Sulastri Lestari Koleksi

Perkenalkan, Sulastri lestari collection lahir tgl 14 Mei 1971, pernah menempuh pendidikan di SMA negeri 1 Tulungagung lulus tahun 1990, di di PMP KN IKIP malan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Melawan Malas, Melaju Cerdas

Melawan Malas, Melaju Cerdas

Melawan Malas

Malas adalah suatu perasaan di mana seseorang akan enggan melakukan sesuatu karena dalam pikirannya sudah memiliki penilaian negatif atau tidak adanya keinginan untuk melakukan hal tersebut, persepsi negatif tersebut muncul karena ada pengalaman yang tidak menyenangkan ketika mengerjakan hal yang sama. Tetapi perasaan malas tersebut seharusnya tidak perlu terjadi karena situasi kondisi lingkungan terkadang berubah rubah dan tidak selalu sama dengan kondisi sebelumnya, bisa jadi situasi baru akan lebih menyenangkan dan lebih baik dari situasi sebelumnya.

Malas yang pada saat saat tertentu muncul dalam kondisi psikis manusia disebabkan oleh beberapa faktor misalanya: Untuk anak anak sekolah salah satunya karena sulit memahami pelajaran. Lingkungan sekitar yang kurang mendukung prestasi seseorang dan tidak menghargai prestasi yang dicapai. Untuk mengatasi hal hendaknya kita menciptakan lingkungan senyaman mungkin. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk Nge-game membuat anak malas belajar, apabila seorang anak sudah nyaman dengan game yang sedang dimainkan secara otomatis akan malas untuk beranjak untuk belajar. Untuk mengatasi mood malas belajar maka harus mencari sisi sisi menarik dari pelajaran yang sedang dipelajari. Faktor lain penyebab malas adalah sarana yang tidak mendukung. Untuk mengatasi sarana yang tidak mendukung diperlukan pengadaan sarana sarana dasar untuk belajar misalnya meja , kursi, penerangan. Keadaan yang tidak sehat, badan yang lesu kurang vitamin dan gizi membuat badan lemas tidak bergairah. Rendahnya etika atau norma sopan santun dalam bergaul juga menjadi faktor penyebab rasa malas. termasuk melakukan hal hal yang tidak disukai. Kurangnya rasa percaya diri membuat orang selalu menyerah sebelum bertanding selalu menyuruh orang untuk mengerjakannya. Menilai segala sesuatu dengan uang juga membuat seseorang terlalu perhitungan dengan pekerjaan yang membawa dampak negatif penilaian orang lain sehingga orang lain enggan untuk membuka kerjasama.

Menurut informasi melalui live science para peneliti melakukan pemindaian melalui MRI untuk meneliti motivasi dan rasa malas. Hasil scan menunjukkan ketika orang memutuskan melakukan sessuatu korteks pra motor pada otaknya akan menyala sebelum titik lain di otak yang mengendalikan gerakan menjadi aktif. Namun pada orang yang malas korteks tersebut tidak menyala karena koneksinya terputus. Peneliti menduga koneksi otak untuk yang menghubungkan keputusan untuk melakukan sesuatu menjadi kurang efektif pada orang malas. Ciri ciri orang malas misalnya, mau mudah saja, pandai bicara dan memerintah orang, pandai cari muka, sangat Menghabiskan waktu untuk hal hal yang tidak penting dan tidak produktif, suka mengandalkan orang lain, suka bergantung kepada orang lain.

Menurut pakar psikologi seseorang berperilaku malas terhadap pekerjaan atau kegiatan karena tidak memiliki motivasi yang kuat setiap kali mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu perlu cara untuk mengatasi malas tersebut. Menurut Dollard seorang ahli psikologi perilaku manusia terbentuk karena faktor kebiasaan. Jika seseorang terbiasa rajin dan bersemangat maka ia selalu rajin dan bersemangat, sehingga harus ditanamkan kebiasaan untuk membuat daftar penggunaan waktu yang efektif untuk orang yang masih punya kebiasaan malas. Orang yang memiliki cita cita atau impian besar tetapi malas maka cita cita yang besar tersebut hanya tinggal impian. Karena tidak ada usaha yang serius. malas akan membawa kepada kesusahan dan penderitaan dibelakang hari. Untuk membangkitak semangat hal yang bisa dilakukan misalnya sering berkomunikasi dengan orang sukses dan selalu memberi motivasi kepada kita dalam menghadapi aktifitas apapun yang kita hadapi, membuat target kerja, selalu berusaha bertanggung jawab dengan berbagai kewajiban yang harus dikerjakan serta membuat janji dan menepati janji baik itu kepada diri sendiri maupun kepada orang lain, juga mengerjakan hal hal yang menynangkan dan menarik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post