Sukadi_andro

Manusia dilahirkan untuk terus belajar. Belajar dengan siapa saja. Dengan menulis kita bisa belajar apa saja....

Selengkapnya
Navigasi Web
Dayang Sumbi

Dayang Sumbi

Penulis : Sukadi.

#TantanganMenulis365Eps2

#Gurusiana Hari ke-579

//

Setiap berkunjung ke suatu tempat atau daerah kita akan disuguhkan imajinasi daerah tersebut yang mempunyai kisah asal usul sendiri dan diceritakan turun-temurun oleh masyarakat setempat. Tentu cerita itu tersiar bukan hanya di wilayah sekitar saja, namun juga tersebar ke luar daerah secara luas.

Seperti imajinasi saya yang menelusup keluar sudut-sudut relung jiwa membuncah kisah yang pernah saya baca. Kebetulan saya sedang berada di destinasi wisata paling favorit di Bandung yakni Gunung Tangkuban Perahu. Erat dengan dongeng legenda Nusantara Sangkuriang.

Banyak orang tahu kisah legenda Sangkuriang jatuh cinta kepada ibunya bernama Rarasati atau dikenal Dayang Sumbi. Bahkan si Sangkuriang ingin menikahinya. Dayang Sumbi tentu saja menolak karena ia mengetahui bahwa pria yang hendak melamarnya adalah putranya sendiri. Penasaran dengan lanjutannya, silahkan baca sendiri atau bisa berselancar di ruang baca maya, karena saya tidak mengulas ending kisah Dayang Sumbi dan Sangkuriang meski judul tulisan ini Dayang Sumbi.

Saya lebih pada apa yang saya lihat dan rasakan berada di Gunung Tangkuban Perahu. Menakjubkan. Luar biasa indah, menyuguhkan suhu udara sejuk serta panorama kawah yang memikat arang ditemukan di tempat wisata di daerah lain. Indahnya pemandangan kawah gunung meski mengeluarkan aroma belerang yang menyengat sebagai ciri khas tersendiri ketika berada di gunung Tangkuban Perahu.

Tidak ketinggalan pesona yang selalu saya cari dimana pun adalah bisa menyeruput secangkir kopi tanpa gula. Apalagi ditemani sepiring gorengan. Rasanya mantab jiwa raga. Ayo kapan lagi kesini. Gunung Tangkuban Perahu menyisakan pesona istimewa

//

Bandung, 28 September 2023

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Awal tulisan yg menumbuhkan penasaran pak Sukadi Andro, enjoy your trip

28 Sep
Balas



search

New Post