suci rahmawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGARUH SISTEM AKUNTANSI TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PEEUSAHAAN

PENGARUH SISTEM AKUNTANSI TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PEEUSAHAAN

SUCI RAHMAWATI

Mahasiswa Akuntansi FE Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Sri Dewi Wahyundaru

(email:[email protected])

Di era globalisasi ini,teknologi semakin berkembang dengan pesat.Banyak perusahaan yang menggunakan teknologi tersebut dalam mengendalikan perusahan yang di miliki nya.Dalam hal ini perusahaan memerlukan pengendalian intern dalam mengelola perusahaan,pengendalian intern perusahaan selalu berkaitan dengan sistem akuntansi informasi.Anatara sistem informasi akuntansi dan pengendalian intern kedua nya saling berkaitan antara satu dengan yang lain nya.karna kedua nya sangat penting dalam perusahaan.Dengan adanya pengendalian intern dapat membantu perusahaan dalam mengamankan aset perusahaan,menjaga integritas perusahaan,selain itu dengan ada nya pengendalian intern, perusahaan dengan mudah dapat melacak jika ada pencacatan yang salah baik di lakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja agar dapat di perbaiki,hal ini dapat memperlancar prosedur audit dalam perusahaan.Agar pengendalian intern dalam perusahaan dapat berjalan dengan lancar perlu ada nya pertanggung jawaban yang jelas dari beberapa fungsi bagian,jika fungsi bagian tidak dapat mengendalikan dengan baik maka bagian fungsi tidak akan mampu mengendalikan tugas fungsi yang di bebankan dengan baik,maka dari itu perlu ada nya pihak yang mampu mengendalikan tugas-tugas yang ada di perusahaan.

Perusahaan dalam mengendalikan intern perlu ada nya unsur-unsur dalam sistem informasi akuntansi meliputi input,proses autput,jika ketiga unsur tersebut tidak di gunakan dalam pengendalian intern maka proses pengendalian intern tidak akan berjalan dengan baik.Oleh sebab itu perusahaan perlu ada nya sistem informasi akuntansi dalam mengendalikan perusahaan nya.Perusahaan yang ingin menyusun sistem informasi akuntansi dapat mempergunakan jasa akuntan,karna jasa akuntan ini sangat membantu,baik yang berada di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan.Pada umum nya seorang akuntan intern yang bekerja pada perusahaan baru bekerja penyususn sistem kasar,penyusunan sistem kasar ini berupa pendahuluan.Pendahuluan ini lah yang akan menjadi awal mulai dalam menyususn pengendalian intern yang akan di terapkan dalam perusahaan. Agar pengendalian intern dapat berjalan dengan baik di perusahaan perlu ada nya struktur organisasi yang menangani dan mengatur tentang pengendalian tersebut,dalam struktur organisasi perlu ada nya tanggung jawab yang tegas,jika tidak ada tanggung jawab yang tegas maka struktur organisasi tidaka akan berjalan dengan maksimal,pasti lama kelamaan aka ada penyelewengan yang di lakukan oleh pihak perusahaan yang terkait.maka dari itu perlu ada nya sikap ketegasan,tanggung jawab,kedisiplinan dalam pengendalian intern yang terdapat di perusahaan.

Sistem informasi akuntansi sangat berpengaruh terhadap pengendalian intern perusahaan,karena dalam pengendalian intern menggunakan unsur-unsur yang terdapat di sistem informasi akuntansi,bisa di bayangkan jika perusahaan tidak mempunyai pengendalian intern maka perusahaan akan hancur seketika karna tidaka ada pihak yang menangani tentang masalah-masalah jika terjadi dalam perusahaan tersebut.jadi anatara sistem informasi akuntasi dan pengendalian intern harus saling berdampingan,harus saling keterkaitan dalam menjaga kemakmuran perusahaan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post