SUMARTONO

Sumartono, lahir Jember, 06 Juni 1972. Mengamalkan ilmu di SMKN 4 Bondowoso. Alamat rumah Jelbuk Jember Jawa Timur. Jadikanlah setiap aktifitas sebagai ib...

Selengkapnya
Navigasi Web
DIGUGU DAN DITIRU

DIGUGU DAN DITIRU

MAKNA DIGUGU DAN DITIRU

Kita sering mendengar kata digugu dan ditiru dalam kehidupan sehari hari. Kata tersebut digunakan untuk untuk memberikan motivasi kepada kita supaya bisa menjaga tata tingkah laku dalam setiap pergaulan.

Digugu berasal dari bahasa Jawa yang artinya dipercaya dan dipatuhi, sedangkan ditiru artinya dicontoh dan diteladani. Kata tersebut, biasanya diberikan kepada seorang guru, baik guru formal maupun non formal. Kehadiran sosok guru di tengah – tengah anak didik menuntut guru lebih memaksimalkan perannya, tidak semata sebagai pendidik, namun juga pemberi dan pemantik inspirasi bagi anak didiknya. Guru juga harus bisa memberikan pencerahahan bagi anak didiknya dan mampu melahirkan siswa yang tangguh, siap menghadapi aneka tantangan sekaligus memberi perubahan yang hebat bagi kehidupannya.

Guru adalah contoh terdekat bagi anak-anak didik disamping keluarganya di rumah. Maka guru harus mampu menginspirasi anak didik dengan segala tindakan dan ucapanya . Guru bisa menginspirasi anak didik dari hal-hal yang kecil, misalnya jujur dalam bertindak, berkarya, menulis, dan berkata dengan santun. Jika Posisi guru bisa seperti itu maka sangatlah pantas ia menjadi panutan dan inspirasbagi anak didiknya .

Pertanyaan yang sangat mendasar yaitu, sudahkah kita sebagai guru bisa digugu dan ditiru?

Semoga bermanfaat, amiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya Mas. Semoga semua guru adalah teladan bagi siswanya. Aamiin. Sukses selalu

26 Dec
Balas

InsyaAllah. Salam kenal, saya ngajar di SD Taman 2 Grujugan.

25 Dec
Balas



search

New Post