Sri Winarni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

SPMI ...Yes...Sekolah Model ...Pasti Bisa

"SPMI ....Yes....Sekolah Model ....Pasti Bisa " Oleh: Sri Winarni SDN Sumbergondo 02

Itulah yel yel yang dikumandangkan oleh sekolah setiap kali saya ada pendampingan SPMI diberbagai sekolah model dan sekolah imbasnya.Mereka dengan kompaknya membawakan yel yel kelompoknya untuk memberikan semangat dan motifasi teman temanya agar bisa menjadi tim penjamin mutu pendidikan sekolah yang kuat handal dan mandiri untuk sekolah mereka.

Untuk mengawali setiap sesi saya selalu minta untuk setiap grup tampil dengan kobarkan semangat SPMI atau Sekolah Model dengan kompak dan inofasi, serta kreatifitas dari setiap kelompok. Langkah kedua adalah kita buat kesepatan belajar atau kontrak belajar baik mengenai waktu,alat komunikasi, tugas kelompok, kebersihan ruangan, tata cara komunikasi, dan sebagainya yang berhubungan kegiatan sosialisasi dan pendampingan.

Kegiatan inti dari pendampingan SPMI adalah menyampaikan materi pada sekolah model dan imbasnya tentang program pemerintah yang mengajak sekolah untuk mengevaluasi diri sekolah melalui EDS dan Rapor Mutu Sekolah untuk memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan yang merupakan target minimal. Dengan melalui Rapor Mutu Sekolah kita melihat sampai dimana sekolah itu dapat nilai capaian SNP nya sudah terpenuhi kah tingkat sekolah, tingkat kota.tingkat profinsi atau bahkan tingkat nasional.

Nah...dari capaian sekolah itu akan tampak standar mana yang belum mencapai SNP 1, SNP 2, dan seterusnya maka kewajiban sekolah dan Tim Penjamin Mutu Pendidikan ( TPMPS ) dan tugasnya setiap sekolah untuk memenuhi adalah membentuk Tim serta setruktur organisa yang betul exix untuk mengembangkan sekolahnya.

Sedang pengertian sekolah model itu sendiri menurut hasil wrkshop dan pelatihan SPMI di LPMP Jawa Timur adalah : 1.lulusan yang berkarakter baik. 2.Lulusan yang berkreatifdan pembelajar. 3.Sekolah yang menyenangkan. 4.Sekolah yang berbudaya mutu : sekolah yang ekosistemnya mempunyai kesadaran kolektif untuk mendorng terjadinya proses pencapaian dan peningkatan mutu yang tiada henti, terus mednerus dan berkelanjutan.

Selanjutnya Sekolah Model nanti berkomitmen untuk memenuhi target secara berkomitmen dan mandiri menjadi sekolah berbudaya mutu.

Bumiaji 29-11-2017.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post