Suparman Toaha

Suparman Toaha, lahir, di Urung, 10 November 1978 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ORANG YANG DIDOAKAN MALAIKAT
https://www.google.com/search?q=foto+beroa&oq=foto+beroa&aq

ORANG YANG DIDOAKAN MALAIKAT

Manusia adalah makhluk lemah yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan berbagai pihak. Manusia tidak mampu memenuhi segala kebutuhannya sendiri. Namun demikian, tidak berarti bahwa pemenuhan kebutuhan manusia hanya mengharap dari pihak lain. Akan tetapi, dalam memenuhi kebutuhannya manusia memadukan antara usaha (ikhtiar) doa dan tawakal (berserah diri kepada Allah).

Dalam tulisan kali ini, penulis akan membahas salah satu dari ketiga unsur tersebut yaitu doa. Doa merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Allah. Dengan berdoa, seseorang menunjukkan bahwa dirinya adalah hamba yang setiap saat mengharapkan dan bergantung kepada Allah.

Dalam berdoa, tentu semua manusia mengharapkan agar apa yang diminta dalam doa-doanya terkabul. Namun perlu dipahami bahwa selain berdoa, terkadang kita juga didoakan. Doa-doa tersebut kadang datang dari sesama manusia dan makhluk-makhluk lain seperti malaikat.

Tentu kita berharap selalu mendapat doa-doa dari orang-orang shaleh apalagi malaikat. Merupakan keberuntungan besar jika mendapatkan kesempatan didoakan oleh orang-orang shaleh dan malaikat. Berikut golongan manusia yang akan didoakan malaikat sesuai dengan hadis-hadis Nabi Muhammad saw.

1. Berwudhu sebelum tidur. Hal ini sesuai dengan hadis nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban bahwa “barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya, dia tidak akan bangun hingga malaikat akan berdoa “ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci”.

2. Duduk menunggu waktu shalat. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim nomor 49) bahwa “tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu waktu shalat selama ia berada dalam keadaan suci kecuali para malaikat akan mendoakannya “ya Allah ampunilah iya, Ya Allah sayangilah dia”

3. Berada dalam shaf terdepan shalat berjamaah. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Abu Dawud bahwa “sesungguhnya para malaikat bershalawat kepada orang-orang yang berada pada shaf-shaf terdepan.

4. Menyambung shaf dalam shalat berjamaah, hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah nomor 985 bahwa “ sesungguhnya Allah dan para Malaikatnya bershalawat kepada orang yang menyambung shaf dan siapa yang mengisi celah (shaf yang kosong) niscaya Allah akan mengangkat derajatnya.

5. Mengucapkan amin saat imam selesai membaca alfatihah, hal ni sebagaimana hadis yang diriwatkan imam Bukhari nomor 782 bahwa “jika seorang imam membaca gharil maghdubi alaihim waladdhallin, maka ucapkanlah amin karena barang siapa ucapannya itu bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang pada masa yang lalu.

6. Orang yang berdzikir berdoa setelah selesai shalat, hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari bahwa “apabila seseorang diantara kamu shalat, kemudian tetap duduk sebagaimana semula, maka malaikat senantiasa mendoakannya "ya Allah ampunilah dia, ya Allah sayangilah dia, selama ia belum berhadas atau berdiri".

7. Melakukan shalat ashar dan subuh, hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad bahwa “ para malaikat berkumpul pada shalat subuh lalu para malaikat yang menyertai hamba pada malam hari yang bertugas pada malam hari hingga subuh naik ke langit, sedang malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal. Lalu Allah bertanya kepada mereka “bagaimana kalian meninggalkan hamba-Ku ?, malaikat menjawab “kami datang sedang mereka melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat”.

8. Mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan yang didoakan, hal ini sebagaimana hadis yang diriwatkan Imam Muslim bahwa rasulullah bersabda “doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan, pada kepalanya ada malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali ia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan maka malaikat tersebut berkata amin, dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan’.

9. Berinfak, hal ini sebagaimana sabda nabi yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim bahwa “tidak satu haripun dimana pada pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali dua malaikat turun padanya, salah satu diantara keduanya berdoa, “ ya Allah berikanlah ganti bagi yang berinfak”. Dan lainnya berdoa “ya Allah hacurkalah harta orang yang pelit.”

10. Makan sahur, hal ini sebagaimana sabda nabi yang diriwayatkan Ibnu Hibban dan Imam At Tabrani bahwa “ sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bershalawat kepada orang-orang yang sedang makan sahur”.

11. Menjenguk orang sakit, hal ini sebagaimana sabda nabi yang diriwayatkan Imam Ahmad bahwa “tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja, hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga subuh.

12. Mengajarkan kebaikan, hal ini sebagaimana sabda nabi yang diriwayatkan Imam Attarmizi bahwa “sesungguhnya penghuni langit dan bumi bahkan semut dalam lubangnya, bahkan ikan semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan.

Dengan demikian, pada dasarnya sangat mudah untuk mendapatkan doa dari para malaikat yang tentunya kualitas dan tingkat kemakbulannya lebih tinggi karena mereka adalah makhluk suci yang tidak pernah berbuat salah dan melanggar perintah Allah. Semoga kita termasuk golongan yang mendapatkan doa dari para malaikat, amiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa pak guru, semoga kita termasuk dalam salam salah satu golongan orang orang yg didoakan oleh para malaikat. Amin

27 Apr
Balas

Aminnn, salam literasi

27 Apr



search

New Post