Suprapti Prapti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
CATATAN KECIL SAHABAT ER (PART 4)

CATATAN KECIL SAHABAT ER (PART 4)

PAK EDDY GURU BESAR PENDIDIKAN KARAKTER DI KOTA BATU Oleh: Prapti Noer Suprapti SDN Torongrejo 03 Kota Batu Hari Jumat dalam agama Islam adalah hari yang baik, Jum’at menurut wikipedia adalah hari keenam dalam seminggu atau sepekan. Dalam literatur Arab, Jum’at [al-jumu’ah] juga terkadang digunakan untuk arti minggu [al-usbû’]. Jumat, yang secara utuh diserap dari kata Arab-Qur’ani, berasal dari akar kata jama’a-yajma’u-jam’an, artinya: mengumpulkan, menghimpun, menyatukan, menjumlahkan, dan meng-gabungkan. Al-Jum’ah artinya: persatuan, persahabatan, Jum’ah artinya: persatuanl, persahabatan, kerukunan [al-ulfah], dan pertemuan [al-ijtima]. Meski secara umum dan keseluruhan semua hari – termasuk Jum’at – dalam seminggu itu bisa dikatakan sama atau tidak ada bedanya; namun hari Jum’at bagi kaum umatan muslimatan [kaum Muslimin/Muslimat], dipastikan memiliki keistimewaan tersendiri. Sama halnya dengan keistimewaan Sabtu bagi orang-orang Yahudi, dan Minggu untuk kawan-kawan Nasrani. Tidak demikian halnya bagi anak anak yang rumahnya disekitar Balai Kota. Anak anak selalu merindukan datangnya hari jumat karena ingin segera mendapat uang saku. Maklum anak anak mereka juga belum mengerti keistimewaan hari jumat yang sesungguhnya. Bagi anak anak ,hari jumat segera bergegas mandi dan bersiap siap untuk mengikuti jumatan di Balai Kota karena setelah selesai jumatan Pak Eddy telah menyiapkan uang saku buat anak anak.Gembira. Saya melihat betapa bahagianya mereka sepulang dari jumatan.Tidak ada seorangpun dari anak anak di sekitar Balai Kota yang tidak mengikuti jumatan karena kalau tidak mengikuti jumatan maka mereka tidak mendapat uang saku. Terlihat wajah cerah dan senyum riang mereka, dengan hiruk pikuk disepanjang jalan mereka saling bercerita tentang uang saku yang telah mereka terima. Mereka berceloteh riang berbagi cerita tentang keinginannya untuk membeli sesuatu dari uang sakunya. Saya mengambil hikmah dibalik semua itu. Dalam kegiatan membagi uang saku setiap hari jumat, Pak Eddy menanamkan pendidikan karakter relegius kepada anak anak tentang pentingnya sholat jumat bagi kaum lelaki yang beragama Islam. Yang kedua, Pak Eddy mengajarkan untuk saling berbagi terhadap sesama. Anak anak mendapatkan pelajaran tentang pentingnya dan keistimewaan orang bersedekah . Anak anak juga belajar berbagi dengan memikirkan orang lain.Tidak egois, dengan mementingkan diri sendiri. Setiap hari Jumat, Pak Eddy juga mengajarkan kepada anak anak untuk belajar antri untuk mendapatkan uang saku. Banyak pelajaran penting yang dapat di petik dengan mengikuti antrian diantaranya: Anak belajar manajemen waktu jika ingin mengantri paling depan dengan datang lebih awal dan persiapan lebih awal. Anak belajar bersabar menunggu gilirannya tiba terutama jika ia di antrian paling belakang. Anak belajar menghormati hak orang lain, yang datang lebih awal dapat giliran lebih awal dan tidak saling serobot merasa diri penting. Anak belajar berdisiplin dan tidak menyerobot hak orang lain. Anak belajar kreatif untuk memikirkan kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebosanan saat mengantri. (di Jepang biasanya orang akan membaca buku saat mengantri) Anak bisa belajar bersosialisasi menyapa dan mengobrol dengan orang lain di antrian. Anak belajar tabah dan sabar menjalani proses dalam mencapai tujuannya. Anak belajar hukum sebab akibat, bahwa jika datang terlambat harus menerima konsekuensinya di antrian belakang. Anak belajar disiplin, teratur dan kerapihan. Anak belajar memiliki rasa malu , jika ia menyerobot giliran orang lain dan hak orang lain. Anak belajar bekerjasama dengan orang2 yang ada di dekatnya jika sementara mengantri ia harus keluar antrian sebentar untuk ke kamar kecil. Anak belajar jujur pada diri sendiri dan pada orang lain ( Seperti yang dituturkan Guru Australia) Saya salut dan hormat dengan pelajaran karakter ini. Selama hampir 2 periode menjabat sebagai walikota Batu, kawasan wisata Kota Batu menjadi sangat tersohor di Indonesia .Pak Eddy telah menorehkan tinta-tinta prestasinya dalam kancah dunia sosial dan politik. Meskipun terlahir dari kota Manado, Sulawesi Utara peran Pak Eddy cukup diacungi jempol. Dalam kepemimpinan beliau, tidak hanya memperhatikan hal hal yang besar seperti pembangunan infrastruktur maupun non infrastruktur yang terus diperbaiki dan dikembangkan agar kota Batu menjadi lebih baik tetapi beliau juga memikirkan hal hal kecil yang langsung menyentuh hati rakyat Pak Eddy berharap rakyatnya sejahtera. Keinginan untuk mensejahterakan rakyat tidak hanya isapan jempol belaka.Banyak kegiatan yang dilakukan Pak Eddy untuk membantu rakyatnya. Perhatian Pak Eddy sebagian besar kepada kelangsungan hidup anak anak beliau serius menjamin pendidikan anak anak se Kota Batu, membantu seragam , tas , maupun tambahan nutrisi dan uang saku. Pak Eddy dekat dengan anak anak dan dicintai oleh mereka. Pak Eddy memperhatikan potensi, peta ekonomi, geografis dan tipikal masyarakat kota Batu yang sebagian besar adalah masyarakat agro ekonomi. Alhasil Batu telah berubah . Pak Eddy adalah Guru Besar Karakter Kota Batu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar Biasa bu

19 Jul
Balas

Ini Pak Eddy yang membuat penasaran sayakan?

19 Jul
Balas

Jumat hari penuh rahmad

19 Jul
Balas

Terima kasih Pak Ernaz semua berkat jenengan juga

19 Jul
Balas

Iya mas Yudha ini nanti ada 25 Part tentang Pak Eddy Rumpoko

19 Jul
Balas

Pak Eddy adalah Pemimpin sejati

20 Jul
Balas

Pak Edy yang selalu di hati...di hati rakyatnya...keren Bu Prapti

19 Jul
Balas

Jum'at sehat. Penguat setiap saat.

19 Jul
Balas



search

New Post