Sukma Tanjung

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MERDEKA BELAJAR

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merdeka artinya bebas. Bebas dari hambatan dan tidak terikat. Sementara Belajar menurut KBBI adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu.

Merdeka belajar berarti bebas dalam usaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Dalam kurikulum merdeka belajar, pserta didik bebas untuk mendapatkan pendidikan berdasarkan bidang yang diminati. Bahkan pilihan tempat dudukpun didasarkan pada kenyamanan peserta didik.

Merdeka Belajar itu sendiri merupakan rancangan kebijakan baru Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dengan adanya merdeka belajar, peserta didik akan lebih leluasa menunjukkan kreativitasnya. Merdeka belajar memiliki tujuan yang tertuang dalam karakter dan kompetensi yang diharapkan pada peserta didik.

Karakter dan kompetensi itu tertuang dalam enam dimenai profil pelajar pancasila. Yaitu, Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, danberakhlak mulia, berkebinekaan Global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif. Melalui profil pelajar pancasila ini, peserta didik akan lebih dapat memahami apa itu merdeka belajar.

Merdeka belajar bukan berarti peserta didik bebas datang dan pulang sekolah semaunya. Bukan bebas dalam artian tidak akan mengerjakan tugaa jika tidak mau. Melainkan bebas dalam artian memilih jalan sesuai dengan minat dan hobi peserta didik itu sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post