Sulistiyo

Saya seorang Guru Garis Depan (GGD) yang ditempatkan di Pedalaman Sumba Timur NTT...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sekilas tentang Workshop Penyederhanaan RPP moda daring dan luring P4TK PKn dan IPS

Sekilas tentang Workshop Penyederhanaan RPP moda daring dan luring P4TK PKn dan IPS

Sekilas tentang Workshop Penyederhanaan RPP moda daring dan luring

Terbitnya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019, ditujukan untuk menyederhanakan RPP. Sehingga komponen yang wajib ditulis dalam dokumen RPP dan dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran adalah komponen inti yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment).Sementara komponen-komponen lain bersifat sebagai pelengkap.

Bagaimana dengan format RPP?

Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP sebab tidak ada format yang baku. Guru memiliki kebebasan untuk menggunakan format RPP yang sudah ada atau menyusun sendiri RPP dengan mencatumkan komponen inti tersebut dan memperhatikan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik. RPP Berdasarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tidak secara eksplisit mengatur jumlah lembar dan halaman dalam penyusunan RPP.

Namun demikian, dengan memperhatikan hanya ada tiga komponen inti dalam RPP serta dengan berpedoman pada prinsip efektif dan efisien, maka dalam penyusunan RPP tidak perlu menghabiskan banyak halaman dan lembar kertas, sehingga RPP cukup disusun hanya dengan satu halaman saja atau jika tidak memungkinkan dapat ditulis satu lembar (dua halaman bolak balik). Namun demikian, guru dapat menambahkan komponen-komponen lain yang dinilai perlu dan penting oleh guru yang bersangkutan yang akan melaksanakan RPP.

Inilah inti dari kegiatan dari Workshop Penyederhanaan RPP moda daring dan luring yang di selenggarakan P4TK PKn dan IPS dari tanggal 10-17 juni 2020.

Selain itu ada kabar menggembirakan yang saya dengar dari kegiatan ini. Yaitu terkait rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan membuat platform daring atau aplikasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Digitalisasi RPP ini merupakan bentuk penyederhanaan urusan administratif bagi guru atau tenaga pendidik. Aplikasi RPP ini akan mempermudah guru dalam menyiakan kegiatan pembelajaran. RPP ke depannya bisa diselesaikan hanya dalam waktu dua menit. Namun belum dapat dipastikan kapan akan diluncurkan. Semoga saja segera terealisasi sehingga kita semua dapat segera merasakan manfaatnya.

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan Workshop yang diselenggarakan oleh P4TK PKn dan IPS. Bertemu dengan para Narasumber yang luar biasa dan guru-guru hebat dari seluruh Indonesia merupakan pengalaman yang luar biasa. bisa bertukar pengalaman dengan sesama guru PPKn seluruh Indosesia menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Mudah-mudahan saya bisa menerapkan ilmu yang saya dapat di sekolah. Semoga di lain waktu kesempatan ini bisa teruang lagi.

Sumber bacaaan : Materi Workshop

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap dan salut guru PKn & IPS

18 Jun
Balas



search

New Post