Sulastri, S.Pd.SD

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Lokakarya 5 CGP Angkatan 3 Banyuwangi
Foto kegiatan Lokakarya 5

Lokakarya 5 CGP Angkatan 3 Banyuwangi

Minggu 27 Februari 2022

Hari ini, Minggu tanggal 27 Februari 2022 adalah jadwal saya mengikuti lokakarya 5 di program Calon Guru penggerak ( CGP ) Angkatan 3 Kabupaten Banyuwangi. Alhamdulillah hari ini saya diberikan kesehatan untuk dapat hadir, sebab sudah beberapa hari saya mengalami sakit dan harus istirahat drumah. Pukul 6.30 wib saya berangkat dari rumah dengan hati senang dan bermacam-macam yang saya pikirkan. Namun saya tetap selalu berpikir positif agar tubuhku bisa tetap bugar dan dapat mengikuti kegiatan lokakarya dengan lancar. Kali ini tempat Lokakarya 5 berbeda dari sebelumnya yaitu di Hotel Aston Banyuwangi sedikit lebih jauh dari biasanya yang berjarak sekitar 40 km dari tempat tinggalku. Selama 1 jam perjalanan akhirnya saya sampai pada lokasi kegiatan, dan akhirnya saya bertemu kembali dengan para Calon Guru Penggerak yang ada di Banyuwangi.

Pada pukul 08.00 wib kegiatan lokakarya di mulai, seperti biasa di awal kegiatan kami saling memperkenalkan diri dan saling mengungkapkan perasaan yang di alami saat ini dengan sebuah gambar dan menjelaskan apa makna dari isi gambar itu. Satu persatu para CGP sudah mengungkapkan perasaanya, dan selanjutnya tiba pada giliran saya. Saya menggambar emoticon gembira dan khawatir, yang pertama saya gembira dan senang karena waktu lokakarya yang di tunggu-tunggu sudah tiba. Untuk emoticon kedua yaitu gambar khawatir, kerena setiap kali lokakarya memang saya selalu bertanya-tanya tugas apalagi yang nanti akan diberikan oleh pengajar praktik kami. Tak lupa saya menyampaikan Program Calon Guru Penggerak ini memang sangat luar biasa dan banyak sekali Lika – liku yang saya hadapi antara lain adalah sakit selama kurang lebih 3 bulan. Dari sakit itu saya dituntut untuk menyelesaikan tugasku sebagai CGP dengan tepat waktu, disisi lain saya harus terus berusaha untuk melawan sakit itu. Alhamdulillah berjalannya waktu saya dapat menyelesaikan semuanya dengan baik tanpa harus ada yang terlewati.

Selanjutnya semua CGP harus melakukan evaluasi diri apa saja yang sudah berkembang dan apa saja yang belum berkembang selama mengikuti program Guru Penggerak ini. Selain itu kita juga harus menyebutkan faktor apa yang menghambat dan strategi apa yang akan dilakukan untuk pengembangan tersebut. Pada kertas Plano besar kami kembali menggambarkan apa yang sudah dan belum kita lakukan, dan selanjutnya adalah presentasi. Saya merasakan suasana kelas yang kondusif dan sangat menyenangkan bersama tiga pengajar praktik yang luar biasa. Setelah beberapa kegiatan kami lalui tiba waktunya pukul 12.00 untuk Ishoma.

Pada sesi kedua kami masih semangat untuk melanjutkan kegiatan ini dengan tugas-tugas baru dari PP. Banyak sekali cerita yang bermacam-macam dari para CGP tentang keluh kesah mereka selama mengikuti Guru penggerak maupun bagaimana cerita mereka ketika di lembaga masing-masing dimana stakeholder yang mungkin masih kurang mendukung. Saya mengambil banyak pelajaran dari cerita semua CGP, bahwa ketika kita melakukan suatu kebaikan terkadang tidak semua orang menilai baik dan mensupport apa yang kita lakukan. Motivasi dari PP Bapak Mashudi, “ Saya memang bukan yang terbaik, tapi paling tidak saya adalah orang pertama yang menginspirasi orang lain, dan selanjutnya tetap lakukan yang terbaik “. Bagiku setiap kita melangkah pasti ada hambatan atau kerikil yang harus kita lalui, memang tak mudah namun ketika keikhlasan itu sudah tertanam dalam diri semua akan baik-baik saja atas ijinNya. Disini kami semua CGP merenung dan berusaha untuk terus evaluasi diri dengan melakukan refleksi untuk diri sendiri. Waktu terus berjalan dan Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan apa yang menjadi kegiatan kami hari ini.

Tepat pukul 16.00 wib kegiatan lokakarya 5 sudah selesai, namun kami kelompok 10 tidak segera meninggalkan tempat, kami masih mencari tempat yang nyaman untuk mengungkapakan keluh kesah kami. Di halaman samping bebas rokok kami kembali sharing dan ngobrol tentang bermacam-macam hal, sesuatu yang sangat saya sukai ketika kami bisa bertukar fikiran dengan team yang sangat luar biasa ini. Setelah kami sudah merasa cukup untuk berkolaborasi, kami pulang kerumah masing-masing.

Alhamdulillah saya sampai dirumah pada pukul 17.30 dengan selamat dan tentunya dengan membawa segudang ilmu dan hikmah yang saya peroleh selama mengikuti lokakarya 5 di hotel Aston dalam satu hari ini, membuat saya tetap semangat untuk terus melangkah.

@ Lastri

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang keren Bu, semoga sukses selalu.

01 Mar
Balas

Aamiin ya Allah.. terimakasih Bu Sukses juga buat Bu Tri Kusmihartati

01 Mar

Keren...semoga selalu sukses..

28 Feb
Balas

Aamiin ya Allah... terimakasih bapak Siswandi..sukses juga buat bapak.

28 Feb



search

New Post