suhud rois

Guru di SD Peradaban Insan Mulia. Penulis. Editor MediaGuru. Penggerak Komunitas Guru Belajar Nusantara. Pelatih Kampus Guru Cikal ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Lubuk Akal Tepian Ilmu

Lubuk Akal Tepian Ilmu

Tak dimungkiri, belajar dilakukan untuk mendapat pengetahuan. Kita rela menyediakan waktu untuk belajar demi menjadi orang yang banyak pengetahuannya. Lubuk akal tepian ilmu.

Namun, banyak tahu saja tidak cukup. Banyak pengetahuan bukan tujuan belajar.

Ribuan batu bata yang ditumpuk begitu saja, tetap batu bata. Ia tidak berubah menjadi sesuatu. Namun, bila disusun secara tepat dan terencana, bisa menjadi sebuah bangunan. Setiap batu bata merupakan unsur pembentuk bangunan. Ada jaringan besar yang disebut konstruksi dan ada unsur-unsur penyusun yang berhubungan, bukan berdiri sendiri-sendiri. Konstruksi itulah yang dinamakan pembelajaran holistik.

Kalau murid sudah mengetahui sesuatu tetapi belum memahaminya, berarti dia baru memiliki tumpukan batu bata. Dia perlu menyusun konstruksi pengetahuan agar batu bata yang dimiliki menjadi bagian sebuah bangunan.

Ketika mendirikan sebuah bangunan, tentu kita tidak perlu menghafalkan setiap batu bata penyusunnya. Kita cukup mengetahui bagaimana desain bangunan tersebut. Ketika ada bagian bangunan yang perlu diperbaiki, kita tidak perlu mengingat seperti apa batu batanya. Cukup dengan mengetahui letak bagian yang rusak, kemudian memperbaikinya.

Seperti itu pula cara memahami sesuatu. Yang dibangun terlebih dahulu adalah gambaran besarnya. Kita akan lebih mudah menyusun puzzle ketika sudah mengetahui bentuk utuhnya. Akan sangat membuang waktu kalau kita menghafal gambar setiap keping puzzle, kemudian baru mencoba menyusunnya.

Pembelajaran secara holistik membangun pengetahuan secara utuh, bukan menjejalkan informasi. Hal yang penting dalam belajar adalah memuaskan rasa ingin tahu. Guru mempunyai peran membangkitkan rasa ingin tahu tersebut.

Lubuk akal tepian ilmu. Banyak pengetahuan, itu bagus. Namun, sama sekali belum cukup. Bagaimana supaya pengetahuan bermakna dan bermanfaat, itu jauh lebih penting.

#MerdekaBelajar

#GuruBelajar

#GuruPenulis

#sekolahprima

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post