal ini tidak hanya menjadi masalah bagi dunia pendidikan juga terjadi pemborosan dalam anggaran yang dialokasikan untuk guru.

Selain itu akan menimbulkan dampak-dampak lain yang ditimbulkan diantaranya:

1. Terganggunya proses belajar mengajar di kelas, maupun dikelas lainnya di sekolah itu

2. Hilangnya waktu belajar siswa, menurunnya semangat belajar siswa dan merusak reputasi sekolah

3. Hilangnya ketaatan guru terhadap disiplin dan tata tertib serta aturan yang di gariskan sekolah.

Dari permasalahan diatas, tentukan guru mengetahui segala sesuatu yang akan berdampak tidak baik jika sering melakukannya. Oleh karena itu marilah kita instropeksi diri sendiri, apakah kita termasuk golongannya atau tidak. Semoga ini menjadikan pembelajaran yang bermanfaat bagi kita.

Pakem, 20 Januari 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul sekali ibu. Kehadiran guru kunci kesuksesan belajar siswa

23 Jan
Balas

Terima kasih bu

24 Jan

Mantul coretannya Bund. Sukses selalu!

23 Jan
Balas

Amin terima kasih bu

24 Jan

Ya setuju

24 Jan
Balas

mantap bu.. Disiplin dan Mental perlu ditanamkan.. Guru adalah contoh konkret Murid berperilaku di masyarakat selain dari Keluarga dan Lingkungan.

21 Jan
Balas

Ya terimakasih

22 Jan

Mengapa ketidak hadiran guru kadang sering terjadi,Nenanamkan tanggung jawab terhadap guru yang tidak hadir di kelas,Bagaimana mengatasi jika terdapat guru yang sering meninggalkan kelas Mohon pencerahannya bu, terima kasih....

21 Jan
Balas

Mengapa ketidak hadiran guru kadang sering terjadi,Nenanamkan tanggung jawab terhadap guru yang tidak hadir di kelas,Bagaimana mengatasi jika terdapat guru yang sering meninggalkan kelas Mohon pencerahannya bu, terima kasih....

21 Jan
Balas

Terima kasih atas pertanyaannya.Ada beberapa faktor yang memicu ketidak hadiran guru diantaranya:1. Guru ditugaskan untuk kepentingan dinas2. Ijin adanya kepentingan pribadi3. Sakit4. Tanpa ijin 5. Lemahnya kepengawasan dan kurangnya peraturan kedisiplinan di sekolahCara mengatasinya diantaranya:1. Pendekatan secara personal2. Memberikan beban mengajar yang tidak melebihi kapasitas

21 Jan

Menurut pengalaman ada 2 penyebab ketidakhadiran guru.1. Sebab eksternal2. Sebab internalOleh karenanya sebelum masuk ke langkah mengatasi, maka petakan dahulu penyebabnya. Penyebab eksternal dapat dengan mudah diketahui dan ditemukan jalan keluarnya. Akan tetapi kalau sudah sebab internal , maka saya sependapat dengan penulis untuk melakukan pendekatan personal, baik emosional, rasional, bahkan spiritual... Mungkin sambil ngobrol diperlukan ngopi bareng...

21 Jan
Balas

Terima kasih, atas semua masukannya.

22 Jan

Ketidak hadiran yang benar ketidakhadiran. YKetidakhadiran guru oleh siswa ada yang mengatakan 'jamkos'Biasanya mereka juga senang apalagi jika yang pas jamkos gurunya kurang bersahabatTerus....

21 Jan
Balas



search

New Post