Supianto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis Cerita Menggunakan Permainan Imajinasi

Menulis Cerita Menggunakan Permainan Imajinasi

Oleh Supianto SDN Kembang 1 Bondowoso

Tantangan Hari Ke- 16

#TantanganGurusiana

Setelah siswa sudah agak bisa berimajinasi sesuai yang diharapkan guru, barulah guru berfikir bagaimana cara menggunakan permainan imajinasi dalam pembelajaran. Permainan imajinasi ini dapat digunakan dalam semua mata pelajaran. Oleh karena itu yang pertama dilakukan yaitu guru menentukan mata pelajaran terlebih dahulu. Dalam tulisan ini mata pelajaran yang dipilih yaitu mata pelajaran bahasa Indonesia. Kemudian guru menentukan kompetensi dasar apa yang akan menggunakan permainan imajinasi. Dalam tulisan ini penulis memberi contoh tentang menulis cerita. Setelah itu guru menyusun langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dalam tulisan ini tujuan pembelajarannya yaitu setelah bermain imajinasi siswa dapat menulis cerita minimal satu paragrap dan siswa dapat menentukan judul yang tepat dari cerita yang ditulisnya.

Langkah-langkah pembelajaran menulis cerita menggunakan permainan imajinasi sebagai berikut:

Kegiatan pendahuluan

Kegiatan terpenting dari kegiatan ini yaitu: Menyiapkan tempat bermain imajinasi. Mengingatkan kembali tentang permainan imajinasi yang pernah dilakukan. Menjelaskan tujuan dan cara mencapai tujuan yaitu dengan bermain imajinasi. Selain itu terserah para guru melakukannya.

Kegiatan inti

1. Siswa duduk melingkar dengan keadaan tegak dan guru duduk di tengah lingkaran.

2. Guru mengucabkan kata-kata, “Pejamkan mata kalian. Bayangkan di depan kalian gelap tidak tampak sesuatu apapun. Gelap semakin gelap, sunyi tidak terdengar sesuatu apapun. Gelap… sunyi…tiba tiba perlahan ada cahaya agak terang… tambah terang dan terlihat sebuah rumah besar. Terlihat halaman rumah itu tidak terawat. Kalian lihat sebelah kiri halaman kotor. Kotor… bayangkan kalian melihat banyak sesuatu yang membikin kotor. Oh… itu yang membikin kotor. Lihat dan ingat apa saja itu yang membikin kotor. Kalau sudah kalian ingat sekarang lihat halaman sebelah kanan bayangkan kalian melihat taman yang tidak terawat. Apa saja tanaman yang tidak terawatt bayangkan kalian melihat semua tanaman itu. Ingat tanaman apa saja seperti apa keadaan tanaman itu. Catnya terlihat kumuh bayangkan kumuh sangat kumuh. Sekarang lihat kembali sebelah kiri bayangkan halaman itu sangat kotor lihat sangat kotor. Lihat sebelah kanan bayangkan taman yang tidak terurus.lihat taman itu tidak terurus. Sekarang bukalah mata kalian pelan-pelan, pelan-pelan dan bukalah.

3. Siswa disuruh menulis cerita yang dilihatnya tadi. Sebelumnya siswa disuruh menentukan judul terlebih dahulu.

4. Beri waktu 15 menit saja untuk menulis ceritanya. Selesai atau tidak selesai apa bila sudah lima belas menit suruh kumpulkan.

Demikianlah contoh langkah pembelajaran menggunakan permainan imajinasi. Jika belum berhasil ulangi lagi dan cari penyebabnya. Semoga bermanfaat. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post