Supardi

Seroarang guru SD Negeri Sukarahayu 02 Di Kabupaten Bekasi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika Menjadi Seorang RT (Tantangan Hari ke 15)

Ketika Menjadi Seorang RT (Tantangan Hari ke 15)

Menjadi pimpinan mempunyai tanggung jawab yang besar dunia maupun akhirat. Selain mengayomi anak buah, tugas utamanya ialah menjadi leader dan melayani masyarakat. Begitu pula, ketika mengemban amanah menjadi ketua RT (Rukun Tetangga) di lingkungan setempat.

Itulah yang aku rasakan menjadi ketua RT di tahun 2012 yang lalu. Ada prestise tersendiri ketika menjabat pimpinan di sebuah perumahan, usia muda bukan menjadi halangan untuk memimpin. Semua berdasarkan kepercayaan masyarakat, pemilihannya melalui penghitungan suara terbanyak. Kala itu, aku berada si posisi kedua, kalah suara dengan seorang perwira TNI. Meraup suara 70, sedangkan rival ku mendapat 71 suara.

Selisih satu suara, sangat terkesan buatku. Setelah pelantikan ketua RT yang baru, aku diangkat menjadi bendahara keuangan. Sebuah jabatan yang sangat menantang, dikarenakan uang yang aku pegang ialah dana warga yang dikumpulkan setiap bulannya. Perjuangan yang melelahkan, karena setiap bulan harus keliling mengutip uang warga.

Waktu berjalan sudah tiga bulan. Ketua RT di lingkungan ku pindah rumah, berdasarkan rapat warga, secara aklamasi aku terpilih menjadi ketua RT menggantikan yang lama. Jabatan dan pengalaman baru menghampiri hidupku, memimpin dari ratusan warga di sebuah perumahan.

Teramat berat menjadi pimpinan, waktu untuk keluarga terbuang sia-sia dan privasi terbuka lebar, belum lagi keluhan dari warga. Semua menjadi beban dalam hidupku. Yang paling merana, ketika malam hari sedang enak tidur, warga mengetuk pintu rumah.

Akhirnya, setelah lima bulan berlalu. Ada inisiatif dari warga untuk memilih pemimpin yang baru, ide itu langsung aku respon dengan senang hati. Akhirnya jabatan yang berat lepas juga dari pundak ku. Warga yang setia, mengusulkan kembali dipemilihan RT berikutnya, aku tolak secara halus.

Pemilik berlangsung dengan demokratis, akhirnya terpilih seorang figur yang benar-benar memperhatikan lingkungan. Selamat tinggal jabatan yang aku impikan, ternyata setelah dijalani terasa berat dan beban di hidupku.

#TantanganGurusiana#

#JabatanMerupakanAmanah#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post