Sulastri Lestari Koleksi

Perkenalkan, Sulastri lestari collection lahir tgl 14 Mei 1971, pernah menempuh pendidikan di SMA negeri 1 Tulungagung lulus tahun 1990, di di PMP KN IKIP malan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Melawan Lupa, Menguatkan Daya Ingat

Melawan Lupa, Menguatkan Daya Ingat

Lupa? Lupa adalah sifat alamiah manusia yang dibawa sejak lahir yang juga sifat yang merupakan anugerah Tuhan yang di berikan kepada manusia. Coba saja kalau otak kita bisa menyimpan semua peristiwa tanpa ada sifat lupa maka memori otak kita akan penuh. Untuk bisa tidur nyenyak adakalanya kita harus melupakan peristiwa peristiwa yang tidak menyenangkan yang mengganggu kondisi psikis kita sehingga psikis kita akan lebih tenang. Tetapi sebaliknya melupakan sesuatu yang penting akan berakibat fatal. Misalnya : Pada saat Anda mengikuti tes harus mengisi lembar jawaban computer tetapi lupa membawa pensil 2B maka anda tidak dapat mengisi lembar jawaban tersebut. Seorang pedagang yang lupa memberikan nota pembelian kepada pembelinya, akan menyulitkan pembeli saat mau ceking harga dan jumlah barang yang di belinya, lupa pada transaksi yang berhubungan dengan keuangan bisa menimbulkan ketidakpercayaan orang lain kepada kita.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mudah lupa. Misalnya kurang tidur, depresi dan stress tehadap masalah tertentu, kekurangan nutrisi. Terlalu banyak konsumsi minyak jenuh, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan, daging sapi, mentega, es krim dan sebagainya. kurang berolah raga, dan faktor usia juga menyebabkan mudah lupa. Disamping itu lupa bisa disebabkan oleh informasi yang tidak disimpan dalam ingatan jangka panjang kemudian tergantikan oleh informasi baru. Banyak informasi yang mirip satu sama lainya atau informasi tersebut hilang dengan sendirinya. Tetapi otak dapat bekerja lebih baik ketika mendapatkan tantangan.

Seseorang yang pernah mengalami traumatik akibat lupa, cenderung lebih disiplin dalam mempersiapkan apa yang dikerjakanya, dan memiliki kemampuan mengingat lebih kuat. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk menguatkan daya ingat misalnya: dari segi makanan jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula. Mengkonsumsi suplemen minyak minyak ikan, Luangkan waktu untuk meditasi, istirahat yang cukup. Membuat catatan catatan kecil untuk aktifitas yang akan dilakukan. Menjaga berat badan secara ideal. Memperhatikan kualitas tidur. Sempatkan berolah raga. Aktif bersosialisai. Berusaha mengurus diri sendiri. dan mengutamakan tugas yang menjadi prioritas.

Apabila Anda seorang pelajar, biasakan buat catatan catatan kecil mengenai hal hal penting yang disampaikan oleh guru di dalam kelas, lalu mempelajari catatan catatan tersebut selagi masih hangat misalnya sore hari saat sudah istirahat di rumah. Kemudian menganalisis catatan atau materi esensial tersebut untuk ditanyakan mana yang belum paham pada pertemuan dengan pelajaran yang sama pada minggu berikutnya. Seseorang yang memeiliki kemampuan mendengar, menulis, dan berbicara memiliki daya ingat lebih baik daripada yang menerima informasi begitu saja, tanpa mendiskusikannya kembali dengan teman atau dengan guru di dalam kelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post