sugiono

smp 289 jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web

PENGEMBANGAN BUDAYA MUTU SEKOLAH MELALUI PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI SPMI TAHUN 2020

Setiap sekolah wajib meningkatkan kualitas atau mutu sekolah, karena dengan meningkatnya mutu sekolah akan menjadi suatu simbol atau nilai positif dari produk sekolah tersebut. Perubahan yang sangat besar dari meningkatnya budaya mutu adalah perubahan budaya. Perubahan budaya ini terbentuk dari nilai, norma, aturan, moral dan kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus sehingga membentuk perilaku dan hubungan yang terjadi didalamnya.

Menurut Widyantmo, M. Pd pada saat bimbingan tekhnis webiner SPMI bahwa mutu sekolah itu sendiri adalah keseluruhan latar fisik, lingkungan, suasana,rasa, sifat dan iklim sekolah secara produktif mampu memberikan pengalaman dan bertumbuhkembangnya sekolah mencapai keberhasilan pendidikan berdasarkan spirit dan nilai-nilai yang dianut oleh sekolah.

Yang melatar belakangi pengembangan budaya mutu sekolah adalah :

1. Dari hasil raport mutu sekolah : dimana sekolah masih terdapat permasalahan yang dihadapi oleh satuan pendidikan dalam upaya pencapaian 8 standar.

2. PP No. 19 Tahun 2005 : bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan informal wajib melakukan Peningkatan Mutu Pendidikan.

3. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang SPMPDM.

Ada beberapa tahapan dalam pengembangan budaya mutu sekolah dapat terwujud dengan baik :

1. Pemerintah maupun pemda mendorong serta memfasilitasi suatu pendidikan untuk mengimplementasikan sistem penjaminan mutu.

2. Menyeimbangkan peran satuan pendidikan dengan peran pemerintah dan pemda dalam mengimplementasikan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan.

3. Kesadaran satuan pendidikan dalam mengimplementasikan sistem penjaminan mutu pendidikan secara mandiri.

Tujuan dari pengembangan budaya mutu sekolah melalui pendmpingan Implementasi SPMI :

1. Membangun budaya mutu di satuan pendidikan melalui penerapan keseluruhan siklus dalam sistem Penjaminan Mutu Internal secara mandiri dan berkesinambungan.

2. Memotivasi satuan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara terus menerus melalui implementasi SPMI sehingga mutu pendidikan di satuan akan meningkat secara konsisten dari waktu ke waktu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

makasih ibu masih belajar saya tulisan2 ibu juga keren2...

20 Oct
Balas

Keren Ulasannya..Pak

06 Oct
Balas



search

New Post