Suhaimi, S.Pd

Lahir di Pariaman, 04 November 1970. Guru IPA di MTsN 2 Kota Pariaman. Pendidikan S.1 IKIP Padang Nama istri Nurul Hidayaty Suhaimi, dan karuniai 3...

Selengkapnya
Navigasi Web
Italia Lolos ke Final Euro 2020

Italia Lolos ke Final Euro 2020

Italia lolos ke final Euro 2020 usai menyingkirkan Spanyol lewat adu tendangan pinalti dengan skor 1-1 (4-2) dalam partai semifinal yang di helat Wembley Stadium, London Inggris Rabu (7/7/2021) dinihari Wib.

Skor imbang 1-1 menjadi hasil di waktu normal. Italia memimpin lebih dulu lewat gol Federico Chiesa pada menit ke-60. Spanyol baru bisa menyamakan kedudukan skor lewat aksi Alvaro Morata 20 menit berselang.

Di babak perpanjangan waktu 2x15 menit tak ada gol yang tercipta bagi ke dua tim. Pemenang pertandingan pun harus ditentukan lewat adu tendangan pinalti. Di sinilah Italia menjadi tim yang dinaungi dewi fortuna.

Kegagalan eksekusi Morata membuat Italia di atas angin. Jorginho sebagai penendang terakhir berhasil memastikan kemenangan dan meloloskan Italia ke final.

Jalan pertandingan

Babak pertama

Laga sudah berlangsung manarik sejak awal babak pertama. Italia mendapat peluang pertama ketika aksi Nicola Barella digagalkan tiang gawang. Namun, Barella sendiri sudah berdiri dalam posisi offside.

Setelah itu, penguasaan bola dikuasai Spanyol. Dani Olmo sempat memilki peluang emas untuk membuka keunggulan timnya. Sayang, tembakannya masih bisa dihalau Gianluigi Donnarumma.

Di akhir babak pertama, Emersaon hampir saja membawa Italia unggul andai usahanya tak digagalkan mistar gawang. Skor imbang tanpa gol menjadi hasil sementara saat laga memasuku jeda turun minum.

Babak kedua

Kembali dari kamar ganti, Spanyol kembali memegang kendali permainan. Sergio Busquets memperoleh peluang bagus untuk mencetak gol pada menit ke-52, sayang tembakannya masih melambung tipis di atas gawang Donnarumma.

Satu jam laga berjalan, Italia akhirnya sukses memecah kebuntuan lewat aksi brilian Chiesa. Mendapat bola liar di tepi kotak pinalti, bintang Juventus itu melakukan satu dua sentuhan sebelum melepaskan tembakan melengkung yang tak dapat dijangkau Unai Simon.

Spanyol pun langsung tersengat dengan gol Chiesa ini. Sayang, aksi Mikel Oyarzabal gagal meneruskan umpan Koke. Demikan juga aksi Olmo masih gagal membuahkan gol.

Perjuangan Spanyol untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-80 lewat aksi Morata yang baru masuk sejak pertengahan babak kedua.

Mendapat bola di lini tengah, Morata melakukan akselerasi dan kerja sama satu dua dengan Olmo. Morata pun dengan dingin sukses menaklukan Donnarumma untuk membuat skor sama kuat 1-1.

Setelah itu, tak ada lagi gol tercipta dari Italia dan Spanyol di sisa waktu normal. Skor imbang 1-1 pun memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak extra time.

Babak Extra time dan adu pinalti

Duel ke dua tim berjalan cukup alot di babak extra time. Donnarumma melakukan dua kali aksi penyelamatan apik untuk menggagalkan peluang Spanyol.

Domenico Berardi sempat mencetak gol pada menit ke-110. Namun, gol ini dianulir wasit karena penyerang sayap Sassuolo itu sudah lebih dulu berdiri dalam posisi offside.

Skor imbang tetap bertahan hingga masa extra time berakhir. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu tendangan pinalti. Di sinilah Italia menjadi tim yang lebih beruntung.

Penendang ke dua tim sama-sama menemui kegagalan. Setelah serangkaian penendang sukses, Morata menjadi pesakitan ketika eksekusinya bisa dimentahkan Donnarumma.

Jorginho yang bertindak sebagai algojo terakhir Italia sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Italia pun menjadi pemenang dengan skor 4-2.

Sumber Referensi: Bola.net

#Menulis hari ke-428

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sepak bola nan menawan. Sehat dan suksess selalu Pak Emi

07 Jul
Balas

Terima kasih Bu Vivin

07 Jul

Semangat terus buat Tim Italia. Semoga sehat selalu buat Bapak Suhaimi

07 Jul
Balas

Terima kasih Mas Herru.Semoga Mas Herru dan.keluarga sehat dan senantiasa mendapat lindungan dari Allah Swt. Aamiin

07 Jul

Alhamdulillah, jagoku lolos. Sehat n sukses selalu pak. Barokallah

08 Jul
Balas

Terima kasih Bu..moga jagoan bunda juara.

10 Jul

Wah. . lengkap, kap, kap. . . keren, Pak. Selamat untuk para fans Itali. Semoga Piala Euro bisa dibawa pulang. Sukses selalu untuk Pak Suhaimi Azis.

07 Jul
Balas

Terima kasih Bunda Umi. InsyaAllah Italia juara.

07 Jul

Come on gaes. Supporter Italia, yel-yelnya mana? Salam sukses Pak Suhaimi.

07 Jul
Balas

Bravo Gil Azzuri. Terima kasih Bu Safiroh.

07 Jul



search

New Post