Sumarni Yusuf, S.Pd.,M.Pd.

Sumarni Yusuf, S.Pd., M. Pd. Nama pena yang digunakan adalah Nanny Sumarni Yusuf. Lahir di Sungguminasa, Gowa, 22 Februari 1973. Anak p...

Selengkapnya
Navigasi Web
Orang Tua Peserta Didik Kelas I SD Serahkan Hasil Ulangan dari Rumah

Orang Tua Peserta Didik Kelas I SD Serahkan Hasil Ulangan dari Rumah

Penulis : Sumarni Yusuf, S.Pd., M.Pd.

Keadaan Pandemic Covid-19 yang belum membaik hingga kini membuat peserta didik belajar dari rumah (BDR) melalui media group WA, Classroom, Webex, dan lain-lain. Guru hendaklah berusaha tersambung dengan peserta didiknya dengan berbagai metode. Tidak semua warga negara Indonesia memiliki keadaan ekonomi yang menggunakan media digital atau media online yang membutuhkan data atau pulsa sebagai sarana penghubung guru dan siswa. Hal ini disebabkan oleh tingkat perekonomian masyarakat Indonesia yang berbeda-beda.

Pembelajaran di masa covid-19 telah berlangsung selama kurang lebih satu semester di tahun pelajaran 2019/2020. Tindak lanjut dari Belajar dari rumah (BDR) melalui pengerjaan tugas-tugas melalui WA Group diakhiri dengan ulangan dari rumah (UDR) Semester Genap. Peserta didik sebagai pembelajar hendaklah mengakhiri masa belajar dari rumah dengan ulangan/ujian semester, tutur Ibu Hartati, wali kelas I B SDI Tetebatu.

Media yang digunakan perihal ulangan semester ini disesuaikan dengan tingkatan kelas. Siswa kelas I SD Inpres Tetebatu, Kec. Pallangga, Kab. Gowa misalnya mengharapkan orang tua peserta didik /perwakilan orang tua dapat mengambil soal ulangan anaknya langsung dari guru wali kelas. Peserta didik kelas I SD belum sepenuhnya dapat berhadapan dengan laptop/hp orang tuanya untuk ujian online. Jadi, setiap orang tua mengambil lembaran-lembaran ujian untuk satu minggu ke depan. Pengambilan soal ulangan dapat diwakili. Hal yang terpenting adalah bahwa soal-soal yang tercetak itu dapat sampai ke hadapan siswa kelas I SD dan melaksanakan ulangan semester genap di rumah masing-masing.

Mulai hari Senin, 15 Juni 2020 pukul 08.00-11.30 – Jumat, 19 Juni 2020 pukul 08.00-09.30 ulangan semester genap 2019/2020 berlangsung di rumah masing-masing dipantau oleh orang tua peserta didik. Hasil ulangan diserahkan oleh orang tua peserta didik kepada wali kelas pada hari ini, Sabtu, 20 Juni 2020.

Penyerahan hasil pekerjaan peserta didik Kelas I SD dilengkapi foto bukti mengerjakan ulangan semester genap dengan menggunakan seragam sekolah sesuai hari penggunaan kostum seragam tersebut. Foto dikirim melalui WA Group belajar peserta didik sesuai hari dan jam ulangan berdasarkan jadwal yang telah dibagikan di WA group. Kegiatan pembelajaran di rumah diperkuat pula oleh bukti video peserta didik belajar dari rumah. Bagi orang tua yang memiliki kuota habis dapat memperlihatkan bukti Ulangan dari rumah (UDR) kepada wali kelas pada saat menyerahkan hasil tes ulangan hari ini, Sabtu, 20 Juni 2020.

Tetaplah semangat untuk para peserta didik. Semangat kalian adalah modal besar untuk tetap melanjutkan proses pembelajaran di masa Covid-19 ini. Demikian pula kepada orang tua peserta didik tetaplah bersabar mendampingi anaknya dan jadilah guru yang baik sekaligus menjadi pengawas ujian/ulangan peserta didik di rumah. Guru berharap orang tua siswa membantu proses pembelajaran di rumah masing-masing.

Proses pembelajaran berakhir pada bulan ini dengan penerimaan rapor peserta didik insya Allah Sabtu depan, 27 Juni 2020. Demikian pernyataan Ibu Hartati, salah seorang wali kelas di SD Inpres Tetebatu, Kec. Pallangga, Kab. Gowa, SulSel. Semoga peserta tetap dapat belajar di rumah masing-masing dan naik kelas ke jenjang berikutnya mesti masa Pandemic Covid-19 belum membaik. Semoga pandemic Covid-19 segera menjauh dari bumi ini agar pendidikan kembali normal. Aamiin. [SY]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

hehehe hari ini menerima rapor pandemi nih. anak saya juga. semangat terus ya...salam

20 Jun
Balas

Salam kenal dari SulSel, BuTerima kasih telah singgah membaca.

20 Jun



search

New Post