Sumiati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi-19

wabah virus coro sejak akhir 2019 yang melanda sebagian besar negara di dunia, bahkan saat ini sudah menjadi pandemi global sangat mempengaruhi taruna kehidupan manusia.

Dampak ini dirasakan hampir diseluruh aspek kehidupan manusia, baik aspek kesehatan,ekonomi,sosial maupun aspek pendidikan.

Bagaimana tidak,dalam aspek pendidikan misalnya, sebelum pandemi anak-anak hampir setiap hari bertemu dengan bapak ibu guru mereka untuk saling berbagi ilmu pengetahuan,bertemu dengan kawan-kawan mereka untuk bermain dan belajar,namun semua itu menjadi hal yang sangat dilarang di tengah pandemik covid-19 ini demi alasan kesehatan dan merebaknya virus cowonya ini lebih luas lagi.

Tentu saja hal ini menjadi perhatian khusus bagi para pemikir pendidikan, bagaimana caranya anak-anak masih bisa belajar di tengah pandemik covid-19.akhirnya muncullah ide bahwa salah satu metode yang digunakan pada masa pandemik ini adalah dengan pembelajaran moda daring.

Pembelajaran moda daring memang bisa menjadi salah satu alternatif pembelajaran karena dalam model pembelajaran ini tidak terjadi kontak fisik antar orang sehingga kecil sekali terjadi penularan virus coro dalam prosesnya.

Namun pada tingkat implementasinya bermunculan berbagai kendala dan masalah dari berbagai wilayah di negara indonesia. Tidak semua wilayah indonesia dapat mengakses jaringan internet, tidak semua siswa mempunyai hp android, tidak semua siswa memahami dunia internet,hal-hal di atas menjadi masalah yang sering muncul kenapa pembelajaran moda daring ini kurang efektif di wilayah-wilayah tertentu di negara indonesia.

Namun demikian, pembelajaran model daring ini masih bisa dijadikan pilihan alternatif untuk wilayah-wilayah yang mudah akses internet dengan kondisi kehidupan ekonomi sosial masyarakatnya menengah ke atas.

Untuk itu perlu diadakan analisis kondisi wilayah dan kondisi ekonomi sosial masyarakat guna mencari metode apakah yang paling tepat di wilayah tersebut untuk tetap dapat melakukan pembelajaran di tengah pandemik covid-19 ini.

Namun demikian terlepas semua metode pembelajaran yang akan di berlakukan di masa pandemik ini, menurut saya keluarga adalah lembaga pendidikan paling baik bagi anak-anak mereka dan orang tua bisa menjadi guru-guru terbaik bagi anak-anak mereka.

Mereka bisa menjadi suri tauladan terbaik bagi anak-anak mereka dimana suri tauladan merupakan basis pendidikan karakter utama bagi anak-anak. Mereka juga bisa memberikan pendidikan skill terbaik bagi anak-anak mereka yang merupakan bekal kehidupan yang mungkin tidak mereka dapat dari pendidikan formal.O

leh karena itu di tengah pandemik covid-19 ini, disamping pembelajaran daring sebagai solusi alternatif bagi pendidikan anak-anak mari kita kembalikan fungsi keluarga sebagaimana fungsinya menjadi lembaga pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post