SUMARTONO

Sumartono, lahir Jember, 06 Juni 1972. Mengamalkan ilmu di SMKN 4 Bondowoso. Alamat rumah Jelbuk Jember Jawa Timur. Jadikanlah setiap aktifitas sebagai ib...

Selengkapnya
Navigasi Web
FASILITATOR DAN PIP

FASILITATOR DAN PIP

FASILITATOR DAN PIP

Salah satu kebijakan pemerintah khususnya dalam pemulihan proses pembelajaran dampak dari masa pandemi yaitu kurikulum merdeka. Dalam melaksanakan kurikulum merdeka ada beberapa hal program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diantaranya adalah Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keungggulan.

SMK PK (Pusat Keunggulan) memerlukan seorang fasilitator. SMK PK menggunakan konsep fasilitator/pendamping dalam programnya karena yang diharapkan terjadi pada sekolah dampingan bukan hanya perubahan pada kurun program, namun juga pembelajaran atau perubahan perilaku secara berkelanjutan, melampui kurun programnya sendiri. Pembiasaan refleksi diharapkan dapat menumbuhkan budaya organisasi pembelajar di sekolah sendiri, termasuk di antara aktor-aktor di dalam sekolah.

PIP yaitu Pendampingan Implementasi Pembelajaran. Dalam melaksanakan kurikulum merdeka, perlu dikawal supaya kegiatannya terarah, maka perlu pendampingan.

Semoga bermanfaat,

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post