Sudijarto

Pamong Belajar pada SKB Kota Yogyakarta. Pamong Belajar adalah sebutan atau istilah lain guru pada jalur pendidikan nonformal. tks...

Selengkapnya
Navigasi Web
Amazing SAPASABU 2, Satu Pamong Belajar Satu Buku

Amazing SAPASABU 2, Satu Pamong Belajar Satu Buku

Penantian itu akhirnya tiba. Ya sebuah event yang saya tunggu-tunggu dan menjadi impian sejak lama. Bagi saya pribadi, menjadi penulis buku adalah mimpi saya sejak lama yang kini akan terwujud. Tahapan itu diawali adanya informasi pendaftaran untuk mengikuti pelatihan penulisan buku yang di share lewat WA group Pamong belajar. Begitu membaca pengumuman itu dengan penuh antusias, langsung saya tulis seketika contoh tulisan sebanyak 700 kata dan saya kirim ke email panitia (Pitor Parulian). Tulisan tersebut menjadi salah satu prasyarat mengikuti pelatihan. Sudah barang tentu persyaratan lain sebagai pamong belajar madya telah terpenuhi. Beberapa bulan setelah pengumuman, panggilan pelatihan yang saya nanti-nantikan tak kunjung datang. Semangat yang sempat membuncah, sedikit meredup. Akankah impian menjadi penulis buku harus tertunda lagi entah untuk berapa lama.

Jauh sebelum pelatihan saya membeli buku “mudahnya menjadi penulis buku profesional”. Saya baca habis buku itu, dan saya coba mulai menulis draft buku sebagaimana yang di contohkan dalam buku. Saya ikuti langkah-langkahnya tapi belajar otodidak dengan satun buah buku ternyata membuat saya gagal menghasilkan sebuah buku sebagai karya impian. Pengalaman menulis artikel di barbagai media atau majalah sejak mahasiswa bahkan skala nasional dan regional sudah sering saya lakukan. Menulis untuk berbagai lomba karya ilmiah dan karya nyata sudah sering saya ikuti. Beberapa kali meraih juara 1 tingkat Provinsi DIY, beberapa kali menjadi finalis dan bahkan pernah juara 1 nasional. Tetapi, menulis sebuah buku bagi saya adalah sesuatu yang berbeda.

Saat yang dinanti akhirnya tiba. Datang surat panggilan pelatihan atau bimbingan teknis penulisan buku yang akan dilaksanakan tanggal 8-11 Oktober 2019 di Allium Hotel Tangerang, Banten. Demi mengikuti pelatihan sebagai penulis buku, maka saya kurbankan undangan lain mengikuti pelatihan multimedia yang kebetulan waktunya bersamaan. Undangan pelatihan multi media adalah merupakan pelatihan yang tidak sembarangan mengingat level dan pesertanya diambil dari para juara 1-3 Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas tingkat nasional. Dan saya kebetulan menjadi peserta yang memperoleh juara 1 nasional bidang lomba kepala SKB tahun 2018. Demi mengikuti Bimtek Penulisan buku, maka panggilan pelatihan multimedia itu saya kalahkan dan lebih memilih menjadi peserta pelatihan penulisan buku. Sesuatu yang sudah saya impikan sejak lama bahkan puluhan tahun lalu.

Kini benar-benar harapan itu mulai tampak nyata. Saya hadir dan menjadi salah satu peserta pelatihan. Filosofi “Botol kosong” saya terapkan selaku peserta pelatihan agar semua ilmu dapat masuk terserap dengan optimal. Saya ambil posisi yang cukup strategis, laptop, alat tulis, kaca mata semua ready. Fokus dan penuh antusias. Mulai detik pertama, sesi pertama, slide pertama, dari narasumber pertama di hari pertama. Saya satukan mata telinga dan tangan serta segala potensi untuk sebisa mungkin tidak ada yang terlewatkan. Tugas demi tugas saya kerjakan dengan senang hati dan antusias dengan sesekali minta untuk di koreksi langsung oleh narasumber. Atas koreksi dan masukan narasumber, saya benahi tulisan untuk menjadi lebih baik. Sambil mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh narasumber (mentor), angan saya, impian saya melambung tinggi. Coretan beberapa topik/bakal judul tulisan buku yang ‘saya impikan” telah berderet berurutan lebih dari sepuluh topik/bakal judul tulisan. Dimana topik salah satunya adalah menjadi draft tulisan yang sedang dalam proses drafting penulisan.

Ya Allah, hasbunnallah wa nikmal wakiil nikmalmaula wanikmannashiir. Jika ini menjadi pintu saya untuk bisa berbagi ilmu, untuk bisa berbagi inspirasi serta sharing pengalaman dalam membangun kemajuan Pendidikan nonformal, maka mudahkan jalan saya agar semakin banyak pelaku pendidikan nonformal yang tercerahkan serta jadikan ini menjadi pintu amalan. Berbagi itu indah, ilmu disebarkan tidak akan habis, ilmu dipakai tidak akan rusak. Semoga saya dapat berbagi amal ilmiah dan ilmu amaliah. Aamiin.

Terima kasih. Salam literasi – PNF jaya!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga impian Pak Sudijarto untuk menerbitkan buku segera terwujud.

10 Oct
Balas

Sukses pk sudijarto.

10 Oct
Balas

Sukses ya pak bos. Semangat.

10 Oct
Balas

Terima kasih support, doa dan motivasinya pak... sangat berarti bagi saya pak. mohon jika berkenan bapak memberikan koreksi, masukan, dan bimbingan agar semakin lancar bagi saya untuk belajar menulis pak. nwn

10 Oct
Balas



search

New Post