116. RPP 11 (penilaian) Advertisement
116. RPP 11 (penilaian) Advertisement
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini. Menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya. Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No.
1.
Pernyataan:
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan:
50 (ya)
2.
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
50 (tidak)
3.
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. 50 (ya)
4.
100 (ya)
Jumlah Skor:
250
Skor Sikap:
62,50
Kode Nilai:
C
Catatan:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100= Sangat Baik
75= Baik
50= Cukup
25= kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275: 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat:
• 75,01-100,00 = Sangat Baik (SB)
• 50,01-75,00 = Baik (B)
• 25,01-50,00 = Cukup (C)
• 00,00 25,00 = Kurang (K)
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar