Sundari, M.Pd

Sundari, S.Pd.., M.Pd purnabhakti sebagai Karyawati BUMN sejak bulan Agustus 2020, Pengajar sejak tahun 2007 dan sebagai Kepala Sekolah sejak tahun 2021 di SDI ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PPG 2023 Penjumlahan, Pengurangan dan Perkalian

PPG 2023 Penjumlahan, Pengurangan dan Perkalian

Best Practice PPG Daljab Kategori 1 Tahun 2023

Oleh

Sundari

Lokasi: SD Islam Riyadlul Mubtadiin Kedok

Lingkup Pendidikan: Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai:

1. Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video, peserta didik mampu menjelaskan cara penjumlahan, pengurangan dan perkalian dengan penyebut berbeda (C2-memahami)

2. Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media peserta didik mampu memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan dan perkalian pecahan dengan penyebut berbeda (C4-menganalisis)

3. Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan diskusi bersama teman, peserta didik mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bilangan pecahan dengan media roti bulat dengan benar (P5)

Penulis:

Sundari

Tanggal:

13 dan 20 November 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas .V (lima) di SD Islam Riyadlul Mubtadiin Kedok, diketahui bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dalam pembelajaran Matematika materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam penyebut berbeda. Peserta didik juga mengalami kesulitan untuk mengerjakan dalam soal cerita. Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat belajar peserta didik, faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung, dan ditambah guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Hal ini sangat penting agar supaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam penyebut berbeda, serta menjadi upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Selain itu, hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Dalam kegatan PPG ini, peran saya dalam melaksanakan aksi PPL 1 yang ternyata menjadi alternatif solusi bagi masalah-masalah yang saya hadapi. Tanggung jawab saya sebagai guru kelas adalah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam penyebut berbeda.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Setelah melakukan analisis terhadap kajian literatur dan wawancara dengan rekan sejawat, kepala sekolah, dan pakar, maka beberapa tantangan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain :

1. Rendahnya tingkat belajar peserta didik.

2. Faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung.

3. Guru belum melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan.

4. Guru belum mengoptimalkan aplikasi pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

Siapa saja yang terlibat?

Dalam menghadapi tantangan ini guru melibatkan beberapa peran, yaitu :

1. Dosen pembimbing dan guru pamong PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Universitas Negeri Malang.

2. Kepala SD Islam Riyadlul Mubtadiin Kedok.

3. Rekan guru di SD Islam Riyadlul Mubtadiin Kedok.

4. Peserta didik kelas V (lima) SD Islam Riyadlul Mubtadiin Kedok

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :

1. Identifikasi masalah yang ada di dalam kelas.

2. Eksplorasi penyebab masalah yang dihadapi di dalam kelas.

3. Penentuan penyebab masalah.

4. Masalah yang terpilih diangkat dan digunakan sebagai dasar dalam membbuat rencana aksi.

Strategi apa yang digunakan :

1. Guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu model Problem Based Learning (PBL)

2. Guru memanfaatkan media simulator pembagian dalam bilangan pecahan dengan media roti bulat.

3. Guru juga memanfaatkan media teknologi/ inovasi lainnya dalam pembelajaran yaitu media aplikasi power point dan video.

4. Membuat bahan ajar.

5. Memanfaatkan LKPD

Bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat

1. Kegiatan rencana aksi di desain dengan sebaik mungkin menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif agar para peserta didik lebih memahami materi. Dalam pelaksanaannya peserta didik sangat antusias dan bersemangat dengan kegiatan pembelajaran hari itu.

2. Mula-mula saya menyampaikan tujuan pembelajarannya, kemudian saya mengarahkan siswa untuk memperhatikan media berupa tayangan video tentang materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam penyebut berbeda. Setelah materi tersampaikan, selanjutnya siswa mendapatkan tugas kelompok dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam penyebut berbeda. Dalam kegiatan memecahkan masalah siswa terlibat aktif berdiskusi agar pemecahan masalahnya terselesaikan.

3. Dalam mengerjakan evaluasi siswa juga sangat antusias mengerjakan evaluasi tersebut dan dapat dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Rata-rata siswa sudah memahami materi yang telah disampaikan.

4. Pada aksi pertama ini, perangkat yang saya gunakan antara lain; laptop, LCD, Proyektor, speaker, tripod. Saya juga meminta bantuan kepada teman sejawat untuk mengambil video pada saat pembelajaran.

Sumber daya yang saya perlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :

1. Pengetahuan mengenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

2. Penyusunan media pembelajaran melalui aplikasi Power Point dan Canva.

3. Penyusunan bahan ajar dan LKPD yang menarik melalui aplikasi Canva.

4. Laptop, HP, dan proyektor

Refleksi Hasil dan dampak:

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Dampak dari rencana aksi yang sudah dilakukan yaitu dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam penyebut berbeda. Selain itu Pemahaman siswa tentang materi tersebut sangat baik.

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?

Hasil dari rencana aksi yang sudah dilakukan hasilnya sangat efektif. Hal ini dikarenakan didukung oleh model pembelajaran yang menarik, media pembelajaran yang inovatif, dan kegiatan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

1. Kepala sekolah merespon dengan memberikan tanggapan yang positif, bahkan sering memberikan masukan agar rencana aksi yang dilakukan terlaksana menjadi rencana aksi pembelajaran yang lebih bermakna.

2. Respon dari teman sejawat juga sangat memberikan dukungan dan respon yang positif terhadap aksi yang saya lakukan.

3. Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan pada penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Pembelajaran yang dapat diperoleh dari proses praktik aksi yang telah dilakukan oleh guru adalah guru harus merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan berpusat pada peserta didik dengan cara menentukan metode, model, dan media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post