SUGIARTI

Sugiarti adalah pengajar Biologi di SMAN 5 Depok sejak tahun 2004, Penulis 10 buku Biologi untuk SMA, Juara 1 Guru berprestasi Kota Depo...

Selengkapnya
Navigasi Web
(Tantangan hari ke-9) LUMUT PERINTIS KEHIDUPAN

(Tantangan hari ke-9) LUMUT PERINTIS KEHIDUPAN

Terlintas dalam pandangan pagi di Lapangan parkir sekolah. Pohon itu sudah sangat senja menemani hari dalam keseharian. Pohon  yang setia dengan senangnya menemani setiap hari yang berlalu. Ketika suatu saat ketika salah seorang siswa meletakkan  kain kecil diantara bagian atas dahan pohon. Apakah sengaja atau tidak, kain itu tidak ada kemauan untuk pergi dari lokasi yang berada  di atas dahan. Waktu terus berlalu, sang waktu yang mau berhenti berputar. Proses suksesi terjadi dengan riangnya menyambut kain kecil yang berada di dahan tersebut. 

Pergantian antar waktu, proses metabolisme, simbiosis mutualisme membentuk  suatu tanda suksesi. Lumut akhirnya terbentuk diantara dahan yang semula terdapat kain kecil. Kain kecil tertutup oleh lumut dan berganti warna. Kain menjadi media yang tanam karena lembut. Kelembutan mampu mengubah segalanya. Semangat  selalu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

05 Mar
Balas

Makasih pak Dede..salam kenal dan salam literasi

06 Mar
Balas



search

New Post