Subariyanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGEMBANGAN MUTU GURU

PENGEMBANGAN MUTU GURU

*PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENYUSUNAN KISI-KISI DAN PEMBUATAN SOAL HOTS SEBAGAI PENGEMBANGAN MUTU GURU SE- KECAMATAN PATRANG*

Pada tanggal 07-10 Febaruari 2020, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Patrang menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Kisi – Kisi dan pembutan soal HOTS, dalam rangka pengembangan mutu guru MI se Kecamatan Patrang.

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan dewan guru setiap lembaga dan semua kepala Madrasah se Kecamatan patrang, sejumlah 74 peserta, dengan rincian perwakilan guru kelas atas dan perwakilan guru kelas bawah juga perwakilan guru mata pelajaran Agama.

Dalam sambutan pertama yang disampaikan oleh Pengawas Madrasah tingkat dasar RA/MI kecamatan patrang, ibu Hosnati, M.Pd.I, bahwasanya pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam pembuatan soal-soal serta meningkatkan kekuatan guru dan kepala dalam wadah KKG MI. Selanjutnya pada acara pelatihan tersebut juga dihadiri oleh bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember yakni Bapak Mohammad, S.Sos, M.Pd.I yang sekaligus membuka acara serta memberi motivasi yang membuat para peserta antusias, beliau menyampaikan agar tetap menjaga Marwah Kementerian Agama, sebagai bentuk tugas dari seorang guru. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa seorang pendidik merupakan ujung tombak maju mundurnya Bangsa, karena berawal dari penanaman akhlaqul karimah yang dilakukan oleh pendidik kepada para peserta didik menjadi dasar utama para peserta didik untuk melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya. Maka sebagai guru harus memiliki kompetensi yang lebih untuk menciptakan prestasi-prestasi bagi anak didik kita.

Kegiatan pelatihan ini bertempat di Aula Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh, Baratan, Kecamatan patrang, Kabupaten jember.

Adapun susunan acara yang dikemas, efektif dan efisien.

Diantara sambutan ketua panitia yang berbunyi, Biaya pelaksanaan kegiatan tersebut diperoleh dari dana Mandiri iuran KKG MI Kecamatan Patrang dan bantuan alokasi dana yang di berikan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah kementrian Agama Kabupaten Jember yakni Bapak H. Edi Sucipto, S.Pd, M.Pd.

Dengan bantuan dana ini bapak Tegar Setia Budi, S.Pd, selaku ketua Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Patrang, mewakili seluruh dewan guru, mengucapakan terima kasih kepada Bapak Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama kabupaten jember. Karena dengan dengan demikian, para guru MI se-kecamatan Patrang dapat melaksanakan pelatihan ini dengan lancar. _"Kami merasa senang karena kegiatan ini juga memperoleh bantuan dana dari Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Kementerian Agama Kabupaten Jember"_ , sambung bapak ketua KKG MI Kecamatan Patrang.

Adapun Narasumber dalam kegiatan pelatihan ini yang pertama adalah Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Jember, yakni Bapak H. Edi Sucipto, S.Pd, M.Pd. yang menyampaikan materi tentang kebijakan pendidikan Madrasah. Sementara pemateri kedua adalah Ibu Alfiyah, S.Pd (salah satu guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Jember), dan pemateri ketiga adalah Bapak Achmad Fauzan Adimah, S.Pd (salah satu guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Jember)

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru dalam proses penilaian hasil belajar peserta didik.

Setelah penyampaian materi, peserta diharapkan untuk menyusun kisi- kisi soal beserta bentuk soal yang nantinya akan dipresentasikan di setiap kelompok mata pelajaran.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama 4 hari, dengan kemasan acara, hari peratama dan kedua penyampaian materi, hari ketiga dan keempat praktik menyusun kisi- kisi soal bahkan ke bentuk soalnya.

Alhamdulillah kegitan pelatihan tersebut berjalan sesuai dengan harapan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post