Suci Rahayu S.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PUSTAKA KECILKU

PUSTAKA KECILKU

Iqro’… Iqro’ bismi robbikalladzi kholaq. Demikian bunyi ayat pada surat Al ‘Alaq yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw. Melalui malaikat Jibril. Itulah wahyu pertama sebagai awal kerasulan beliau. Iqro’ yang artinya “Bacalah” , kalimat ini sangatlah tegas menyeru kepada siapa saja,karena Qur’an diturunkan sebagai Rahmatan lil’alamin. Perintah membaca dari Alqur’an adalah universal, tidak hanya untuk sebagian kaum, namun untuk seluruh ummat manusia di dunia.

Dari ayat tersebut diatas, sangatlah jelas perintah membaca dari Allah kepada seluruh hambanya Begitu juga diriku, karena dengan membaca aku dapat membuka wawasan dan mendapat informasi serta ilmu pengetahuan. Membaca adalah jendela dunia. Ilmu apa saja akan dapat dipelajari dengan membaca. Kebiasaan membaca merupakan sesuatu yang harus ditumbuhkan dan dipupuk sejak usia dini.

Sebagai seorang pendidik, aku berkewajiban menanamkan kebiasaan membaca kepada peserta didik dan siapa saja yang ada di lingkungan dimana aku berada.Mulai dari lingkungan terdekatku, yaitu dari keluarga kecilku, sampai murid dan santriku. Aktivitasku yang penuh, dari pagi hingga siang, dilanjutkan dengan kegiatan Taman Pendidikan Alquran pada sore hari membuatku lelah. Akan tetapi tidak menyurutkan kebiasaanku dalam membaca.

Awalnya buku-buku yang ada di rumahku berserakan, ada di kamar anak laki lakiku, di kamar depan atau kamar tamu, ada juga di kamar belakang, ruang tidurku. Apabila aku membutuhkan salah satu buku sebagai bahan bacaan atau materi sumber belajar yang harus aku persiapkan, aku sering kebingungan mencari buku dan mengacak-acak dari ruang ke runag untuk menemukan buku yang sesuai.Dan itu banyak menyita waktuku. Sampai akhirnya aku berfikir, mengapa aku tidak membuat perpustakaan pribadi dalam keluargaku ? Nah… begitu ide aku sampaikan pada anakku, mereka sangat setuju dan mendukungku untuk menciptakan atmosfir membaca di rumah agar mudah mendapatkan inspirasi dengan buku-buku yang ada.

Aku mulai mencari contoh rak buku yang bisa menampung buku-buku yang berserak yang jumlahnya cukup banyak. Rak buku yang simple dan terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama dan harganya terjangkau itu yang menjadi targetku. Setelah survey dan searching, aku putuskan untuk membuat sendiri dengan bantuan saudara sepupuku, jadilah rak buku yang kumaksud. Alhamdulillah…. Waw ! Ammazing… luar biasa, rak buku yang sudah jadi, bukan hanya untuk menyimpan buku saja, namun beberapa barang pun bisa aku simpan disana…

Sesaat buku sudah tertata dengan rapih dan tersusun sesuai jenisnya, aku mulai menyadari betapa banyak bukuku yang belum kembali dipinjam beberapa orang teman. Ada dua buah buku yang sangat kunantikan kepulangannya, buku Shirah Nabawiyyah dan Terjemah Riyadus Sholihin.Buku itu sangat penting bagiku, ada kenangan tersendiri di saat aku mendapatkan buku itu, sehingga keberadannya sangatlah berarti dan sangat bermanfaat bagi keseharianku sebagai pendidik.

Sementara buku yang telah terkumpul dan tertata rapih di rak terdiri dari buku bahan ajar, kamus, Alqur’an dan tafsirnya dan buku bacaan bebas seperti kumpulan cerpen, novel, Suplement kecerdasan dan bacaan lainnya. Semua terlihat apik dan Rapih, sehingga sedap dipandang dan mudah dipegang. Anakku dan teman-temannya,muridku TPA serta teman –temanku ustadz dan ustadzah juga tidak sungkan membaca dan meminjam buku koleksiku. Alhamdulillah bermanfaat. Sebaik-baik manusia adalah yang membawa manfaat bagi manusia lainnya.(Al-Hadits). itulah sekelumit tentang pustaka kecilku..**uci13Okt’22**

BIODATA PENULIS

N a m a : SUCI RAHAYU SPd.

Tempat, Tgl Lahir : Jember, 06 November 1967

Alamat : Perum DIM Blok H / 04, RT 08 / RW 04 Jubung

Sukorambi Jember

No HP : 085 330 206 403

Status Pernikahan : Cerai Mati , Tinggal dengan 2 anak

1 perempuan ( sudah menikah )

1 Laki-laki ( masih kuliah )

Tempat Tugas : MTsN 2 Jember

Pengalaman Pengabdian / Organisasi :

· Guru TPQ ( 1995 – Sekarang /Insya Allah seumur hidup)

· Guru SD Al Baitul Amien ( 2002 – 2015 )

· Guru SD Raudhatus Sakinah Medan ( 2016 – 2018 )

· Pengurus Muslimat Ranting Jubung ( 2011 – sekarang )

· Pengurus LPPTKA BKPRMI Kab Jember( 2004 – Sekarang)

· Instruktur Tilawati ( 2008 – Sekarang )

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post