Sukadi_andro

Manusia dilahirkan untuk terus belajar. Belajar dengan siapa saja. Dengan menulis kita bisa belajar apa saja....

Selengkapnya
Navigasi Web
REFLEKSI DAN INOVASI PENGUNGKIT PRESTASI

REFLEKSI DAN INOVASI PENGUNGKIT PRESTASI

Penulis : Sukadi.

#TantanganMenulis365Eps2

#Gurusiana Hari ke-585

//

Saya tertarik dengan lomba menulis MediaGuru bulan Desember 2023 yang mengambil tema Refleksi, Inovasi dan Prestasi. Meski setiap bulan sebelumnya saya tak pernah absen mengirimkan naskah lomba, namun lomba menulis MediaGuru bulan Desember ini menjadikan diri saya lebih terpacu dan bersemangat untuk mengkilas balik dan merefleksi diri atas pencapaian yang sudah saya raih dan lakukan selama ini. Pun demikian sebagai manusia senantiasa sadar akan keterbatasan dan kekurangan terdorong untuk berusaha terus memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik dan tangguh dalam menjalani kehidupan.

Saya merenung dan bertanya pada diri sendiri kemudian menjawab pertanyaan sendiri. Apa yang sudah saya lakukan? Apa yang sudah saya peroleh? Apa kelemahan dan kekuatan diri saya? Dengan mengajukan beberapa pertanyaan tersebut, sebagai salah satu cara saya untuk memahami diri sendiri, mengelola emosi dan merancang perubahan positif.

Tidak berhenti disitu, saya harus mengaktualisasikan pertanyaan-pertanyaan itu dengan mencatatnya dalam notes berupa pengalaman yang saya peroleh, perasaan yang saya alami dan ide gagasan yang muncul dan menuangkannya dalam tulisan setiap hari di Gurusiana MediaGuru. Pribadi yang tertata dalam berpikir dan bertindak, pasti menyusun dan menuliskan refleksinya atau menginstrospeksi dirinya agar lebih termotivasi untuk mewujudkan setiap detail harapan yang telah direncanakan.

Dengan demikian setiap pergantian tahun bagi saya merupakan sebuah refleksi untuk kembali menata diri agar tujuan hidup lebih terarah, bermakna dan bermanfaat bagi kehidupan serta orang lain. Terlebih sebagai seorang guru harus tetap mengobarkan semangat diri dan menghalau segala tantangan guna menjadi guru yang terus mau berinovasi demi kemajuan dunia pendidikan.

Bagaimana caranya? Sebagai guru yang sadar akan perubahan, menghadapi sebuah masa yang penuh dengan ketidakpastian, dimana terjadi perubahan yang begitu cepat bahkan tanpa kita sadari, hal ini membuat saya tidak bisa hanya berlari-lari kecil, tapi harus memacu langkah semakin cepat. Jawabannya adalah inovasi dan terus berinovasi agar saya tidak ketinggalan dengan era dan zaman yang terus berkembang.

Saya amat bersyukur dengan segala pencapaian yang telah saya raih selama ini. Terus konsisten mengikuti tantangan menulis setiap hari dan mengikuti lomba menulis MediaGuru setiap bulan tanpa henti. Hasilnya setiap mengikuti lomba menulis di MediaGuru nama saya selalu terpampang menjadi salah satu pemenangnya. Ini merupakan sebuah kebanggaan dan prestasi yang luar biasa bagi diri saya. Prestasi ini harus saya pertahankan dengan penuh komitmen. Bentuk keberhasilan atas upaya keras dalam menghandapi kendala hambatan yang selalu saja muncul yakni konsistensi dan komitmen. Karena mempertahankan yang telah diraih jauh lebih sulit daripada yang telah kita capai untuk pertama kalinya.

Cara saya dalam mempertahankan prestasi sebagai pemenang lomba menulis MediaGuru setiap bulannya adalah dengan inovasi dan terus berinovasi menjaga komitmen diri. Selain itu saya berusaha untuk tidak berhenti belajar. Membaca tulisan para gurusianer sambil mengembangkan wawasan berpikir agar ide tulisan tetap original, tulisan tidak keluar jalur tema dan keunikan cerita yang perlu di kedepankan. Dan yang tidak kalah pentingnya kelengkapan dan kerapian naskah sesuai dengan yang dipersyaratkan.

Cara lain yang mungkin tidak dilakukan orang lain adalah saya mengapresiasi diri saya sendiri. Menurut saya sebuah prestasi itu perlu mendapat apresiasi. Apresiasi itu tidak harus datang dari gubernur, bupati, kepala dinas, tetapi juga bisa datang dari diri kita sendiri. Bagi saya apresiasi terhadap diri kita sendiri itu juga merupakan sebuah prestasi, karena ada banyak orang yang lupa untuk memberikan apresiasi terhadap dirinya sendiri.

Dengan memberikan apresiasi terhadap diri kita sendiri rasanya saya lebih bersemangat menjalani hidup dengan penuh rasa percaya diri dan merasa bangga menjadi diri sendiri. Dengan demikian kepercayaan diri kita bisa meningkat karena kita yakin diri kita bisa menjadi yang terbaik. Mari selalu berusaha merefleksi diri sendiri, terus berinovasi sesuai dengan kapasitas diri yang tentu saja pada akhirnya dapat mengungkit sebuah prestasi dan prestasi.

Magetan, 20 Desember 2023

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post