St. Muanifah

MI Negeri 3 Banyuwangi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelantikan Pengurus Korwil VI di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi

Pelantikan Pengurus Korwil VI di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi

Alhamdulillah, tabarakallah. Pelatih Pembina Pramuka Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi yang terbentuk dalam Forum Silaturrahmi pada akhir tahun 2020 di MAN 3 Banyuwangi, kini telah resmi dilantik oleh Kepala Kantor Kementerian Agama H. Slamet M.HI disaksikan Ka Pusdiklatcab Macan Putih Banyuwangi, Kamis 11 Pebruari 2021 di Aula Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi.

Sebelum prosesi pelantikan, sambutan ketua panitia sekaligus sebagai ketua terpilih Fathurrahman, S.Pd.I menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Ka Subag TU, Ka Pusdiklatcab Macan Putih, dan para Pelatih Pembina Pramuka Kemenag Banyuwangi. Berharap agar kegiatan pramuka di bawah Kementerian Agama Banyuwangi ke depan bisa semakin lancar.

Pada prosesi pelantikan, sumpah janji yang diucapkan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi diikuti para pelatih di lingkungan Kementerian Agama Banyuwangi sebagai Kordinator Wilayah VI di bawah naungan Pusdiklatcab Macan Putih Banyuwangi siap menjalankan amanah yang diemban sesuai Tri Satya Pramuka :

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh ;

1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila.

2. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.

3. Menepati Dasa Dharma.

Setelah selesai prosesi pelantikan, dilanjutkan penandatanganan berita acara yang ditandatangani Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi H. Slamet M.HI dan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang Macan Putih Banyuwangi Kusno Abiwibowo, S.Pd.

H. Slamet melanjutkan tugas dinasnya di Pendopo Kabupaten Banyuwangi sebagai Narasumber dalam sebuah acara, sehingga acara penandatanganan selesai beliau mohon diri.

Sambutan Ka Pusdiklatcab Kusno Abiwibowo memberikan apresiasi luar biasa kepada para pelatih Kementerian Agama Banyuwangi yang telah mampu mengadakan acara dan semangat membangun pramuka ke depan. Pesan yang disampaikan dengan ciri khas beliau yang humoris dan menyenangkan disampaikan dengan parikan yang mendapat respon tertawa bersama ;

Manuk gelatik cucuke biru

Mari dilantik ojo turu

Manuk gelatik cucuke abang

Mari dilantik ayo podo tandang.

Parikan sederhana yang lugas namun sarat makna. Mengingatkan kita semua sebagai pelatih pramuka, jangan hanya bangga saja sebagai pengurus namun kerja nyata di lapang yang diharapkan. Sebagai anak bungsu Pusdiklatcab Macan Putih yaitu Korwil VI kami berharap bisa bersinergi antara Pusdiklatcab dan Kementerian Agama sebagai media mencerdaskan anak bangsa.

Sambutan dan Pengarahan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi yang diwakili Ka Subag TU Dra. Hj. Suciningsih, M.Pd.I menaruh harapan kepada para Pelatih Pembina Pramuka Kementerian Agama bisa memasukkan nilai-nilai agama dalam pramuka kepada para pembina, nilai-nilai karakter dulu diutamakan, baik, disiplin, sopan, dan lainnya sehingga akan bisa terbentuk adik-adik pramuka yang berkarakter. Ada dua karakter yang disampaikan Anies Baswedan saat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu ;

1. Karakter kinerja

2. Karakter moral

Sangat pas apa yang dibacakan qari' Imam Baidowi pelatih pramuka Kemenag dengan membaca Surah al-Mukminun, sebagian artinya dibahas oleh Hj. Suciningsih antara lain "sesungguhnya sangat beruntung orang-orang yang beriman, menjaga shalatnya, lisannya dari pembicaraan yang sia-sia." Begitu fasih dan paham betul ibu Kasubag TU Kemenag Banyuwangi membahasnya. Masih kata Ka Subag TU Kemenag Banyuwangi "Luar biasa isi dari Surat al-Mukminun, bila diterapkan dalam kegiatan pramuka maka MI, MTs, dan MA menjadi generasi berkarakter. Mudah-mudahan Corona segera diangkat Allah SWT." "Kegiatan-kegiatan yang melibatkan Kapala Madrasah sangat diharapkan, disamping para pembina, dan guru-guru PAI agar Kamad lebih peduli kepada pramuka dan kegiatan lebih bisa dirasakan manfaatnya," pesan Ka Subag TU kepada Ka Pusdiklatcab.

Kepada para pelatih pembina pramuka diucapkan "Selamat! dan pesan saya program tidak usah muluk-muluk, tapi yang bisa dijalankan."

Sebelum acara usai, menyanyikan Hymne Pramuka dipimpin dirigen yang piawai dari Madrasah Aliyah Baiturrahman Banyuwangi.

Acara ditutup doa oleh H. Khoirul Amin.

Salam literasi.

The Sunrise of Java.

#tantangan 365 (35).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pak semoga lancar pelantikannya

11 Feb
Balas

Terima kasih bund, sy ibu hehe...

12 Feb

Mantap..

12 Feb
Balas

Terima kasih bunda.

12 Feb

Selamat bund, mantap reportasenya.

13 Feb
Balas

Makasih jeng Lulu

16 Feb

Reportase yang keren sekaligus informatif. Salam semangat dan sukses selalu.

11 Feb
Balas

Terima kasih bunda Aisyah, aamiin.

12 Feb



search

New Post