ST. SHOBIBUL BAROKAH

St. Shobibul Barokah, S.Pd., merupakan anak ketujuh dari tujuh bersaudara. Lahir di kota Nganjuk. Memiliki hobi membaca dan menyanyi. Pendidikan tingkat atas d...

Selengkapnya
Navigasi Web
79. Aplikasi Baru, Pasti Yuhuu!

79. Aplikasi Baru, Pasti Yuhuu!

Aplikasi Baru, Pasti Yuhuu!

Oleh: St. Shobibul Barokah, S.Pd.

Secara umum, pengertian teknologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat hingga metode pengolahan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia. Para ahli pun memiliki pengertian tersendiri tentang teknologi.

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, sudah menjadi hal yang lumrah orang menggunakan teknologi dalam menjalani kegiatan sehari-harinya. Baik itu di bidang telekomunikasi, perbankan, bisnis, kesehatan, keagamaan dan tidak ketinggalan di lingkungan pendidikan. Bahkan bisa dikatakan kita sangat tergantung sekali dengan teknologi tersebut. Dengan penggunaan teknologi, bisa mempermudah segala segala urusan kita dan menjadi sangat efisien. Manfaat dari teknologi juga lebih banyak ketimbang madaratnya. Misalnya:

Di bidang telekomunikasi, anak yang lahir di abad milenial tentu tidak asing dengan surat menyurat dan telepon umum untuk berkomunikasi. Namun seiring berkembangnya teknologi, sekarang semua sudah tergantikan oleh gawai dengan waktu yang relatif sangat cepat bahkan bisa dihitung dalam hitungan detik. Kita tidak perlu lagi menunggu lama, asalkan memiliki jaringan yang bagus dan paket yang memadai, semua informasi bisa kita dapatkan melalui gawai ini. Kita juga bisa melakukan transaksi perbankan melalui Anjungan Tunai Mandiri yang terdapat di kota kecamatan maupun di toko-toko terdekat. Bahkan toko-toko kecil di sekitar kita juga melayani pengambilan maupun penyetoran uang layaknya perbankan, hanya dengan sebuah aplikasi.

Di bidang perbankan, sekarang kita tidak perlu lagi pergi ke bank untuk mengirimkan wesel. Namun kita bisa mengirim uang dengan cara mentransfer melalui aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh masing-masing bank tanpa perlu ke kantornya. Dan tidak hanya mengirim, bahkan kita bisa mengambil uang juga melalui aplikasi tersebut. Dengan aplikasi mobile banking, kita juga bisa mengambil dan menabung uang tanpa harus menunggu kantor bank buka terlebih dahulu.

Di bidang bisnis, kita sering melihat dan menjumpai beberapa pengusaha menjalankan usahanya dengan berbasis online. Mereka bisa mengetahui laba dan rugi hanya melalui gawai dan aplikasi. Dengan cara ini semua bisnis dilakukan dengan cepat bahkan bisa dilakukan di rumah tanpa harus ke kantor. Tentu saja teknologi aplikasi yang berada di dalam gawai yang sangat menentukan sekali berlangsungnya bisnis secara online. Bahkan seorang ibu rumah tangga yang sedang berbisnis juga bisa melakukannya dari rumah.

Dalam pengurusan kesehatan kita juga tinggal mengunduh aplikasi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Di aplikasi tersebut sangat lengkap, mulai tingkatan fasilitas kesehatan, pendaftran secara online, bahkan pendaftaran BPJS juga bisa dilakukan secara online. Demikian juga pembayaran bulanan BPJS juga terdapat dalam aplikasi itu.

Di bidang pendidikan, kita mengenal aplikasi E-learning Madrasah yang ditujukan untuk semua guru di lingkungan Kemenag. Di dalamnya terdapat beberapa menu, berikut langkah-langkah pengoperasiannya:

1. Buka link E-learning. 

 

2. Setelah itu masukkan username ( NUPTK)

3. Lalu klik remember me supaya bisa tersimpan

4. Klik Log in E-learning

 

5. Klik lewati

 

 

6. Tampilan layar penuh

 

Dari tampilan layar penuh, ada menu yang berisi: Forum Madrasah, Kelas Online, Kalender, Komunikasi, Notifikasi, dan log out. Kemudian di layar sebelah kiri, tersedia daftar kelas online dan daftar wali kelas.

7. Lalu, kita klik kelas online, lalu kita buat kelas online sesuai kelas yang kita ajar.

 

8. Lalu kita pilih klik kelas yang akan kita isi sesuai menu yang tersedia. Misalnya kita klik kelas 8d, maka tampilannya seperti ini.

 

 

9. Setelah sampai di layar ini, kita baru bekerja ke menu-menu yang disajikan dari menu yang di layar kiri, tengah maupun kanan. 

Demikian panduan singkat cara membuka E-learning.

 

 

 

 

Biodata Penulis

Nama lengkap penulis adalah St. Shobibul Barokah,S.Pd. Lahir di kota Nganjuk, 5 September 1976. Saat ini penulis adalah guru Bahasa Inggris di MTsN 4 Nganjuk di Termas, dan sudah mengabdi sejak tahun 2002 hingga sekarang. Alamat E-mail [email protected]. Dan nomor WA yang bisa dihubungi 081335479848

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post