Supardi

Seroarang guru SD Negeri Sukarahayu 02 Di Kabupaten Bekasi...

Selengkapnya
Navigasi Web
6 Tips Pembelajaran Efektif (Tantangan Hari ke 29)

6 Tips Pembelajaran Efektif (Tantangan Hari ke 29)

Pembelajaran yang menarik tentu sangat didambakan para siswa, semuanya akan terasa nyaman dan tenang. Begitu pula dengan guru, bisa saja beliau akan dirindukan oleh siswanya. Berikut 6 tips tentang pembelajaran yang efektif di kelas versi penulis.

1. Rancanglah pembelajaran yang menarik.

Merancang di sini mencakup pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pembelajaran yang efektif sudah barang tentu harus didesain semaksimal mungkin, mulai dari kegiatan awal, inti dan akhir. Semua harus tergambar jelas dalam sebuah RPP.

2. Gunakan media pembelajaran yang sesuai.

Media berasal dari kata medium (perantara) artinya sebuah perantara antara penjelasan guru dengan siswa, sehingga pembelajaran berjalan efektif. Media pembelajaran yang baik harus sesuai dengan karakteristik siswa dan lingkungan. Dengan kata lain, seorang guru harus mampu menyiapkan media yang baik dan menarik. Perlu digaris bawahi, media audio visual sangat baik dilaksanakan karena selain gambar yang baik ditambah suara atau animasi yang membuat siswa tidak cepat bosan (terutama siswa sekolah dasar). Sekarang sudah banyak aplikasi pembelajaran yang bisa diaplikasikan di kelas (bisa berupa penggunaan youtube mungkin)

3. Pahami karakteristik siswa.

Seorang guru yang baik harus memahami karakteristik dan perbedaan individu siswanya, karena peserta didik dilahirkan berbeda satu sama lain sehingga pembelajaran yang efektif akan tercipta. Aliran kontruktivisme sangat berpengaruh dalam hal ini, artinya siswa sudah mempunyai kemampuan awal dalam pembelajaran dan tinggal guru yang menyesuaikan dalam belajarnya. Ingat! Guru bukan satu-satunya sumber belajar dan yang paling pintar di kelas tersebut.

4. Terapkan metode pembelajaran bervariasi

Berbagai metode pembelajaran sudah familiar di mata guru, tinggal bagaimana memadumadankan berbagai metode Pembelajaran . Gunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar, jangan dipaksakan jika tidak efektif. Contoh, metode eksplorasi bisa digabungkan dengan diskusi dan tanya jawab. Sesuaikan juga dengan lingkungan setempat siswa.

5. Cairkan suasana kelas

Suasana kondusif bisa membuat pembelajaran menjadi efektif. Guru sesekali bisa menyelipkan humor ringan untuk mencairkan suasana kelas, artinya kita sebagai pendidik harus mampu membawa kelas menjadi nyaman untuk siswa belajar. Tambahkan ice breaking jika perlu! Faktor tersebut sangat vital dilaksanakan ketika dalam pembelajaran sudah mengalami kebuntuan.

6. Evaluasi yang sesuai

Evaluasi di sini bermakna ketika pembelajaran telah selesai, seorang guru harus mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menangkap pembelajaran dan dijadikan umpan balik bagi guru. Biasanya yang dikerjakan berupa tes formatif. Satu lagi, siswa jangan terlalu dibebankan dengan pekerjaan rumah yang "seabrek" artinya karakteristik siswa SD adalah bermain.

Demikian 6 tips ringan yang menjadikan pembelajaran yang efektif di kelas.

#TantanganGurusiana#

#PembelajaranYangEfektif#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Insyaallah bisa dipraktekkan di dalama KBM

13 Feb
Balas

Terimakasih ilmunya...

13 Feb
Balas

6 tips yang bisa kita gunakan. Thanks akan advicenya. Insyaallah akan diterapkan kembali bagi para guru dan specialnya buat daya. Terima kasih pak..

13 Feb
Balas



search

New Post