Sriyonospd

Guru dengan tugas tambahan. Bekerja di SMP Negeri 3 Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Alumni SAGU SABU GROBOGAN 1 dan 2. Tol Su...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mendadak Reuni Bagian Tujuh Belas

Mendadak Reuni Bagian Tujuh Belas

#Gurusiana365/Gubuk Indah, 21 Desember 2023

***

Reuni dadakan ke Temanggung menghadirkan banyak canda tawa. Baik dari sahabat putih biru yang mengenang masa lalu dengan sedikit memancing kebaikan dan kekurangan sang guru. Maupun canda tawa dari pak guru yang secara terbuka minta maaf atas kejadian masa lalu. 

Hal itu terlihat saat salah satu sahabat putih biru bertanya tentang nilai rapor pelajaran Matematika diberi merah. Tanpa tedeng aling-aling sang sahabat menyampaikan isi hati yang tersimpan puluhan tahun. Walaupun sambil bergurau tapi maknanya sangat jelas. Ada ketidakpuasan diberi nilai merah.

Namun bukan orang bijaksana jika pak guru menanggapi secara emosional. Dengan tersenyum sang guru menjelaskan alasan mengapa memberi nilai rapor merah. Semata-mata untuk mendidik siswa agar rajin belajar dan terus berusaha agar kesempatan berikutnya nilainya bagus.

Tapi sang mantan murid masih kurang puas dengan jawaban beliau. Dikiranya guru pilih kasih dengan memberi nilai bagus kepada murid perempuan dan nilai merah pada murid laki-laki. Mengingat status pak guru saat itu masih jomblo. Bahkan usia pak guru dengan murid hanya berjarak tiga sampai lima tahun saja.

Kebetulan pada periode 1980an pemerintah pusat mengangkat guru melalui program crash program. Para calon guru baik lulusan SPG, SMA, SMK, SMOA hanya mengikuti pendidikan dan latihan tiga bulan saja. 

Sehingga kadar keilmuan sebagai pendidik tergantung pada tingkat kecerdasan dan emosional sang calon guru. Ada guru dengan kemampuan mendidik lebih baik. Mereka biasanya lulusan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) dan lulusan sekolah atas lainnya dengan tingkah kecerdasan di atas rata-rata. 

Namun juga banyak calon guru dengan latar belakang pendidikan pas-pasan juga lolos program pendidikan dan latihan tiga bulan. Tentu mereka tidak cukup ilmu untuk mendidik siswa baik di tingkat sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama.

Nah bagaimana keseruan cerita berikutnya? Sabar dan tunggu tayangan besok pagi. 

*

Terima kasih kepada Mas Burhani Abu Bakar Arsyad, Mas Rochadi Arif Purnawan, Bunda Sofiawati, Oma Fransiska Fajar Tri Hartini, Bunda Ernasari Fitriati, Bunda Cicik Rahayu, Bunda Siti Jamiatu Soliha, Bunda Amel Yasin, Bunda Nanik Wijayanti yang sudah berkunjung dan berbagi kebaikan bersama sriyonospd.gurusiana.id. 

Selamat menikmati libur bersama keluarga tercinta. Pagi ini pakde masih berangkat ke sekolah untuk menyelesaikan laporan BOSP 2023.

Salam sehat. 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa pak Dhe penuh inspirasi dan mencerahkan

21 Dec
Balas

Alhamdulillah

21 Dec

Mantap banget kisahnya, sukses selalu untuk Pakde

21 Dec
Balas

Alhamdulillah

21 Dec

Sama Pakde aku juga menyiapkan laporan akhir tahun nih

21 Dec
Balas

Semangat bunda

21 Dec

Sklh sy malah IHT P Dhe, seharian lg...he he jd dpt hak cuti tp ttp msk spt biasa.

21 Dec
Balas

Semangat Oma Fransiska Fajar Tri Hartini.

21 Dec

Selalu ada kisah seru ya Ak Dhe. Dari hari ke hari penuh candaan bergizi. Bikin imun makin meningkat. Masih sangat melekat ya itu diberi nilai matematika merah. Lanjut petualangan Reuni nya pak Dhe. Sehat selalu Den Raka.

21 Dec
Balas

Tak ada murid yang bisa melupakan peristiwa masa lalu hingga akhir hayat. Apalagi nilai rapor yang diabadikan seumur hidup.

21 Dec

Seruuu juga kisahnya, Pak Dhe. Salam bahagia. Eh, titip ciwel buat si Embul ganteng. Hehe...

21 Dec
Balas

Si embul makin pandai dan banyak tingkah lucu

21 Dec



search

New Post