SUPRAPTO, S.Pd., M.Pd.

Penulis Buku: Belajar SET-SET WET dari NEGERI TIRAI BAMBU, adalah Seorang GURU BIOLOGI di SMAN 1 KEDUNGPRING, KAB. LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR 62272...

Selengkapnya
Navigasi Web
CRUSTACEA (PA-113, TMG365H, H.302)
Sumber: https://s.id/Crustacea

CRUSTACEA (PA-113, TMG365H, H.302)

CRUSTACEA (PA-113, #TMG365H, H.302)

Crustacea memiliki bagian tubuh cephalothorax dan abdomen

Respirasi dengan insang yang terletak dibagian kepala

Untuk sistem reproduksi bersifat gonokoris, dibuahi secara internal, dan kopulasi dilakukan oleh gonopod, secara ovipar.

Sistem peredaran darah terbuka, memiliki jantung dan arteri

Terdapat dua ordo yaitu Entomostraka dan Malakostraka

Adapun Contoh dari Entomostraka yaitu: Candona sp., Daphnia sp., dan Panella sp.

Contoh Malakostraka yaitu: Alpheus sp., Oniscus asellus, Penaeus sp. dan Squilla empusa.

Ekskresi dikeluarkan dalam bentuk cairan kelenjar hijau (green gland) yang dikeluarkan menggunakan pembuluh Malpighi yang berhubungan dengan pencernaan.

Allah menciptakan Crustacea diantaranya sebagai sumber protein hewani, apakah Anda mampu mengambil hikmahnya?

Keterangan:

Kelas Crustacea: kelas udang-udangan

Habitat: air tawar dan air laut

Ordo Entomostraka: udang-udangan tingkat rendah dan bersifat mikroskopis.

Ordo Malakostraka: udang-udangan tingkat tinggi dan bersifat makroskopis.

Darah mengandung hemosianin (kuning kehijauan) untuk mengangkut Oksigen dengan daya ikat yang lemah.

Marilah kita renungkan ayat berikut:

Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu (QS. An Nur: 45).

Lamongan, 11 November 2020 M / 25 Robi’ul Awwal 1442 H

#MenulisBagianDisiplinWaktu

#SalamSemangatBiologi

#SemangatMencapaiGurusiana365

#TantanganMenulis365HaridiGurusiana

Blog: supraptobiologi.com

Email: [email protected]

Daftar Rujukan

Pujianto, Sri & Ferniah, Rejeki Siti. 2016. Menjelajah Dunia Biologi untuk Kelas X SMA dan MA. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Zubaidah, Siti et al. 2019. Maestro Biologi SMA/MA Kelas X IPA Semester 2. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

https://s.id/Crustacea

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses, Pak. Lanjut berbagi ilmu lewat puidi yang indah. Terima kasih.

12 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu EK. Hartati atas doa dan SKSSnya

13 Nov

Akrostik biologi selalu menawan, sehat dan sukses selalu

12 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Elvina atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

Selalu keren puisi biologinya, sukses selalu Bapak.Suprapto

12 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bapak Herru atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

Keren pak. Barakallah

11 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Iin atas doa dan SKSSnya.

11 Nov

Selalu hadir dengan puisi yang penuh pembelajaran bermakna... Bapak memang piawai dan hebat dalam mengolahnya... Salam santun dan sukses selalu ya pak..

12 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Trisna atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

Sangat informatif. Semoga sukses pak

12 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Umi atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

Keren Pak. Terima kasih telah berbagi ilmu. Salam sukses selalu.

12 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Hunaifah atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

Sangat bermanfaat ilmunya.Barokallah.Sukses terus pak

11 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Aisyah atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

Konsisten dengan ilmu biologi. Barokallah p. Suprapto

12 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Ida atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

selalu keren,, sukses pak

12 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bapak Siswandi atas doa dan SKSSnya.

13 Nov



search

New Post