PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING (Bagian 3)
Untuk memperdalam pembelajaran daring ini akan dibahas 3 hal yaitu: 1) Strategi pembelajaran online; 2) Model atau konstruksi pedagogis; dan 3) Teknologi yang digunakan.
1. Strategi pembelajaran Online meliputi kegiatan eksplorasi, strategi dialogis dan strategi dukungan.
a. Kegiatan eksplorasi meliputi: 1) problem solving (searching, hypermedia, sinkronus, asinkronus); 2) penjelajahan (multimedia, searching, interaktivitas); 3) pengajuan hipotesis (multimedia, searching, interaktivitas); 4) role play (earching, hypermedia, multimedia, sinkronus, asinkronus).
b. Strategi dialogis meliputi: 1) artikulasi (sinkronus,asinkronus); 2) refleksi (sinkronus, asinkronus, kearsipan); 3) kolaborasi (sinkronus, asinkronus, kearsipan, multimedia, searching); 4) perspektif jamak (hypermedia, multimedia, sinkronus, asinkronus, kearsipan, searching)
c. Strategi dukungan meliputi: 1) penjelasan dan pemodelan (hypermedia, multimedia, sinkronus, asinkronus, kearsipan, searching); 2) coaching (hypermedia, multimedia, sinkronus, asinkronus, kearsipan, searching); 3) scaffolding (hypermedia, multimedia, sinkronus, asinkronus, kearsipan, searching).
2. Konstruk Pedagogis
Halaman Model atau konstruk pedagogi yaitu a) open (flexible) learing; b) distributed learning; c) knowled-building communities; dan d) learning communities.
a. open (flexible) learing terdiri dari focus on learning, local needs, knowledge network and portal.
b. distributed learning terdiri dari any time any where, email online forum , video conference, internet website.
c. knowled-building communities terdiri dari support one another, learning from others, sodo cultural experience.
d. learning communities terdiri dari knowledge sharing, knowledge representation, activitie project and discussion.
3. Teknologi
Teknologi yang digunakan terdiri dari sinkronus dan asinkronus, peralatan komunikasi, hypermedia dan multimedia, web, sistem manajemen sekolah.
SMK Negeri 3 Tuban, 12 September 2020
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Pemahami
Subhanallah... bagaimana jika harus luring pak, atau anak yang membutuhkan perlakuan khusus? krn kadang tdk setiap peserta didik bisa atau acuh
tulisan informatif, terima kasih pencerahannya. Salam literasi
Alhamdulillah,, sudah berbagi informasi penting'. Trimaksih byk sahabat. Salam hangat