Supardi

Seroarang guru SD Negeri Sukarahayu 02 Di Kabupaten Bekasi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Masa Depan. Dikejar atau Dicari? (Tantangan hari ke3)

Masa Depan. Dikejar atau Dicari? (Tantangan hari ke3)

Mendengar masa depan, benak kita langsung terbayang gambaran dimana dunia yang semakin modern dan canggih. Masa depan tidak bisa dihindarkan dan kita harus bersiap menyongsong perubahan. Bahkan para ahli masa depan (futurolog) tidak sanggup meramalkan keadaan dunia dimasa depan. Sebegitu hebatkah gambaran dunia nantinya? Dapatkah kita beradaptasi dengan masa depan?. Sorang guru menasehati muridnya “belajarlah yang rajin nak! Supaya masa depanmu menjadi lebih baik”, kata-kata seperti itu sering kita dengar dari zaman kuda gigit besi hingga kuda berlabel besi (kendaraan bermotor). Sebuah nasehat yang mujarab dan paten, karena dengan belajar seseorang bisa merubah masa depannya.

Masa depan identik dengan perubahan, mengutip tulisan pemred media guru, Pak Eko, bahwanya BBM tergerus dengan Whatsapp dikarenakan WA lebih canggih dan bisa mengakomodir para penggunanya, sehingga para BBMers (pengguna BBM) banyak beralih ke aplikasi WA. Seperti itulah gambaran masa depan, siapa yang tidak beradaptasi dengan baik, maka dia akan tergerus dengan zaman. Salah satu jalan untuk menaklukan tantangan di masa depan ialah dengan belajar dan belajar. Menurut Asep Herry Hernawan (2017) ada tiga cara ciri utama kualitas sumber daya manusia (SDM) yang harus dihasilkan pendidikan masa depan: (1) menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) memiliki kreativitas, (3) memiliki solideritas sosial.

Ketiga item tersebut harus dimiliki siswa sebagai bekal dia dimasa depan. Baik di lingkungan keluarga, sekolah ataupun di masyarakat. Sekolah berkewajiban mendidik siswa untuk mendapatan kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi maksimal yang dimiliki siswa, berkreativitas dan mempunyai ahlaq mulia serta memiliki kecerdasan sosial yang tinggi. Dengan kata lain, bahwasanya kita sebagai pendidik harus mampu sekuat tenaga untuk mengabdikan diri untuk menjadikan anak didik kita menjadi manusia berlimu pengetahuan dan menguasai teknologi, mempunyai daya cipta dan kreasi yang tinggi serta siswa yang berahlaq mulia dan santun.

#TantanganGurusiana#

#JanganTakutDenganMasaDepan#

#SongsongMasaDepanYangLebihBaik#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post