Sucipto

SMK Negeri 3 Tuban...

Selengkapnya
Navigasi Web

RASULULLAH MUHAMMAD MENDIDIK UMAT (1)

BELAJAR DAN MENGAJAR

Bismillahirrohmanirrohim,

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Rasulullah Muhammad ﷺ mengajarkan kepada para Sahabat untuk menyiarkan ilmu dan hikmah. Beliau Rasulullah Muhammad ﷺ bersabda yang artinya, “Demi Allah, hendaklah orang-orang mengajari para tetangga, memberikan pemahaman kepada mereka, mencerdaskan mereka, serta menyuruh mereka (untuk berbuat makruf) dan melarang mereka (dari berbuat mungkar), serta hendaklah orang-orang belajar dari para tetangga, menerima kepahaman dari mereka, dan memetik kecerdasan dari mereka, atau (kalau tidak) aku minta disegerakan atas mereka siksa di dunia.” (HR. Al-Thabrani).

Dalam urusan belajar mengajar Rasulullah Muhammad ﷺ bersabda yang artinya, “Mencari ilmu itu wajib atas setiap Muslim,”. Oleh karenanya apabila seseorang yang berilmu tidak mengajarkan ilmunya maka dia sudah melalaikan kewajibannya. Dan juga seseorang yang tidak berilmu (jahil) lali dalam kewajiban belajar, maka dia sudah melalaikan kewajibannya.

Ilmu yang wajib dipelajari adalah ilmu Agama dan ilmu dunia yang tidak melalaikan akhirat. Umat Islam dilarang untuk mempelajari ilmu yang tidak memberikan manfaat bagi agama dan dirinya serta ilmu yang dapat melalaikan dan menjauhkan dirinya dari agamanya. Sebagai Rasulullah Muhammad ﷺ bersabda yang artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat.” (HR. Muslim)

Wallahua’lambissawab..

Mudah-mudahan apa yang ditulis ini dapat memberikan bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Mudah-mudah tulisan ini menjadi ilmu yang bermanfaat dan membuahkan amal shalih, meskipun tulisan ini bukan sesuatu yang sempurna. Mudah-mudah dengan terus belajar, penulis dan pembaca yang dirahmati Allah Subhanahuwata’ala akan terus mendapatkan ilmu yang shahih dan InsyaAllah dapat mengamalkannya.

Barokallahu fikum.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Kitab Rujukan:

1. Al-Quran dan Terjemahannya. Terbitan Departemen Agama.

2. Al-Hafizh Ibnu Katsir, “Al-Qur’an Al-‘Azhim” Kitab Tafsir. Penerbit Imam asy-Syafi’i. 1437 H.

3. Ibnu Hajar al-‘Asqalani. “Fathul Bari, Syarah Shahih al-Bukhari: Kitab Ilmu” Jilid 2/35. Penerbit Imam Asy-Syafii. 2018.

SMK Negeri 3 Tuban, 12 Nopember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

alhamdulilah, selalu berkah ilmunya

12 Nov
Balas

Saya sedang belajar ilmu dari Pak Sucipto. SEmoga ini mengugurkan kewajiban saya atas perintah itu.

12 Nov
Balas

tabarakallah, terimakasih ilmunya pak

12 Nov
Balas



search

New Post