Supardi

Seroarang guru SD Negeri Sukarahayu 02 Di Kabupaten Bekasi...

Selengkapnya
Navigasi Web
CALISMAKTURTUNG

CALISMAKTURTUNG

Tantangan Hari ke-1

Di zama now seperti ini, tuntutan untuk berubah merupakan suatu keharusan yang terjadi. Guru dituntut untuk berinovasi dan mengembangkan segala daya upaya untuk kemajuan belajar siswanya. Sejalan dengan tema Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang ke 74"peran guru mewujudkan SDM Indonesia unggul".

Didik lah anakmu sesuatu dengan zamannya. Kutipan dari Ali Bin Abi Tholib tersebut seharusnya mengugugah dunia pendidikan terutama di Indonesia. Zaman terus berubah dan berganti, sudah selayaknya kita sebagai pendidik mempunyai darah segar untuk melakukan perubahan. Suatu metode atau cara untuk menyampaikan pembelajaran melalui CALISMAKTURTUNG. Membaca, Menulis, Menyimak, Menutur, dan Menghitung. Suatu dasar dari segala metode mengajar. Mengutip dari ketua PB PGRI, Unifah Rosyidi, "PGRI siap menjadi bagian dari perubahan dengan sistem pendidikan yang lebih terbuka, mendorong kreatifitas dan literasi, literasi di sini bukan hanya sekedar literasi baca tulis, namun bagaimana pemerintah juga konsen untuk CALISMAKTURTUNG" ujarnya dalam momen HUT PGRI ke 74 waktu lalu.

Wow sebuah kata tentang CALISMAKTURTUNG. Kata tersebut mungkin sudah familiar di telinga para guru. Ada yang perlu digaris bawahi dari kata tersebut, yaitu menyimak dan bertutur. Menyimak merupakan sebuah kegiatan melihat dan mendengar yg perlu perhatian mendalam. Bertutur dikatakan, jika siswa dapat menyampaikan kembali apa yang sudah dijelaskan oleh guru (mudah-mudah sulit).

Dasar dari siswa SD ialah CALISTUNG, Bahkan dulu pernah dilombakan di jenjang kelas1 sampai kelas 3. Jika ditelisik lebih lanjut, di kurikulum 2013 ada kegiatan CALISMAKTURTUNG, yaitu ada pada Saintifik (5M) Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkolaborasikan. Berarti tinggal guru lah yang pintar-pintar menyiasati dalam kegiatan belajar mengajar.

Bahkan tantangan terbesar yang diberikan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan, bahwasanya para guru dituntut untuk mengajarkan siswa untuk mengajar. Hal yang luar biasa sulit bagi kami para pengajar melakukan hal tersebut. Tetapi dengan semangat yang tinggi dan tekad yang kuat kami yakin bisa melakukan hal itu. Jadi, mindset guru harus berubah dan terbuka menerima kemajuan zaman dan teknologi

Semangat terus untuk guru Indonesia, di tangan mu lah SDM unggul akan tercipta demi kemajuan bangsa. Hidup guru, solideritas yes

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang keren Pak. Sukses selalu dan barakallahu fiik

16 Jan
Balas

Siap bu Ratu

16 Jan

Mantaaaapz

16 Jan
Balas

Hayo atuh nulis

22 Jan

Aku bangga menjadi guru. Setuju sekali dengan apa yang bapak tuliskan. Guru harus mampu melakukan perubahan secara kontinue dan nyata. Sukses selalu

16 Jan
Balas

Luar biasa pak tulisannya...banyak ilmu yang dapat saya ambil...mantaaaps

16 Jan
Balas

Alhamdulillah..

16 Jan

Artikel yg menarik. Lanjut pak.. Sukses selalu... Aamiin

16 Jan
Balas

Saya masih amatir pa Bos

16 Jan



search

New Post