suharti

Suharti adalah seorang guru yang mengajar di SMK N 1 Sawahlunto. Program Keahlian Administrasi Perkantoran...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pahlawan IT itu Guruku
Drs. IRWANDI

Pahlawan IT itu Guruku

Pahlawan IT itu Guruku

SUHARTI, S.Pd

Guru SMKN 1 Sawahlunto

Kalaulah aku bisa mengungkapkan rasa terimakasih, maka orang yang layak untuk mendapatkan ucapan terimakasih itu adalah Guru yang telah membimbing dan mengajariku agar melek teknologi. Setelah menamatkan SMP, aku melanjutkan sekolah ke SMEA N Talawi. Jaraknya 8km dari tempat tinggalku. Transportasi yang sulit tidak membuatku surut. Berjalan kaki pulang sekolah pun aku jalani dengan senang. Aku belajar untuk serius mengikuti setiap mata pelajaran. Bahkan matematika yang kuanggap sulit saat di SMP, bisa kucerna dengan baik dan mampu menyelesaikan tugas-tugas latihan yang diberikan oleh guru.

Di SMEA aku mengenal mesin ketik manual, mesin ketik elektronik dan komputer. Saat itu komputer masih menggunakan sistem DOS. Menggunakan Disket yang lebar, monitor tabung, dan CPU yang ukurannya besar. Itupun ketersediaannya 1:2. Satu unit komputer digunakan oleh dua orang siswa secara bergantian. Demikian juga mesin tik elektronik/listrik.

Pelajaran praktik demikian sangat menyenangkan. Tak terasa waktu pembelajaran selama tiga jam seolah cepat berlalu. Dibimbing oleh seorang guru komputer yang piawai dan cerdas, kami sebagai siswa sangat antusias mengikuti instruksi yang disampaikan oleh Pak Guru. Dilengkapi dengan modul dan lembar kegiatan siswa yang dibagi satu persatu di atas meja.

Belajar di labor yang dilengkapi dengan fasilitas lebih nyaman dibandingkan ruang teori juga menjadi daya tarik siswa dalam belajar komputer. Waktu belajar seolah dinanti-nanti dan ingin segera bertemu lagi dengan jadwal belajar praktik komputer di labor. Kalaulah mungkin satu minggu kami habiskan waktu di labor untuk belajar komputer. Saat itu, dengan keterbatasan sarana dan prasarana, pihak sekolah mengadakan bimbingan belajar komputer yang diadakan diluar jam belajar efektif. Meskipun harus merogoh kantong untuk menambah honor tenaga pengajar, kami ikhlas-ikhlas saja demi menambah ilmu. Kami banyak yang ikut les saat itu.

Pak Guru mengajarkan dengan sabar. Kami banyak yang berasal dari kampung kecil. Teringat saat pertama pembelajaran, ada rasa takut-takut saat memegang mouse. Menekan tombol on-off saling tolak menolak dengan alasan takut rusak. Pokoknya seru. Wajah-wajah kami yang polos plus tampang bego mungkin kelihatan saat itu. Indahnya mengenang masa lalu. Siapakah guru yang telah berjasa itu? Beliau bernama Drs. Irwandi. Berkat jasa beliaulah aku bisa mengaplikasikan komputer seiring perkembangannya berupah menjadi laptop, notebook, gadget, tab, dan sejenisnya.

Ilmu teknologi yang kupelajari dulu telah menghantarkanku menjadi sarjana, kuaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan tugas-tugasku. Saat ini aku juga telah menjadi guru. Betapa berharganya ilmu yang diberikan oleh Pak Irwandi. Aku memanfaatkannya juga untuk menunjang kegiatan menulisku bersama Media Guru Indonesia. Sehingga aku sudah bisa membuat buku. Aku bisa mengikuti kegiatan seminar, pelatihan, webinar, pembelajaran jarak jauh ini semua berawal dari ilmu yang diberikan oleh Pak Irwandi. Sungguh menjadi ilmu yang bermanfaat bagiku, bagi kehidupanku, bagi karirku, bagi keluargaku.

Saat ini Pak Irwandi dalam kondisi sakit. Stroke yang diderita telah memasuki tahun ke enam. Doa-doa dan harapan kukirimkan untuk kesembuhan beliau. Semoga semua ilmu yang diberikan menjadi amal jariyah untuk beliau sampai kelak akan menghantarkan beliau ke Jannah-Nya. Mohon maaf Pak atas segala kekurangan, salah dan kilafku. Kutorehkan tinta ini tuk membuktikan bahwa ilmu yang Bapak berikan sangat bermanfaat bagiku. Semoga takdir menghantarkan tulisan ini ke tanganmu. Sebagai bukti tulus baktiku padamu. Kuabadikan namamu di sini. Di lembaran ini. Semoga Allah memberi kesembuhan padamu Guruku. Engkaulah Pahlawan IT itu Guruku. Pahlawan IT dalam hidupku. Aamiin yaa Mujiib.

PROFIL PENULIS

SUHARTI,S.Pd. Lahir tanggal 09 November 1976 di Sijantang, Kota Sawahlunto. Menikah dengan Sugiyoto, dan memiliki dua orang putra bernama Habib Al Rasyid dan Dzaky Taufiqurrahman. Penulis adalah seorang Guru di SMK N 1 Sawahlunto. Buku pertamanya berjudul Semua Berawal dari SMK pada tahun 2019. CP Penulis: [email protected] atau WA 081363125576.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terharu. Sukses ntuk b Atik dan sehat untuk pak irwan

15 Dec
Balas

Syukron bunda

12 Mar

Aamiin ya Rabb, MasyaAllah diujungnya saya jadi ikut terharu bu, sukses selalu bu ... dan Berkah kesehatan untuk Bpk. Irwandi... Aamiin

11 Dec
Balas

Aamiin yaa mujiib

14 Dec

Terimakasih Bu...

14 Dec

Mantap bunda tulisannya keren, semoga lolos masuk nominasi. Saya lihat tulisan ibu masuk ke dalam tulisan populer hari ini. Selamat ya. Salam literasi sukses selalu. Ijin saya follow nanti follow balik ya bunda.

11 Dec
Balas

Terimakasih bunda.

14 Dec

Mantab tulisannya bu. Salam sukses selalu

11 Dec
Balas

Sukses untuk kita bersama Pak.

14 Dec

Salam hormat untuk Pak Irwandi dari Gun Swl

11 Dec
Balas

Terimakasih pak Gun atas kunjungannya

14 Dec



search

New Post