Sri Wilujeng

Sri Wilujeng,S.Pd. M.Pd, lulusan S2 Matematika UT Jember. Saat ini menjadi Kepala Sekolah di SMPN I Pakem Bondowoso Jawa Timur. Pernah menjadi TUTOR di UT...

Selengkapnya
Navigasi Web

Memaafkan Diri Sendiri

Kita sebagai manusia selalu cenderung berbuat banyak kesalahan. Kesalahan baik disengaja maupun tidak, pasti kita melakukannya. Sebagai manusia kita juga harus menyadari akan kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat dan berusaha untuk memperbaikinya. Tentunya perbaikan diri itu tidak bisa dilakukan secara instan, perlu proses yang sangat panjang. Kita bukanlah mesin yang sekali klik bisa kembali ke keadaan semula. Bahkan mesin pun perlu proses yang memakan waktu yang panjang untuk memperbaikinya. Kadang sering kali kita menanyakan bagaimana cara menjadi diri sendiri pada saat kita berada dalam masalah atau kegalauan hati, tidak tahu kemana arah harus melangkah dalam menjalani hidup ini. Banyak pengaruh diluar diri kita yang menjadikan kita tidak mengenal diri kita sendiri.

Sebagai manusia tentunya kita tidak sempurna, banyak hal-hal atau perbuatan-perbuatan yang kita langgar, kita banyak melakukan kesalahan-kesalahan dalam menjalani hidup ini baik disengaja maupun tidak. Dari banyaknya hal-hal yang dilanggar tersebut tentunya ada kesempatan dan waktu agar kita bisa belajar untuk instropeksi diri sendiri untuk selalu memperbaiki diri dan berusaha kembali menjadi lebih baik lagi. Kita sering mengalami suasana hati yang tidak menentu, mungkin hari ini kita menganggap hari yang baik , besok dan beberapa hari kemudian hati kita merasa tidak nyaman, emosi, terpuruk, atau melakukan hal-hal yang tidak patut kita lakukan dan hal-hal yang lain. Lalu bagaimana cara kita untuk mengatasinya?

1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyadari kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat melalui niatan untuk memperbaikinya dengan berusaha semaksimal mungkin. Kita berusaha untuk tidak jatuh di lobang yang sama, dan memperbaiki diri dengan sungguh-sungguh dalam melakukannya tidak hanya bicara di mulut saja.

2. Niat dan tekat yang bulat untuk lepas dari semua itu.

3. Belajar untuk memaafkan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri, yang merupakan cara menjadi baik bagi kita, dan berusaha tidak mengulang lagi kesalahan-kesalahan yang dilakukan.Memaafkan diri sendiri membantu kita untuk mencapai tujuan-tujuan yang akan kita capai.

Semoga Bermanfaat.

Pakem, 4 Pebruari 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantaabbbb...

04 Feb
Balas

Terima kasih

04 Feb

Terima kasih motivasi baiknya bu..semoga saya bisa seperti itu

04 Feb
Balas

Amin semoga

04 Feb

Terima kasih

04 Feb
Balas

Mantap. Sangat bermanfaat bu Wil.

05 Feb
Balas

Terima kadih bu

07 Feb

Intropeksi diri adalah salah satu cara untuk memaafkan diri sendiri... Sangat bermanfaat bu

04 Feb
Balas

Terima kasih

05 Feb

mantul

04 Feb
Balas

terima kasih

07 Feb



search

New Post