Belajar CBL melalui Webinar PSLK UMM (TMG365H, H.298)
Belajar CBL melalui Webinar PSLK UMM (#TMG365H, H.298)
Sabtu, 7 November 2020 tetap semangat belajar melalui webinar. Webinar yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang. Webinar dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting.
Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bapak Ramliyanto, S.P., M.P.
Narasumber yang pertama yaitu Kepala PSLK UMM Bapak Dr. Sukarsono, M.Si.
Untuk apa kita belajar? Menurut undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tuntutan kompleks yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor.
Menurut UNESCO, belajar bertujuan untuk mengetahui sesuatu (learning to know), melakukan sesuatu (learning to do), menjadi sesuatu (learning to be), dan hidup bersama-sama (learning to life together). Menurut UNESCO, pembangunan berkelanjutan gagal. Kurangnya pelibatan aspek afektif dan tindakan atas dasar kesadaran. Perlu dicari dan ditemukan model-model baru dalam pembelajaran, diantaranya model pembelajaran berbasis konservasi (conservation based learning), meliputi:
1) Identifikasi – Penguatan Konsep
Identifikasi konsep, prinsip materi pelajaran
2) Integrasi Nilai
Integrasi konsep, prinsip materi pelajaran ke dalam konsep konservasi (manusia) –
Menemukan nilai-nilai konservasi dan nilai-nilai karakter
3) Masalah dan Gagasan (Solusi)
Identifikasi dan penetapan masalah serta solusi
4) Rencana Kegiatan – Rencana Tindakan
Membuat perencanaan solusi/Produk ilmiah;
a) Karya tulis ilmiah,
b) Karya teknologi, seni dan sebagainya
c) Aktifitas/tindakan konservasi
5) Tindak Lanjut dan Evaluasi
Melaksanakan tindak lanjut dan Evaluasi
Langkah-1 : Penguatan Konsep
Langkah-2 : Integrasi Nilai; VCT (Value Clarification Technique)
Langkah-3 : Masalah dan Solusi
Langkah-4 : Langkah – Langkah Kegiatan
Langkah-5 : Tindak Lanjut dan Evaluasi
Evaluasi
1) Siswa sangat aktif dalam usahanya memahami konsep, mengevaluasi hingga gagasan membuat (create) – High Orde Thinking Skill
2) Ditemukan nilai-nilai karakter dan nilai-nilai konservasi dalam diri siswa secara individu dan kelompok – High Order Afective Skill
3) Ditemukan tindakan atas dasar kesadaran meskipun masih dalam tahap rendah – Meniru (Low Order Behavior skill).
Lamongan, 7 November 2020 M / 21 Robi’ul Awwal 1442 H
#MenulisBagianDisiplinWaktu
#SalamSemangatBiologi
#SemangatMencapaiGurusiana365
#TantanganMenulis365HaridiGurusiana
Blog: supraptobiologi.com
Email: [email protected]



Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Kereeen ulasannya, Pak. Sukses selalu. Salam literasi
Wassalamu'alaikum. Aamiin. Terima kasih Bapak Dede atas doa dan SKSSnya
Wow! Keren Pak, informatif banget, sangat bermanfaat. sukses selalu Pak. salam literasi.
Aamiin. Terima kasih Bu Sanria atas doa dan SKSSnya.
Salam literasi
Wassalamu'alaikum. Terima kasih Bu Sundari atas SKSSnya
Sukses selalu kegiatannya Bapak Suprapto, sukses selalu
Sukses selalu kegiatannya Bapak Suprapto, sukses selalu
Keren pak..moga sukses
Aamiin. Terima kasih Bu Ratna atas doa dan SKSSnya
Wah..tetap padat acaranya untuk terus belajar. Reportasenya mantap. Salam literasi, sukses selalu. Salam follow ya Pak.
Aamiin. Terima kasih Bu Fransisca atas doa, follow dan SKSSnya.