supartini

Supartini panggilan akrab bu Tin lahir di Kota Angin Nganjuk pada tanggal 19 Agustus 1969. Menempuh pedidikan SD sampai SPG di Nganjuk. Alumni Jurusan Bahasa da...

Selengkapnya
Navigasi Web

Infak Itu Pungli Atau Sedekah

Saat ini banyak kepala sekolah yang ketakutan untuk bersikap dan mengambil kebijakan. Pungutan liar (Pungli) , itulah yang menbuatnya berpikir dan berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang berhubungan denga dana yang melibatkan peran serta wali murid ataupun masyarakat.

Dengan adanya dana BOS sekolah tidak diijikan melakukan iuran dalam bentuk apapun. Bagaimana dengan infak. Infak dapat disebut sumbangan yang diberikan secara ikhlas tanpa paksaan. Infak dilakukan atas inisiatif sendiri. Dalam islam infak sangat dianjurkan sebagai amalan ibadah. Infak untuk masjid ,mushola, dan fasilitas umum termasik amalan jahiriyah yang tidak akan terputus pahalanya. Untuk membantu sesama yang membutuhkan dapat disebut sedekah atau sumbangan sosial.

Bagaimana jika infak di sekolah juga disebut sebagai pungli. Setujukah anda? Sekolah tidak hanyaa untuk pembelajaran ilmu pengetahuan tetapi juga untuk melakukan proses pendidikan. Pendidikan berhubungan dengan penanaman moral, etika, dan pembentukan akhlak mulia. Jika infak disebut sebagai pungli dan tidak diijinkan dilaksanakan di sekolah, perlu dikaji ulang. Dengan melatih anak-anak berinfak akan tumbuh sikap bermurah hati, suka menolong,kasih dengan sesama. Sikap selalu peduli pada orang lain yang membutuhkan akan terbentuk dengan sendirinya.

Bagaimna jika siswa tidak diijinkan untuk berinfak. Apa jawaban para guru jika siswanya bertanya"Mengapa tidak boleh berinfak?". Ini sangat bertolak belakang dengan tujuan pendidikan yaitu membentuk manusia yang berbudi luhur,berakhlak mulia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tempat saya setiap hari tetap aman saja syaratnya tak ada edaran, hanya menyampaikan ke wali murid infak untuk peningkatan kualitas Madrasah, alhamdulillah tiap hari 500-600 rb dsri 700 siswa, penggunaanya utk tambahan biaya yang tdk tercovrr di bos dan bosda, utk kegiatan ekstra, pengirima peserta lomba, dansos sIswa dan ortu yg sskit dll

30 Oct
Balas

Inggih pk

30 Oct

Bu.. Sekolah saya tetap ada infaq setiap jumat untuk melatih jiwa keikhlasan dan kepedulian. Jadi jika infaq dibilang pungli saya tidak setuju. Tetap semangat bu dlm membimbing karakter anak didik kita. Salam kenal ya bu.

30 Oct
Balas

Betuul. Kami juga tetap melakukan

30 Oct

Salam kenal balik bu. Monggo bersama-sama tegakkan ajaran yang baik untuk anak-anak .matur suwun

30 Oct

Berkedok infak adalah akal akalan guru,sudah jelas sekolah tidak di pungut biaya. Karena tidak ada uang operasional maka berkedok infak berdalih agama kedoknya. Dengan alasan meningkatnya pendidikan. Imposible pungli guru meraja lela

04 Dec
Balas



search

New Post