suhud rois

Guru di SD Peradaban Insan Mulia. Penulis. Editor MediaGuru. Penggerak Komunitas Guru Belajar Nusantara. Pelatih Kampus Guru Cikal ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Percaya

Mempercayai bahwa murid mampu belajar dan berkembang itu penting bagi kemajuan mereka. Kalau tidak percaya bahwa murid bisa berkembang, buat apa guru membuat kegiatan belajar?

Dua hal yang mungkin terjadi ketika guru tidak percaya dengan kemampuan muridnya. Pertama, tidak peduli. Guru sebatas “menggugurkan kewajiban”. Ya, dalam tanda kutip karena ketika hanya mengajar saja, tidak peduli bagiamana murid belajar, sesungguhnya kewajiban sebagai guru belum tertunaikan.

Kedua, banyak melakukan intervensi. Ini juga membuat murid tidak banyak belajar. Membantu murid belajar itu bukan dengan menyuapi mereka. Bukan selalu menunjukkan dan memberi tahu.

Ketika guru percaya kepada murid, sesungguhnya dia sedang membangun harapan. Hanya akan jadi angan-angan kalau harapan itu tidak realistis. Nah, supaya tidak menjadi angan-angan, harapan yang dibangun guru disesuaikan dengan kondisi murid. Ini berarti guru harus mengenali murid, mengetahui gambaran besar kondisi mereka.

Kepercayaan guru kepada murid akan membantu murid berpikir bahwa mereka mampu. Bisa jadi sebelumnya mereka tidak tahu bahwa diri mereka mampu. Saat merasa mendapat kepercayaan, rasa percaya diri mereka terangkat, merasa dihargai, dan merasa mampu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren pak ulasanya

11 Jan
Balas

Mantap ulasannya keren

21 Sep
Balas

Sangat inspiratif. Salam literasi.

18 Aug
Balas

Wwaw keren ulasannya

21 Jan
Balas

Mantap ulasannya

26 Sep
Balas

Betul..setiap anak lahir dengan membawa potensi luar biasa. Kewajiban orang dewasalah untuk kemudian memantik potensi itu untuk berkembang dan meninggi mengikuti impian yang telah dicanangkan.

28 Jan
Balas



search

New Post