SUPRAPTO, S.Pd., M.Pd.

Penulis Buku: Belajar SET-SET WET dari NEGERI TIRAI BAMBU, adalah Seorang GURU BIOLOGI di SMAN 1 KEDUNGPRING, KAB. LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR 62272...

Selengkapnya
Navigasi Web
MYRIAPODA (PA-115, TMG365H, H.304)
Sumber: https://s.id/Myriapoda

MYRIAPODA (PA-115, TMG365H, H.304)

MYRIAPODA (PA-115, #TMG365H, H.304)

Myriapoda memiliki bagian tubuh cephalo dan abdomen

Yang memiliki sepasang antena, sepasang oselus dan satu pasang atau dua pasang kaki pada setiap ruas

Respirasi dengan trakea yang terletak pada ruas-ruas abdomen

Ia bersifat gonokoris, fertilisasi internal, secara ovipar atau vivipar

Ada dua ordo pada Myriapoda, yaitu Chilopoda dan Diplopoda

Peredaran darah bersifat terbuka

Organisme ini memiliki jantung memanjang yang terdiri dari ostium ditiap ruasnya dan mengandung hemosianin.

Darah yang dipompa ke seluruh tubuh kembali ke jantung melalui homosol

Allah menciptakan Myriapoda tidak ada yang sia-sia, apakah Anda mampu mengambil hikmahnya?

Keterangan:

Cephalo: kepala

Oselus: mata dengan lensa tunggal

Ekskresi dikeluarkan dalam bentuk cairan kelenjar hijau (green gland) yang dikeluarkan menggunakan pembuluh Malpighi yang berhubungan dengan pencernaan.

Sistem saraf tangga tali. Terdiri atas pasangan ganglion otak yang dihubungkan dengan saraf ventral.

Alat indranya berupa antena dan kaki, yang berfungsi sebagai alat peraba.

Kelas Myriapoda terbagi menjadi dua ordo, yaitu:

1) Ordo Chilopoda (Centipede), Myriapoda dengan satu pasang kaki di tiap ruasnya.

Contoh: Lithobius forficatus (kelabang/lipan).

2) Ordo Diplopoda (Milliopede), Myriapoda dengan dua pasang kaki di tiap ruasnya.

Contoh: kaki seribu dan keluwing.

Marilah kita renungkan ayat berikut:

Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu (QS. An Nur: 45).

Lamongan, 13 November 2020 M / 27 Robi’ul Awwal 1442 H

#MenulisBagianDisiplinWaktu

#SalamSemangatBiologi

#SemangatMencapaiGurusiana365

#TantanganMenulis365HaridiGurusiana

Blog: supraptobiologi.com

Email: [email protected]

Daftar Rujukan

Pujianto, Sri & Ferniah, Rejeki Siti. 2016. Menjelajah Dunia Biologi untuk Kelas X SMA dan MA. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Zubaidah, Siti et al. 2019. Maestro Biologi SMA/MA Kelas X IPA Semester 2. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

https://s.id/Myriapoda

https://s.id/Diplopoda

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih sering ilmunya, sukses dan berkah selalu.

13 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu EK. Hartati atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

Waaah..asyik banget ini belajar biologi jika begini. Selalu keren tulisan Bapak. Bergizi tinggi. Salam sukses Pak. Semoga diberi kemudahan dan kesehatan selalu. Aamiin.Alhamdulillah bisa satu buku lg dgn bpk di The Power of Kepekso.

14 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Hj. Yayah atas doa dan SKSSnya.

15 Nov

Keren pisan pak,,, Sukses selalu,,,

13 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bapak Burhani atas doa dan SKSSnya

13 Nov

Keren Pak Ustadz, bagaimana kabar buku hadiah dari saya sudah diterima? Khawatir belum nyampai, Barokallah

13 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bapak H. Syaihu atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

Mantap pak suprapto... sukses selalu pak...

14 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Nurhayati atas doa dan SKSSnya.

15 Nov

Kelabang dan si kaki seribu termasuk myriapoda, nggih? Mantap, Pak. Semoga sehat dan sukses selalu untuk jenengan dan keluarga. Aamiin.

13 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Laili atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

Selalu keren puisi dengan materi biologinya, baarakallaah fiikum Bpak Suprapto

13 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bapak Herru atas doa dan SKSSnya.

15 Nov

Mantap Pak. Bertambah pengetahuan. Terima kasih sudah berbagi Pak. Salam sukses Pak. Semoga selalu sehat. Aamiin. Barakallahu fiik

13 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Yessy atas doa dan SKSSnya.

13 Nov

Keren Pak. Terima kasih telah berbagi ilmu.

13 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Hunaifah atas doa dan SKSSnya

13 Nov

Alhamdulillah ..nambah ilmu lagi..Sukses pak..salam Literasi

13 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Wasilah atas doa dan SKSSnya.

15 Nov

Sangat keren dan konsistensi tinggi berbagi ilmu biologi. Barokallah

14 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih Senior Bu Ida atas doa dan SKSSnya.

15 Nov



search

New Post