Sukadi_andro

Manusia dilahirkan untuk terus belajar. Belajar dengan siapa saja. Dengan menulis kita bisa belajar apa saja....

Selengkapnya
Navigasi Web
Launching Erapor Kurikulum Merdeka
Sumber gambar kemendikbudristek

Launching Erapor Kurikulum Merdeka

Penulis : Sukadi.

#TantanganMenulis365Eps2

#Gurusiana Hari ke-346

//

Rabu, 30/11. Kemendikbudristek melalui zoom meeting dan channel youtube melaunching eRapor Kurikulum Merdeka untuk Satuan Pendidikan jenjang SD, SMP, SMA, SMK, SLB, SKB dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Erapor merupakan salah satu terobosan dalam kurikulum merdeka yang lebih mudah dan sederhana dengan tujuan mempermudah guru dalam mengisi rapor sekaligus guru tidak merasa terbebani dengan berbagai macam penilaian.

Aplikasi ini juga terkoneksi dengan Dapodik sebagai sumber data sehingga guru tidak perlu lagi menginput data peserta didik di eRapor. Berdasar paparan narasumber, proses aplikasi eRapor didasari oleh data yang terdapat pada Dapodik masing-masing satuan pendidikan. Maka kata kunci utama dari proses rapor berjalan lancar dan sesuai, dipastikan data Dapodik sudah valid dan benar. Artinya operator dapodik berperan penting dalam kevalidtan sajian data.

Ada tiga person di satuan pendidikan yang menjadi alur dalam e rapor kurikulum merdeka yakni administrator, guru dan wali kelas.

Administrator bertugas mendaftarkan Webservice, mengambil data dapodik, membuat data user, menyesuaikan referensi tema, dimensi, elemen-subelemen dan target capaian P5, menyusun kelompok/kelas dan fasilitator projek, membackup restore data erapor.

Tugas guru menginput tujuan pembelajaran yang telah disusun, menyiapkan penilaian, mengisikan 1 nilai akhir semester, menginput capaian dan catatan projek P5 serta menginput nilai ekstrakurikuler.

Sedangkan tugas wali kelas dalam eRapor ini memgedit data siswa, menginput rekap kehadiran, nilai ekstrakurikuler, menginput kenaikan kelas dan mencetak leger rapor intra dan rapor projek.

//

Magetan, 30 November 2022

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post