Sujarwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Literasi Jawa Timur Semakin Beraksi 'Ojo Dibandingke, Yo Mesti Menang E'

Literasi Jawa Timur Semakin Beraksi 'Ojo Dibandingke, Yo Mesti Menang E'

Jawa Timur provinsi paling timur Pulau Jawa dengan ibu kota Surabaya, kota yang tak asing lagi terdengar bagi masyarakat Jawa Timur khususnya dan masyarakat seluruh Indonesia pada umumnya. Jawa Timur termasuk provinsi yang sangat eksotis dari berbagai keanekaragaman hayati, berupa alam yang terbentang luas, budaya yang khas, ras, suku, agama, bahkan Jawa Timur tak pernah ketinggalan, selalu mengedepankan budaya literasi.

Jawa Timur selalu ikut .andil serta berperan aktif dalam pengembangan dan peningkatan budaya literasi di tanah air. Litersi gencar Jawa Timur semakin pintar dalam pemberdayaan berliterasi. Penggiat dan penulis Jawa Timur tak kalah dengan provinsi yang lain. Jawa Timur semakin oke. Jawa Timur “Ojo Dibandingke Yo Mesti Menang e”. Jawa Timur selalu mengajak kepada masyarakat untuk berkemampuan dan ketrampilan apakah membaca, menulis, berhitung dan memecahkan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari melalui literasi.

Berbicara literasi semakin hari semakin enak dinikmati. Literasi menjadi inspirasi setiap insan manusia. Penggiat dan penulis Jawa Timur dari berbagai kalangan, baik masyarakat bawah, menengah, atas maupun pelajar, Ternyata pendidik dari provinsi Jawa Timur selalu mendominasi dalam berliterasi.. Semua termotivasi dan tergerak untuk berkarya, berkreasi dalam meraih mimpi demi memajukan dan menjaga terwujudnya keberadaan budaya literasi.

.Literasi sangat penting dalam kehidupan ini. Dengan literasi seakan menggugah hati, menghentakan hati untuk mau dan dapat menuangkan gagasan atau ide-ide cemerlang. Literasi tidak hanya membaca, menulis tetapi juga dapat menghasilkan karya yang dapat dibaca, dinikmati, dikenang dan dapat menjadi teladan untuk orang lain. Karya tersebut bisa buku fiksi maupun non fiksi. Semua tergantung pada masaing- masing penggiat literasi dan sesuai dengan ide yang diharapakan.

Banyak cara yang harus ditempuh untuk mau dan menjadi penggiat literasi ,diantaranya adalah :

Niat

Dengan niat untuk mau melakukan sesuatu apakah menulis atau yang lain

akan menjadi harapan besar untuk mendapatkan sebuah hasil. Dengan niat

yang positif mudah-mudahan akan mendapatkan hasil yang positif juga.

Literasi semakin menjadi dengan niat yang keluar dari hati sanubari.

Percaya diri

Dalam berliterasi harus yakin, tampil semaksimal mungkin dalam menghasilkan sebuah karya apa pun misal adalah tulisan .Tidak perlu takut karena hasil jelek , bahkan berpendapat banyak kesalahan. Semua tidak perlu dipedulikan biarkan apa yang dituangkan dalam bentuk apa pun yang penting mengalir dan tetap belajar untuk mau berkarya.

Memanfaatkan Panca indra

Panca indra dapat menjadi sumber bahan untuk menciptakan atau mencetuskan gagasan atau ide. Gagasan atau ide datang setiap saat sesuai dengan apa yang kita lihat, dengar, rasa, cium, raba,dan sebagainya. Melalui indra kita akan memudahkan kita dalam mengembangkan dan meningkatkan kebolehan kita dalam mengolah atau merangkaikan sebuah kata.

Membaca

Membaca hendaknya sering kita lakukan setiap hari. .Membaca dapat menjadi inspirasi sehingga banyak ide-ide yang kita dapatkan. Dengan membaca akan menambah wawasan, pengetahuan, perbendaharaan kata kita Dengan membaca akan banyak hal yang dapat kita jadikan pengalaman berharga dan dapat digunakan sebagai acuan dalam berliterasi.

Itulah beberapa hal yang dapat menggugah seseorang mau berliterasi. Di zaman yang semakin canggih tanpa literasi sekan tak berarti. Budaya literasi perlu ditumbuhkembangkan karena dengan literasi berarti ikut mewujudkan , melestarikan budaya literasi. Khususnya masyarakat Jawa Timur literasi semakin beraksi .Ojo Dibandingke, Yo Mesti Menang E. Tidak ada yang menandingi. Maju literasinya tentu saja semakin banyak meraih prestasinya.

Pemberdayaan literasi sangat banyak manfaat yang kita peroleh. Dengan berlitersi orang akan mendapatkan dan memiliki pemahaman yang lebih tidak mudah terhasut oleh informasi yang tidak benar. Dengan literasi akan dapat meningkatkan budi pekerti seseorang. Dalam bertindak maupun bertutur kata. Dengan berliterasi akan menambah pengalaman, pengetahuan dan wawsan yang luas pada diri kita.

Mari membudayakan literasi dengan sebaik-baiknya dan dilaksanakan secara maksimal untuk memotivasi diiri dalam berkreasi, berinovasi dalam membudayakan literasi.. Sebagai warga Jawa Timur harus ikut menjaga dan berpatisipasi aktif berliterasi agar bisa dijadikan sumber inspirasi bagi daerah lain. Jawa Timur harus bisa. Jawa Timur harus menang ojo dibandingke mesti menang e. Tak usah ragu dan tak usah bimbang. Dengan Tekad yang bulat dan niatan yang tinggi literasi pasti akan terbukti.

Tetap semangat dan terus berkarya.. Salam hangat para penggiat literasi yang semakin percaya diri. Maju terus untuk berkreasi untuk meraih prestasi.

Penulis:

Nama Sujarwati, S.Pd. Lahir di Banyuwangi. Tempat tinggal saat ini di Kota Jember , Bekerja sebagai guru Bahasa Indonesia di MTs.N 7 Jember sampai saat ini.Nomor HP :081336609956.Email : [email protected].

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya bunda, semoga menang. Salam Literasi

09 Oct
Balas

Teri kasih salam balik ibu.Tetap semangat

09 Oct



search

New Post