Suci Yunita KRIP

Kita terlahir sama yang membedakan ialah tindakan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar dari Kesalahan

Belajar dari Kesalahan

Tidak ada orang yang senang berbuat kesalahan. Namun, jika ingin melewati hidup dengan baik, maka tidak ada jaminan bagi seseorang untuk tidak melakukan kesalahan. Jika Anda dapat belajar dari kesalahan dengan CEPAT dan TEPAT, maka Anda akan mendapatkan bahan bakar baru untuk MAJU.

Harus disadari bahwa kesalahan adalah bagian yang penting dalam pengembangan diri. Jangan termenung terus dengan rasa bersalah dan penyesalan, pelajari bagaimana BELAJAR dari kesalahan-kesalahan tersebut.

1. Minta Maaf dengan Tulus dan Sungguh-sungguh

Jika telah melakukan kesalahan yang menyakiti atau membahayakan orang lain, sangat penting untuk segera meminta maaf dengan sungguh-sungguh. Pastikan bahwa itu adalah betul-betul suatu kecelakaan yang tidak akan terulang. Permintaan maaf yang baik akan mengembalikan tingkat KEPERCAYAAN.

Sebaliknya, jika tidak meminta maaf, maka kemungkinan besar orang tersebut tidak akan senang dalam berkepanjangan dan bisa jadi sewaktu-waktu akan balik menyerang. Jika telah mendapatkan maaf, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama lagi, karena itu adalah suatu kekonyolan dan sangat menjengkelkan. Segera perbaiki tindakan-tindakan ke depannya.

2. Jangan Menjadi Seorang yang ’perfectionist’

Jika Anda menjalani hidup dengan KETAKUTAN yang berlebihan untuk melakukan kesalahan, maka Anda akan menghabiskan hidup Anda dengan tidak melakukan apa-apa. Bukan masalah jika melakukan kesalahan, karena sekali lagi itu adalah bagian penting dari hidup agar terus maju.

Semakin banyak tanggung jawab yang dipikul, kemungkinan melakukan kesalahan pun semakin sering. Jika selalu ingin merasa semuanya sempurna, selalu ingin menghindari kesalahan-kesaahan sekecil apapun, hal itu lama-kelamaan akan membentengi diri secara psikologi dan akan menjadi pribadi yang TIDAK BERANI dalam mengambil RESIKO.

3. Jangan Membuang Waktu dengan Mencari Pembenaran

Manusia mempunyai sifat alami untuk mencari pembenaran atas kesalahan-kesalahan yang dilakukan. Ketika kita melakukan kesalahan, rata-rata reaksi pertama kita adalah menyalahkan keadaan bahkan menyalahkan orang lain. Padahal, hal terbaik yang perlu dilakukan adalah mengakui kesalahan tersebut.

4. Pahami Mengapa Kesalahan Tersebut Dapat Terjadi

Untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama dua kali, harus dipahami akar permasalahannya. Sebagai contoh, Anda seringkali berbicara dengan nada cepat dan marah, sering mengeluarkan kata-kata yang kurang baik. Anda harus mencari tahu apa yang menyebabkan marah pada saat itu.

Mungkin merasa sangat lelah atau kepala anda sedang sakit. Jika melakukan kesalahan karena begitu lelahnya, cobalah untuk tidak tidur sampai larut malam. Jika merasa stres, carilah jalan untuk relaks.

5. Hindari Mengulang Kesalahan yang Sama

Seringkali kesalahan disebabkan oleh kebiasaan yang buruk. Untuk mencegah kesalahan yang sama berulang, Anda harus mengHAPUSkan KEBIASAAN BURUK tersebut. Hal ini memang tidak mudah dan membutuhkan usaha ekstra untuk mengubah kebiasaan. Bagaimana pun, semakin cepat bisa mengubah kebiasaan buruk, maka semakin cepat terhindar dari melakukan kesalahan yang sama. BERMUJAHADAH.

6. Kesalahan adalah Kesempatan untuk Belajar

Dari kesalahan yang telah dibuat, Anda akan semakin berkembang dan bijak. Kesalahan karena keberanian mengambil resiko, merupakan sesuatu yang krusial untuk kesuksesan. Hal yang terpenting adalah melihat kesalahan sebagai batu loncatan untuk mencapai sesuatu yang lebih tinggi dan kehidupan yang lebih baik

Selamat mencoba & salam HAMASAH

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post