Sundari, M.Pd

Sundari, S.Pd.., M.Pd purnabhakti sebagai Karyawati BUMN sejak bulan Agustus 2020, Pengajar sejak tahun 2007 dan sebagai Kepala Sekolah sejak tahun 2021 di SDI ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Harus Dicoba, Cita Rasa Bakso Malang yang Menggoda

Harus Dicoba, Cita Rasa Bakso Malang yang Menggoda

Oleh: Sundari, S.Pd., M.Pd

Kepala SDI Riyadlul Mubtadiin Kedok Turen Malang

 

Kemana pun orang pergi biasanya mencari makanan khas yang mereka datangi. Jikalau membahas makanan pasti akan semakin penasaran bagaimana rasanya. Berkunjung ke Malang Jawa Timur kurang afdol jika tidak mencicipi bakso. Sama halnya dengan keluarga kami yang dari Ngawi. Mereka selalu mencari Bakso Malang. Makanan khas yang banyak digemari ini tersebar luas di seluruh nusantara. Kelezatan makanan ini sudah terkenal dengan rasa khas daging bulat dan kuah bakso beraroma bawang gurih yang memanjakan lidah. Kuah bukan sembarang kuah tetapi ada rebusan tulang sapi yang  dibumbui dengan garam, kaldu, merica, dan bawang putih goreng.

Seperti yang sering ditulis bahwa Bakso Malang mempunyai ciri khas yaitu terdiri dari tahu goreng/rebus, kulit pangsit berisi adonan tepung ditambah daging giling, mi kuning dan bertabur bawang merah goreng juga seledri segar. Dari gerobak yang didorong yang kini sudah menggunakan sepeda motor hingga restoran yang khusus menjual bakso Malang bisa kita temukan hampir dimana saja. Salah satu keseruannya yaitu saat kita bisa memilih topping yang diinginkan.

Berikut adalah resep pembuatan Bakso Malang dari berbagai sumber dan pengalaman:

- Bahan bakso: 3/4 kg daging sapi tanpa lemak, 200 gr es batu, 150 sagu tani / tepung tapioka, 3 siung bawang putih iris tipis goreng haluskan, 5 siung awang putih mentah dihaluskan, 2 butir telur ambil putihnya saja, 1/2 st baking powder, 1/2 st baking soda, 2 sm garam, 1 st gula, air es secukupnya, air untuk merebus.

- Bahan kuah: 1/4 kg tulang kaki sapi, 1 bh  bawang bombai dibelah, 3 siung bawang putih, haluskan, 1 cm pala jika suka, 2 sm garam, 1 st gula pasir, 1 st lada halus, 2 liter air.

- Bahan pelengkap: 100 gr daging giling, 6 bh tahu goreng, 12 lbr kulit pangsit, 1/2 st garam, minyak untuk menggoreng, air untuk merebus secukupnya.

- Cara membuat adonan: (1) giling daging bersama es batu hingga halus; (2) Dalam wadah, campurkan daging giling, bawang putih goreng, bawang putih halus, putih telur, tepung sagu, baking powder, baking soda, garam, dan gula. Aduk rata. Sisihkan 250 gram adonan bakso ini untuk membuat pangsit, tahu bakso, dan bakso rebus; (3) didihkan banyak air dalam panci; (4) ambil segenggam bakso lalu remas hingga terbentuk bulatan. Ambil bulatan dengan sendok lalu masukkan ke air panas. Lakukan hingga adonan habis; (5) rebus bakso hingga mengapung dan matang. Angkat bakso lalu langsung masukkan ke wadah/baskom berisi air es. Tiriskan.

- Cara membuat gorengan: (1) ambil 250 gram adonan bakso tadi lalu taruh dalam wadah; (2) masukkan daging ayam giling dan garam. Aduk rata. Bagi adonan jadi 3 bagian, ; (3) ambil 1 bagian daging dan isikan ke dalam tahu kulit; (4) ambil 1 bagian daging dan isikan ke dalam kulit pangsit; (5) kukus tahu bakso dan pangsit hingga matang. Keluarkan; (6) ambil 1 bagian bakso dan bulatkan dengan bantuan sendok. Goreng dalam minyak panas. Angkat dan tiriskan.

Cara membuat kuah:: rebus tulang sapi bersama bawang bombai, bawang putih, dan pala hingga mendidih dan keluar kaldunya; bumbui dengan garam, gula, dan lada. Koreksi rasanya. Matikan api.

Cara penyajian: tata mie yang telah dikukus, bakso, tahu bakso, pangsit, dan bakso goreng dalam mangkok saji; siram dengan kuah kaldu; beri taburan daun bawang, seledri, dan bawang goreng; tambahkan kecap, saus, cabe giling jika suka lalu siap disajikan.

Beraneka masakan yang dapat membuat kita memburu untuk menikmatinya. Makanan sehat dan lezat tentu membuat bahagia bagi yang menikmatinya. Tubuh makhluk hidup memerlukan nutrisi untuk tumbuh maupun berkembang. Nikmati dan perkenalkan ke seluruh dunia tentang masakan khas Indonesia yang lezat bercita rasa dan bergizi.

 

Malang Juli 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post